4 Kegiatan Rutin Keluarga untuk Mencegah Pembusukan pada Gigi

Posted on

Menanamkan budaya hidup bersih dan sehat sangatlah penting, terutama untuk menjaga kesehatan gigi anak. Mommy seringkali tidak punya waktu banyak untuk mengontrol setiap aktivitas yang dilakukan anak. Sehingga, terkadang anak melakukan hal-hal yang akan berdampak bagi kesehatannya saat berada di luar pengawasan Mommy.

Ada 4 kegiatan rutin keluarga yang harus  Mommy ajarkan pada anak untuk menjaga kesehatan gigi. Terutama untuk mencegah pembusukan pada gigi. Berikut ulasannya, Mom.

1. Menyikat Gigi

Menyikat Gini Anak

Biasakan anak menyikat gigi 2 kali sehari (sebelum dan sesudah tidur). Menyikat gigi adalah cara yang ampuh untuk menghilangkan plak pada gigi. Mommy bisa laukan kegiatan ini bersama anak sebelum tidur dan sesudah tidur. Anak akan melihat bahwa Mommy tidak hanya memerintah anak. Melainkan, Mommy juga melakukan hal tersebut. Sehingga anak akan merasa senang.

Awasi anak Mommy saat menyikat gigi. Anak hanya perlu satu olesan pasta gigi. Tapi, seringkali mereka memencet tube pasta gigi sendiri. Selain itu, gunakan sikat gigi khusus untuk anak. Mommy bisa membelikan sikat gigi anak dengan bentuk yang lucu, agar anak tertarik untuk menyikat gigi.

Berikut tips sikat gigi yang benar:

  • Bulu halus, lembut, dan kepala sikat harus kecil agar mudah menjangkau gigi bagian belakang
  • Permukaan sikat gigi rata dan ujung bulunya bulat agar tidak menggores gusi.
  • Carilah sikat gigi yang nyaman saat digenggam
  • Simpanlah sikat gigi dengan posisi tegak, agar mudah kering. Pastikan sikat gigi satu dengan yang lain tidak saling bersentuhan. Hal ini untuk menghindari berpindahnya kumat dari sikat gigi lain.
  • Jangan gunakan sikat gigi satu untuk beberapa anak.
  • Ganti sikat gigi dengan yang baru setiap 3 bulan. Apabila sikat gigi anak mengalami kerusakan, segera ganti dengan yang baru.

2. Pola Makan yang Baik

Biasakan anak teratur makan 3 kali sehari untuk menghindari konsumsi makanan ringan. Gula dalam makanan akan membantu pembentukan asam yang dapat merusak gigi. Oleh karena itu, hindarilah makanan yang mengandung gula berlebih seperti, permen dan kue. Mommy bisa berikan kudapan sehat seperti sayuran atau roti bakar. Biasakan anak untuk mencuci mulut sehabis makan ya, Mom. Mencuci mulut akan menghilangkan sisa-sisa makanan pada gigi.

3. Mewaspadai Minuman

minum-dengan-sedotan

Apa saja yang kita minum selain air juga berbahaya lho, Mom. Bahkan susu yang mengandung laktosa, gula alamiah yang membentuk asam juga berbahaya bagi gigi anak. Saat anak menginjak usia satu tahun, hindarilah minum susu dari botol. Karena, hal ini akan berpengaruh pada gigi anak. Sari buah juga berbahaya bagi kesehatan gigi anak. Sari buah dan minuman bersoda mengandung kadar gula tinggi yang menyebabkan erosi pada gigi.

Jika anak terus menangis dan tetap bersikeras ingin minum sari buah, maka gunakan sedotan saat meminumnya. Hal ini akan mengarahkan minuman ke belakang gigi. Hal penting yang harus Mommy lakukan adalah membuat anak terbiasa minum air putih selain minum susu.

4. Mengunjungi Dokter Gigi

4 Kegiatan Rutin Keluarga untuk Mencegah Pembusukan pada Gigi

Ajak anak Mommy untuk berkunjung ke dokter gigi sejak awal. Hal ini akan membuat anak tidak takut pergi ke dokter gigi saat sudah besar nanti. Pilih dokter gigi yang ramah, mudah akrab dengan anak, dan bisa menenangkan anak Mommy. Konsultasikan kesehatan gigi anak saat berkunjung ke dokter gigi.

Untuk menemukan dokter gigi yang tepat bagi anak Mommy, bisa meminta rekomendasi dari saudara atau teman. Jika baru pertama kali ke dokter gigi, tanyalah apakah dia sudah terbiasa menangani anak-anak.

Itu tadi 4 kegiatan rutin keluarga untuk mencegah pembusukan pada gigi. Semoga bermanfaat ya. Mom.