8 Cara Menghemat Uang Belanja Dapur yang bisa Mommy Lakukan!

Posted on

Setiap pengeluaran untuk keperluan rumah tangga memerlukan sebuah perencanaan keuangan, Moms. Namun, ada hal lain yang juga perlu Mommy ketahui. Yaitu, perlunya pengetahuan dan pemahaman bagaimana kita mengatur apa saja yang ada di sekitar kita. Tujuannya sama yaitu untuk penghematan biaya.

hemat

Jangan sampai besar pasak daripada tiang (besar pengeluaran daripada pemasukan) alias pemborosan. Kebutuhan rumah tangga sangat banyak, Moms. Mulai dari kebutuhan kesehatan, liburan, pendidikan, dan lain-lain. Selain itu, kita juga harus punya yang namanya tabungan untuk mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga.

Berikut beberapa tips seputar dapur yang bisa Mommy terapkan untuk menerapkan budaya hemat di rumah:

1. Siapkan Bahan-bahan yang Akan Dimasak

menyiapkan-bahan-masakanUsahakan menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak terlebih dahulu sehingga, setelah air sudah mendidih tinggal memasukkannya. Kecilkan apinya ketika air sudah mendidih karena bisa menghemat bahan bakar.

2. Gunakanlah Api Sedang

Gunakan nyala api sedang saat memasak agar masakan matang secara menyeluruh dan menghemat energi. Tutuplah panci rapat-rapat ketika merebus makanan dan segera angkat jika sudah matang. Terlalu lama memasak sayur atau makanan akan membuat kandungan gizi di dalamnya menjadi hilang.

3. Tepat Memilih Panci dan Alat Penggorengan

panci-dan-penggorenganPilihlah panci yang terbuat dari alumunium karena mudah menghantarkan panas sehingga masakan cepat matang. Pilih penggorengan atau panci yang berat karena akan menyimpan panas lebih lama. Jangan lupa untuk selalu merawat peralatan masak Mommy dengan baik agar bekerja secara optimal saat digunakan.

4. Biasakan Makan Bersama Seluruh Anggota Keluarga

makan-bersama-keluargaBiasakan makan bersama keluarga di rumah daripada seluruh anggota keluarga makan sendiri-sendiri di luar. Terlalu sering makan di luar akan menambah pengeluaran Mommy dan keluarga. Jika anggota keluarga ada yang bekerja di luar atau ada anak yang sekolah biasakan untuk membawa bekal dari rumah. Selain lebih hemat, Mommy juga bisa menjamin kebersihan dari makanan yang di bawa.

5. Membuat Camilan untuk Keluarga

Buatlah camilan sederhana untuk anak-anak Mommy saat liburan sekolah. Mommy bisa membuatnya bersama-sama untuk menjalin kedekatan dan kebersamaan dengan anak-anak.

6. Bertanam Sayur

Jika Mommy mempunyai lahan yang cukup luas, cobalah untuk menanam sayur sendiri. Mommy juga bisa memanfaatkan botol, paralon, atau sterefoam untuk menanam sayuran di teras rumah.

7. Manfaatkan Hadiah dari Promo Produk-Produk Tertentu

Ada produk-produk tertentu yang memberikan hadiah seperti gelas atau piring. Manfaatkanlah promo dari produk tersebut untuk keperluan Mommy sehari-hari.

8. Membuat Daftar Menu Makanan

Buatlah daftar menu makanan Mommy dan keluarga sebelum belanja untuk kebutuhan satu minggu. Jika memungkinkan belanjalah di pasar tradisional  karena harganya jauh lebih murah. Jika ada kelebihan uang belanja belilah barang yang sedang di diskon. Selain itu, jangan lupa untuk menyisihkannya sedikit untuk ditabung.

Berikut tadi 8 tips hemat di dapur Mommy. Selamat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ya, Moms. Semoga bermanfaat !