19 Tanda Kamu Sedang Hamil

Posted on

“Hmm ini sudah telat satu bulan kenapa belum datang bulan juga, ya? Apa jangan-jangan aku…” atau “Duh, sudah 3 hari ini mual-mual, atau jangan-jangan aku hamil?”

Dan masih banyak lagi ekspresi dan pertanyaan sederhana yang menanyakan apakah dirinya hamil atau tidak. Tanda-tanda kehamilan merupakan saat yang paling dinantikan oleh seorang wanita yang menginginkan seorang buah hati dambaan keluarga (family hoping). Dengan datangnya tanda-tanda kehamilan, keluarga terasa semakin lengkap dengan kehadiran buah hati yang dinanti.

Namun, ada beberapa pasangan suami isteri yang belum mengetahui secara betul mengenai tanda-tanda kehamilan. Terkadang mereka masih bingung membedakan tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) dengan tanda-tanda akan datang menstruasi. Ketidaktahuan wanita sedang hamil akan menyebabkan masih melakukan aktivitas yang berat atau mengkonsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh dimakan. Mengenai hal ini menyebabkan terjadinya keguguran (miscarriage). Bayangan kehamilan dan dambaan mempunyai buah hati yang ditunggu akhirnya menjadi sirna.

19 Tanda Mommy Sedang Hamil

Berikut ini ada tanda dan gejala awal yang bisa jadi merupakan tanda bahwa wanita sedang hamil (possible signs) diantaranya adalah :

19 Tanda Kamu Sedang Hamil:

1. Buah Dada Menjadi Besar dan Lembut

Jika anda merasakan nyeri atau kesemutan di buah dada, itu adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Buah dada akan mengisi dan berubah bentuk karena akan menghasilkan ASI. Buah dada juga bisa menjadi sangat lembut dan sensitive selama beberapa bulan. Selain membengkak, tanda lainnya adalah perubahan warna di area aerola menjadi lebih gelap. Beberapa wanita bisa merasakan perbedaannya beberapa hari setelah terjadinya pembuahan.

Namun, menurut ahli laktasi, Teresa Pitman menjelaskan “tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB”.

Baca juga: Gejala atau Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu

2. Mudah Lelah

Di awal kehamilan anda tiba-tiba saja menjadi mudah lelah, dan rasanya ingin bermalas-malasan di tempat tidur. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya makhluk baru di dalam perut. Selain itu menurunnya kadar gula darah dan tekanan darah juga bisa membuat anda cepat lelah. Rasa lelah itu jangan di lawan, bawa tenang dan selalu rileks.

Baca juga: Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

3. Mual dan Muntah (Morning Sickness)

Tanda Hamil Mual dan Muntah

Gejala mual dan muntah identik dengan kehamilan. Rasa mual terjadi karena peningkatan hormone HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormone ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual dan muntah di pagi hari, bahkan di siang dan malam hari. Jika anda benar hamil, rasa mual ini akan hilang ketika anda memasuki trismester kedua kehamilan.

Baca juga: Dapatkah Kamu Haid Selama Masa Kehamilan?

4. Penciuman Yang Sensitif

Selain mual, tanda bahwa sedang hamil adalah penciuman anda yang lebih tajam dari biasanya. Hal tersebut disebabkan karena perubahan hormone dalam tubuh anda. Sejumlah peneliti menduga gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak mudah makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya.

Baca juga: Buah-Buahan Penyubur Kandungan

5. Sering Meludah (Hipersalivasi)

Tanda kehamilan yang kelima ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormone estrogen, biasanya terjadi kehamilan pada trimester pertama dan akan hilang setelah memasuki trimester kedua.

Baca juga: Pantangan Makanan bagi Ibu Hamil

6. Makin Sering Buang Air Kecil

Perubahan hormone yang terjadi menyebabkan peningkatan aliran darah sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah banyak. Kandung kemih akan lebih cepat dipenuhi urine dan keinginan untuk buang air kecil lebih sering. Jika gejala ini sering terjadi, anda perlu membawa alat tes kehamilan.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

7. Sembelit

Wanita yang sedang hamil akan mengalami sembelit, terjadinya sembelit akibat peningkatan hormone progesterone. Selain mengendurkan otot-otot rahim, hormone ini berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

Baca juga: Kebutuhan Nutrisi untuk Ibu Hamil Muda

8. Perut Kembung

Jika akhir-akhir ini anda sering merasa perut anda kembung (bloated), bisa jadi penyebab kehamilan. Karena terjadi perubahan hormone.

