7 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Nifas

Posted on

Masa nifas bagi Mommy yang baru saja melahirkan merupakan masa rawan yang harus diperhatikan untuk segala halnya. Karena Mommy harus berhati-hati dalam mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu, terlebih dengan yang berhubungan dengan kebutuhan fisik.

Pada pembahasan sebelumnya dijelaskan mengenai nutrisi yang dibutuhkan untuk Mommy yang baru saja melahirkan. Tapi sebenarnya bukan hanya makanan saja yang menjadi point penting untuk Mommy sorot. Ada beberapa hal penting lainnya yang harus Mommy ketahui

7 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Nifas

1. Kebutuhan Air Minum

Untuk Mommy yang dalam masa nifas apalagi sedang menyusui perlu mendapat asupan air lebih banyak loh. Karena Mommy memiliki pertambahan kewajiban yang baru untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Kisaran jumlah air yang dibutuhkan juga cukup besar. Sebab setiap ibu hamil atau menyusui memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Misalnya, disarankan untuk kebutuhan air minum yang harus Mommy minum pada 6 bulan pertama adalah 14 gelas sehari.  Sedangkan untuk 6 bulan kedua adalah 12 gelas sehari. Oya, lebih bagus lagi kalau bisa Mommy minumnya sebelum merasa haus ya. Karena pada  saat rasa haus itu muncul, maka tubuh Mommy sebenarnya sudah mengalami hipovelemia ringan.

2. Menjaga Kebersihan Diri

v

Sudah selayaknya kita semua wajib menjaga kebersihan diri, tak terkecuali untuk Mommy yang dalam masa nifas. Bukan saja kebersihan diri yang sekedar mandi saja Mom. Menjaga kebersihan diri itu, termasuk dalam menjaga kebersihan daerah Miss V dan yang paling penting adalah mengganti pembalut sesering mungkin. Mommy tidak mau kan kalau badannya tidak bersih?

3. Istirahat

istirahat

Semua orang membutuhkan istirahat setiap harinya. Tapi untuk Mommy yang baru saja melahirkan memerlukan porsi waktu istirahat yang lebih dibandingkan orang biasanya. Mommy harus pintar curi-curi waktu istirahat ya. Misalnya saat si kecil tidur, Mommy juga ikut tidur.

Lalu untuk jam tidur yang disarankan adalah sekitar 8 jam pada malam hari dan 1 jam pada siang hari. Istirahat yang cukup ini sangat penting loh Mom. Karena jika Mommy kurang tidur, itu akan berpengaruh pada jumlah ASI yang  Mommy produksi.

4. Menjaga Kebersihan Luka

Proses persalinan banyak caranya. Ada yang melalui persalinan normal, vacum, operasi caesar dan metode lainnya. Untuk Mommy yang melahirkan dengan cara operasi caesar, maka Mommy harus menjaga dengan baik kebersihan luka bekas operasi itu.

Untuk menjaga luka bekas operasi caesar ini pada dasarnya tidak berbeda dengan luka bekas operasi yang lainnya. Yang paling penting adalah pada proses penyembukan luka bekas operasi tersebut. Yaitu dengan tetap menjaga luka dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

5. Menyusui

ASI sangatlah penting untuk bayi. Namun tak sedikit Mommy yang mengetahui cara menyusui yang benar untuk buah hatinya. Padahal kunci sukses dalam memberikan ASI pada sang buah hati bergantung pada ketepatan tekhnik menyusui Mommy loh. Selain cara menyusui yang harus benar, Mommy juga harus hanya memberikan ASI saja selama 6 bulan.

6. Perawatan Bayi yang Benar

baby

Kelahiran si kecil merupakan hal paling indah yang Mommy rasakan bukan? Oleh karena itu, ketika si kecil lahir Mommy pasti akan memberikan yang terbaik untuknya termasuk untuk perawatannya. Mommy mau kan anaknya bisa tumbuh baik dan sehat?

Perawatannya juga berbagai macam bentuknya Mom. Misalnya Mommy harus memperhatikan mengenai pola makannya, pola buang airnya, kosmetik apa saja yang bisa si kecil gunakan. Selanjutnya mengenai pakaian yang digunakannya dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan buah hati Mommy.

7. Hindari Bayi Menangis Terlalu Lama

cry out

Memang sudah sewajarnya kalau bayi menangis dan kadangkala membuat Mommy pusing. Tapi Mommy harus tahu loh, si kecil bisa stress kalau terlalu lama dibiarkan menangis. Jadi, secepat mungkin didiamkan ya Mom kalau dia sedang menangis.

Itulah beberapa ulasan mengenai hal-hal penting yang harus Mommy ketahui saat masa nifas. Semoga bermanfaat ya Mom.