6 Tips Mudah untuk Kecantikan Rambut

Posted on

Tentu kita sering mendengar istilah rambut adalah mahkota kepala. Berbagai cara dilakukan banyak orang agar rambut yang dimilikinya tampak indah. Apalagi masalah atau problem seputar rambut cukuplah banyak. Hal ini menjadi masalah yang menyita perhatian banyak orang.

rambut-berkilau Mommy tidak perlu khawatir dalam mengatasi berbagai masalah seputar rambut. Berikut akan dibahas tentang 6 tips mudah untuk kecantikan rambut Mommy. Silahkan simak uraian di bawah ini ya, Moms!

Merawat Rambut Berkerudung

wanita-berkerudungAda beberapa tips yang harus Mommy (para muslimah) terapkan, yaitu:

  • Mencuci rambut secara teratur dengan menggunakan air dingin
  • Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Jika tidak cocok dengan kulit kepala biasanya akan menimbulkan banyak ketombe.
  • Gunakanlah kondisioner pada batang rambut.
  • Gunakanlah vitamin rambut saat menjelang tidur
  • Untuk mengatasi rambut rontok, gunakanlah lidah buaya seminggu sekali
  • Creambath secara teratur 2 minggu sekali
  • Sebelum memakai kerudung, pastikan rambut dalam keadaan benar-benar kering

Mengatasi Rambut Rontok

rambut-rontokSalah satu penyebab terjadinya kebotakan yaitu rontoknya rambut di kepala. Untuk mengatasi kerontokan rambut yaitu gunakanlah minyak pada kulit kepala dan  gunakanlah kondisioner. Saat Mommy tidur lepaskanlah ikat rambut atau bando karena dapat memicu kerontokan rambut. Mommy juga bisa mengolesinya dengan lidah buaya sebelum keramas setiap seminggu sekali.

Merawat Rambut agar Tetap Sehat

salmonTahukah Moms, ternyata rambut juga butuh nutrisi? Nutrisi sangat peting karena akan membuat rambut Mommy tetap sehat. Nutrisi yang dibutuhkan rambut bisa Mommy dapatkan dengan mengonsumsi wortel, telur, kacang-kacangan, padi, kerang, sayuran, salmon, dan susu rendah lemak.

Manghilangkan Ketombe

Kulit kepala yang berketombe akan terasa gatal sehingga mengganggu aktivitas yang Mommy lakukan. Oleh karena itu, Mommy harus menerapkan tips berikut untuk menghilangkan ketombe. Yaitu, siapkanlah potongan jeruk nipis. Lalu, usapkan potongan jeruk nipis pada rambut sebelum keramas. Biarkan sampai kurang lebih 20 menit agar meresap hingga ke kulit kepala. Ketombe pun akan hilang. Lakukan secara rutin sebelum keramas.

Baca Juga:  Cara Mudah Untuk Mencerahkan Kulit

Megatasi Rambut Berminyak

rambut-berminyakTidak hanya ketombe yang membuat kulit kepala menjadi gatal. Rambut yang berminyak pun juga membuat rambut terasa lengket, bau, dan gatal. Untuk mengatasi rambut yang berminyak Mommy bisa menggunakan jeruk nipis. Caranya adalah siapkan air hangat pada sebuah ember. Lalu, tambahkan perasan jeruk nipis sebanyak 3 sendok dan gunakan untuk mencuci rambut. Lakukanlah secara rutin Mommy akan memiliki rambut yang tidak berminyak, rambut tampak berkilau dan lembut.

Mencegah Uban

Ketika usia semakin bertambah rambut akan berubah menjadi berwarna putih atau mulai tumbuh uban di kepala. Namun, ada juga remaja atau orang dewasa yang sudah tumbuh uban di kepalanya. Hal ini sering membuat mereka menjadi tidak percaya diri. Untuk mencegah tumbuhnya uban, gunakanlah air santan kelapa yang ditambah dengan air nanas dan air jeruk nipis. Gunakanlah untuk keramas dua minggu sekali.

Berikut tadi ulasan 6 tips mudah untuk kecantikan rambut. Sangat mudah untuk diterapkan di rumah bukan? Mommy tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk memiliki rambut yang indah dan berkilau. Hanya diperlukan ketekunan untuk menerapkan tips-tips di atas secara rutin. Semoga bermanfaat ya, Moms!