5 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui

Posted on

Kanker payudara, beberapa hari belakangan penyakit ini memang sedang menjadi perbincangan pada masyarakat luas, banyaknya artis-artis yang meninggal karena penyakit ini membuat penyakit yang menyerang payudara ini menjadi lebih dikenal luas oleh masyarakat.

Kanker payudara memang bukan merupakan penyakit yang baru muncul ke permukaan publik, sebenarnya penyakit ini sudah lama muncul di dunia, akan tetapi publik baru mengetahuinya belakangan ini.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya dan dapat menyerang siapa saja, baik remaja maupun orang dewasa. Dan penyakit ini juga merupakan penyakit yang biasanya menyerang pada kaum hawa.

Kanker payudara bisa disebabkan oleh beberapa faktor tertentu, seperti gaya hidup yang tidak sehat, seringnya terkena paparan sinar radiasi, atau bahkan riwayat keluarga yang pernah mengalami kanker payudara.

Kanker payudara memang menjadi momok yang menakutkan saat ini. Sebaiknya untuk mencegah penyakit ini mommy harus mengetahui terlebih dahulu gejala yang ditimbulkan oleh kanker payudara. Berikut adalah gejala-gejala tersebut.

5 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui

Terdapat Benjolan di Payudara

Gejala yang paling umum yang ditimbulkan oleh kanker ini adalah timbulnya benjolan di payudara. Benjolan yang timbul biasanya keras dan tidak sakit, tetapi terdapat juga kasus benjolan kanker payudara yang terasa sakit. Jika mommy mengalami gejala yang satu ini sebaiknya segera hubungi dan periksalah ke dokter untuk pencegahan lebih awal.

Payudara Memiliki Warna yang Berbeda

Perbedaan warna yang dimiliki oleh payudara juga merupakan salah satu tanda kanker payudara. Biasanya payudara yang terkena kanker akan berwarna kemerahan atau kecokelatan seperti memar. Selain itu, struktur kulit juga akan lebih kasar.

Payudara Terasa Nyeri atau Sakit

Baca Juga:  Makanan Yang Ampuh Untuk Usir Sakit Saat Menstruasi

Payudara yang terasa nyeri atau sakit biasanya dialami oleh wanita pada saat memasuki siklus menstruasi. Akan tetapi jika rasa sakit dan nyeri ini terus berlanjut, sebaiknya konsultasikanlah ke dokter karena bisa saja tanda tersebut bukan merupakan tanda akan terjadi menstruasi, melainkan salah satu tanda kanker payudara.

Payudara Terasa Panas dan Gatal

Payudara yang terkena kanker akan terasa panas seperti terbakar, perasaan ini juga dapat membuat nafsu makan menjadi menurun. Selain itu, payudara juga akan terasa gatal tanpa penyebab yang jelas.

Terdapat Cairan yang Keluar dari Payudara

Pada umumnya cairan yang keluar dari payudara pada wanita dinamakan ASI, akan tetapi terdapat juga cairan yang bisa keluar dari payudara selain ASI, cairan itulah yang merupakan tanda dari penyebab kanker payudara. Cairan yang keluar dari payudara yang merupakan tanda dari kanker biasanya berbentuk seperti nanah lendir.

Meskipun berbahaya, akan tetapi mommy dapat langsung mencegah terjadinya kanker payudara jika mengetahui gejala-gejala yang sudah dijelaskan di atas. Jika mommy mengalami salah satu gejala tersebut sebaiknya mommy memeriksakannya ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih dini. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.