Arti Tangisan Bayi yang Harus Moms Ketahui!

Posted on

Mungkin beberapa Moms berpikir kalau yang namanya bayi pasti sering menangis. Eitss, tapi tunggu dulu Moms. Si bayi menangis adalah salah satu caranya untuk berkomunikasi dan mengutarakan lapar, sakit dll. Untuk para orang tua muda yang baru memiliki bayi, pastinya akan lebih sulit menghadapi dan memahami arti dari tangisan si bayi. Tapi Moms bisa saja membaca dan menghafal beberapa arti tangisan berikut, supaya bisa membantu dalam menghadapi tangisan si baby.

5 Arti Tangisan Bayi yang Harus Moms Ketahui!

1. Si Baby Merasa Lapar

Yang pertama ada dipikiran para Moms ketika si bayi menangis adalah lapar. Moms bisa membaca gerak-gerik si baby sebelum ia menangis karena lapar. Misalnya, si baby gerak-gerak seperti tidak nyaman, memasukan tangan ataupun jarinya ke mulutnya sendiri. Kalau si baby melakukan hal tersebut sebelum menangis, kemungkinan besar ia merasa lapar. Jadi Moms harus bersiap memberikan ASI ya.

2. Mungkin Popoknya Kotor

Moms harus rutin memeriksa popok si baby. Karena si baby bisa saja menangis karena merasa tidak nyaman lagi dengan popok yang ia gunakan. Moms bisa mengecek popok si baby, Moms bisa merasakan apakah popoknya terasa berat atau tidak. Atau mungkin Moms bisa mengintip isi popok si baby. Tapi ingat ya Moms, tidak semua baby akan menangis ketika popoknya kotor karena ada beberapa bayi yang tidak menangis ketika popoknya kotor.

3. Si Baby Mengantuk

Bayi Mengantuk

Kalau si baby merasakan lelah, ia akan mengalami kesulitan tidur. Jadi ketika ia mengantuk karena lelah, ia akan merengek, menangis dan terkadang merasa frustasi karena tidak bisa tidur. Jadi Moms, kalau si baby sudah merasa mengantuk segeralah gendong dan berikan susu. Lingkungan sekitar pun harus tenang agar di baby dapat tidur dengan nyenyak.

4. Si Baby Ingin Sebuah Pelukan

Si Baby Ingin Sebuah Pelukan

Biasanya si baby senang dengan sentukan-sentuhan lembut dan ia biasa menatap wajah orang tuanya, dan juga mendengarkan suara orang tuanya. Dan bahkan terkadang si baby itu bisa mengetahui bau orang tuanya sendiri. Tangisan adalah salah satu caranya untuk mencari perhatian dari orang tuanya agar memelukanya. Peluklah si baby dengan penuh kasih saying, menyanyilah untuk si bayi juga karena ia pasti akan menyukainya.

5. Si Baby Kedinginan atau Kepanasan

Bukan hanya Moms saja yang bisa protes kalau suhu udara terlalu dingin ataupun terlalu panas. Si Baby juga bisa protes melalui tangisannya. Si baby terkadang menangis ketika setelah mandi. Itu karena ia merasa dingin. Jadi Mom harus siap siaga membuat suhu yang hangat untuk si Baby. Ingat ya Moms, hangat itu berbeda dengan panas karena selama di kandungan si Baby terbiasa dengan suhu yang hangat.

6. Mau Tumbuh Gigi

Ketika gigi si baby ingin tumbuh, itu akan membuat gusinya merasa sakit. Terkadang ada Baby yang ketika mau tumbuh gigi menangisnya kencang dan merengek terus. Jika si baby menangis dan Moms merasa tidak mengerti kenapa ia menangis, coba Moms periksa gusi si Baby. Kalau ada rasa keras di gusinya, itu kemungkian memang karena ada gigi yang mau tumbuh. Dan Moms perlu paham kalau secara rata-rata gigi pertama anak itu tumbu diantara 4-7 bulan, namun bisa juga lebih cepat.

7. Si Baby Sedang Sakit

Bayi Sedang Sakit

Jika si baby menangis padahal sudah Moms beri makan, popoknya sudah diganti dan lainnya, tetapi si baby masih saja menangis terus menerus, coba Moms periksa suhu tubuhnya. Mungkin ia sedang merasakan demam atau sakit kepala. Biasanya tangisan si baby yang sakit itu berbeda dari tangisan yang lainnya. Dan biasanya feeling seorang Ibu itu kuat terhadap anaknya.

Itu adalah beberapa contoh arti tangisan bayi. Moms tidak perlu galau ataupun bingung kalau si baby nanti menangis karena Moms sudah membaca dan memahami tulisan ini. Jadi Moms akan lebih cepat tanggap saat si baby menangis, karena menurut penelitian bahwa baby yang ketika menangis langsung di tanggapi oleh orang tuanya, maka saat batita nanti ia akan lebih sedikit menangisnya.