Baca juga: Diare Selama Kehamilan, Apa yang Perlu Kamu Tahu

9. Kenaikan Suhu Tubuh

Suhu badan anda ketika baru bangun tidur di pagi hari akan meningkat hingga 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi, gejala ini bisa berlangsung terus menerus atau setiap hari jika anda hamil.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 1 Bulan

10 . Pusing dan Sakit Kepala (Headaches)

Ciri Hamil Pusing dan Sakit Kepala (Headaches)

Yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah gangguan pusing dan sakit kepala karena faktor fisik seperti, rasa lelah, mual, lapar yang berlebih serta tekanan darah rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu, peningkatan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat anda banyak bergerak.

Baca juga: Waspadai Virus Zika saat Hamil!

11. Sakit Punggung

Punggung bagian bawah anda akan terasa nyeri, padahal sebelumnya anda tidak pernah mengalamin sakit punggung sama sekali. Bisa jadi ini adalah tanda kehamilan. Rasa nyeri di punggung ini akan dirasakan biasanya sampai waktu kelahiran.

Baca juga: Sakit Punggung Ketika Hamil, Penyebab dan Tips Meredakan Sakitnya

12. Telat Haid

Salah satu tanda kehamilan adalah terlambat datang bulan. Walaupun tidak semua keterlambatan haid diartikan sebagai kehamilan. Bisa saja anda telat haid karena stress, diet atau gangguan hormonal. Sangat disarankan bagi wanita untuk rajin mencatat tanggal siklus haid di kalender.

Baca juga: Nutrisi dan Larangan untuk Wanita Hamil

13. Spotting atau Munculnya Flek

Jika kalender sudah menunjukkan anda terlambat haid, jangan dulu menduga anda haid ketika mendapati bercak darah (spotting). Hal tersebut disebabkan oleh implementasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim dan itu hal yang normal. Yang perlu anda lakukan adalah beristirahat dan konsultasikan dengan dokter.

14. Kram Perut

Keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Jika hamil, akan mengalami kram perut secara teratur sampai kehamilan trimester kedua. Sampai posisi letak uterus berada ditengah dan disangga oleh panggul.

Baca juga: Obat Tradisional Penyubur Kandungan

15. Perubahan Bentuk Tubuh

Ciri-ciri hamil Perubahan Bentuk Tubuh

Ketika seorang wanita sedang mengalami kehamian bukan hanya perut saja yang membesar namun, beberapa daerah lain seperti bokong, paha, dada serta lengan biasanya akan ikut mengalami pembengkakan. Bahkan beberapa wanita mengalami.

16. Perubahan Mood (moody)

Wanita yang sedang hamil memiliki mood yang mudah berubah atau moody-an. Suatu waktu anda bisa merasa sangat bahagia, tapi beberapa waktu kemudian anda menjadi marah pada suami hanya karena masalah sepele. Tidak perlu khawatir, perubahan mood ini normal. Mood berubah karena terjadi perubahan hormone secara drastic pada tubuh anda. Jika anda merasakan hal tersebut, berarti tubuh anda sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormone baru.

Baca juga: Hamil? Jangan Depresi! Ini Berbahaya

17. Ngidam

Dengan tiba-tiba anda menginginkan makanan tertentu dan aneh yang sebelumnya bukan makanan yang anda tidak suka. Atau sebaliknya, anda mendadak tidak suka mencium makanan favorit anda.

Baca juga: Resep Menu Makanan untuk Ibu Hamil

18. Positif Tes Kehamilan

Hasil test pack menunjukkan tanda positif! Berhati-hatilah, walaupun hasil test pack positif tapi belum tentu akurat. Ajak suami anda ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG agar mendapatkan jawaban yang akurat.

19. Ada Janin dalam Rahim!

Saat pemeriksaan USG menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak dalam rahim. Selamat karena anda sedang hamil! Jaga perkembangan si kecil hingga waktunya bersalin, mom!

Baca juga: Apa Pengaruh Rokok saat Hamil? Resiko dan Faktanya

Nah, ke-19 tanda atau gejala kehamilan di atas adalah gejala awal yang umum dan semuanya bukanlah tanda pasti. Karena belum tentu wanita yang hamil akan mengalami hal tersebut. Untuk memastikannya, periksakan dengan melakukan tes kehamilan ke dokter kandungan atau bidan anda.