3 Hal Akibat Jarang Olahraga pada Wanita

Posted on

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang memberikan seribu manfaat bagi tubuh kita. beberapa manfaat dari olahraga yang dilakukan secara rutin adalah menyehatkan tubuh. Olahraga sangat cocok dilakukan pagi hari dengan udara yang masih segar sehingga kandungan oksigen ada, bisa terserap dengan baik oleh paru-paru. Pembakaran kalori dalam tubuh secara rutin dapat membuat tubuh menjadi lebih langsing dan tubuh menjadi lebih sehat dan terasa bugar. Olahraga juga dapat meningkatkan kerja otak. Hormon serotonin yang keluar akibat olahraga dapat mempengaruhi kerja otak menjadi lebih maksimal.

Olahraga bagi seorang wanita memiliki kelebihan lain, yaitu memperlancar proses menstruasi. Jika kamu suka merasa sakit perut berlebihan saat menjelang menstruasi atau yang biasa kita sebut PMS bisa mencoba untuk lebih rutin melakukan olahraga agar rasa sakit yang ditimbulkan tidak mengganggu kamu moms. Namun apakah akibatnya jika seorang wanita berhenti berolahraga ? Di bawah ini adalah beberapa akibat yang ditimbulkan bagi kamu yang berhenti berolahraga.

3 Hal Akibat Jarang Olahraga pada Wanita
sumber foto: shutterstock

Akibat Tidak Olahraga:

1. Menjadi Gemuk

Siapa wanita yang ingin tubuhnya menjadi gemuk ? tentu tidak ada kan. Wanita yang memiliki tubuh gemuk membuatnya kurang terlihat menarik dan menjadi agak sulit dalam melakukan aktivitas. Kegemukan yang terjadi adalah sebagai akibat kurangnya proses pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh.

2. Kulit Tubuh Akan Mengendur

Eksistensi kulit kencang sangat dijaga oleh kaum hawa. Olahraga dapat membantu kamu untuk mengencangkan kulit. Namun jika kamu berhenti olahraga, maka kulit akan lebih mudah untuk mengendur. Hal ini diakibatkan dari oksigen yang dihirup serta massa otot yang semakin lama semakin melemah. Kehilangan massa otot menjadikan tubuh terlihat lesu dan kurang bersemangat sehingga terlihat lebih tua.

3. Menopause Dini

Menopause merupakan proses berhentinya haid pada wanita. Biasanya menopause terjadi pada usia diatas 40 tahun. Jika menopause ini terjadi dibawah usia 40 tahun maka gejala ini disebut menopause dini. Menopause dini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah olahraga yang berhenti. Aktivitas olahraga pada dasarnya selain dapat menyehatkan tapi juga dapat memperlancar hormon yang ada di dalam tubuh. Jika aktivitas olahraga yang biasa kamu lakukan berhenti maka proses kerja hormone dalam tubuh akan terhambat.

Ketiga jenis akibat berhentinya aktivitas olahraga yang kamu lakukan tentu tidak ingin kalian rasakan bukan? Sejuta manfaat yang diperoleh dari olahraga. Dengan olahraga jantung akan lebih sehat, menjaga kesehatan tubuh, menjadikan tubuh lebih indah, dan diet yang kamu lakukan pasti semakin berhasil jika olahraga rutin.

So moms, olahraga rutin akan membuat wanita terlihat lebih segar dan awet muda. Mulai sekarang yuk kita budayakan olahraga rutin minimal seminggu sekali atau setidaknya bisa melakukan olahraga kecil yang bisa dilakukan di rumah pada pagi hari.