10 Tips Mudah Cara Menjaga Kesehatan Mata

Posted on

Mata adalah organ yang sangat penting pada tubuh kita. Dengan mata kita dapat melihat keindahan barang-barang  lucu, cowo-cowo kece, membaca, menonton tv dan merekam semua hal yang bisa kita lihat. Mata penting banget kan buat kita? Maka dari itu tetap menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai penyakit dan gangguan mata.

Penyakit mata yang sudah tidak asing lagi, seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda jauh maupun dekat, katarak dan buta warna atau tidak dapat melihat berbagai macam warna. Tidak mau kan kamu terkena penyakit mata? Apalagi sampai kamu harus menggunakan kacamata yang tebal, sebal.

Kamu harus baca tips-tips berikut ini supaya kamu terhindar dari penyakit mata dan menjaga kesehatan mata dengan mudah.

http://mamahmuda.com/wp-content/uploads/2016/06/10-Tips-Mudah-Cara-Menjaga-Kesehatan-Mata.jpg

1. Makan Makanan yang Baik Untuk Mata

Setelah seharian di depan komputer, otomatis mata akan mudah lelah dan jika di biarkan lama kelamaan mata bisa terkena penyakit. Agar mata berfungsi secara normal, kita harus pintar memilih makanan. Antara lain :

  • Makanan yang mengandung vitamin A, C dan E
  • Makanan yang mengandung anti oksidan, seperti sayuran hijau, kuning telur, paprika, labu, ubi dan wortel
  • Makanan yang kaya akan sulfur, sisteina dan lesitin, seperti bawang putih, bawang Bombay dan bawang merah
  • Konsumsi buah blackberry yang kaya antosianin, seperti blueberry (bukan merk hp china), anggun dan goji berry
  • Makanan yang kaya akan DHA atau asam lemak, seperti yang terdapat pada ikan salmon, sarden, mackerel dan cod

2. Olahraga Mata

Memangnya tubuh doang yang butuh olahraga? Mata juga perlu, girls. Agar bisa berfungsi dengan normal dan optimal. Lakukan olahraga mata selama satu bulan untuk mendapatkan hasil maksimal. Yang bisa dilakukan, antara lain :

  • Hangatkan mata. Caranya : gosok-gosokkan telapak tangan sampai hangat, lalu tangkupkan telapak tangan kamu di mata selama lima detik. Ulangi 3 kali.
  • Putar bola mata, tapi jangan terlalu melotot nanti kayak suzanna. Caranya : melihat ke atas, putar bola mata perlahan 10 kali berlawanan dengan araj jarum jam.
  • Coba fokus. Caranya : pegang sebuah pulpen, lalu ulurkan tangan ke depan dan fokuskan perhatian mata pada pulpen tersebut. Secara perlahan dekatkan pulpen ke mata dengan jaran 12 cm dari hidung, dan jauhkan kembali. Ulangi 10 kali.
  • Pijat kedua pelipis dengan menggunakan ibu jari. Caranya : pijat gerakan memutar searah 20 kali dan berlawanan arah 20 kali. Lakukan pijatan yang sama di bagian tengah antara kedua alis, di bawah mata dan di batang hidung.

3. Mata Perlu Istirahat Juga?

Istirahatkan mata dengan tidur yang cukup selama 8 jam sehari, bisa membantu menjaga kesahatan mata kamu. Setelah menatap layar monitor selama 50 menit, istirahatkan mata kamu selama 10 menit.

Jika merasa mata kamu sangat lelah, ambil potongan timun dingin dan meletakannya di atas kelopak mata. Diamkan selama 15 menit. Mata kamu akan kembali segar. Coba ya!

4. Jaga Jarak Pandang

Ketika sedang berada di depan layar monitor atau TV, jarak pandang ideal adalah sekitar 50-100cm. Sama seperti membaca buku, jarak yang ideal sekitar 30cm dan jangan kamu membaca buku sambil tiduran ataupun dalam ruangan gelap. Hal ini dimaksudkan agar kamu terhindar dari miopi atau rabun dekat.

5. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata

Jangan selalu mengucek mata ketika mata terasa gatal. Di tangan banyak kuman dan debu yang tidak terlihat, apalagi setelah kamu memegang benda yang kotor maka dapat berakibat gatalnya tidak hilang malah mata akan merah dan berair. Jangan mengucek mata lagi, ya karena sangat buruk untuk kesehatan mata.

6. Periksa Mata

Periksakan mata kamu secara rutin supaya terhindar dari penyakit yang bisa menyerang mata seaktu-waktu.

7. Berhenti Merokok

Wanita Berhenti Merokok
Sumber foto: www.cbsnews.com

Bagi perokok, hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang. Karena dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata, seperti katarak dan kerusakan saraf optik. Hi.. seram ya?

8. Gunakan Kacamata di Saat yang Tepat

Pastikan memakai kacamata atau gunakan pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya. Gunakan pula kacamata hitam untuk pelindung cahaya uv dari sinar matahari

9. Jangan Memakai Lensa Kontak Lebih Dari 19 Jam

Menggunakan lensa kontak memang bagus untuk penampilan, tapi jangan sampai kamu melupakan kesehatan mata. Memakai lensa kontak lebih dari 19 jam akan menyebabkan iritasi dan dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta rasa tidak nyaman pada mata kamu. Jangan juga memakai kacamata terlalu lama, ya!

10. Kurangi Penggunaan Tetes Mata

Mengurangi pemakaian obat tetes mata untuk mengatasi mata merah, boleh saja. Namun pakailah hanya sekali. Jika berlebihan akan merusak kesehatan mata kamu.

Semoga 10 tips tersebut bermanfaat buat kamu ya, Moms. Jangan Cuma dibaca aja, coba ikuti dan lakukan di rumah, mudah kan.