9 Tips Mengolah Buah dan Sayur

Posted on

Berikut ada tips-tips untuk Mommy bagaimana mengolah buah dan sayur yang bisa Mommy terapkan di rumah. Tips-tips ini akan membantu Mommy dalam mengolah buah dan sayur. Karena, kehidupan kita tidak akan pernah lepas dengan yang namanya buah-buahan dan sayuran. Berikut 9 tips mengolah buah dan sayur yang bisa Mommy terapkan:

1. Agar Buah Apel Tampak Segar

buah-apel

Buah apel jika dibiarkan, lama-kelamaan akan tampak layu dan tidak menarik lagi. Tips mudah agar buah apel tampak segar yaitu dengan direndam di dalam air hangat yang telah diberi sedikit garam.

2. Mencegah Warna Kecoklatan pada Apel

apel-kecoklatan

Apel yang dipotong jika dibiarkan terkena udara akan berubah warna menjadi kecoklatan. Warna kecoklatan ini disebabkan karena adanya reaksi enzimatis. Untuk mencegahnya Mommy bisa mengoleskan perasan jeruk lemon pada permukaan potongan apel. Antioksidan atau vitamin C pada jeruk dapat mencegah terjadinya reaksi oksidasi.

3. Mengupas Tomat

mudah-mengupas-tomat

Ketika Mommy ingin membuat pasta tomat pasti memerlukan tomat yang sudah dikupas. Apakah Mommy tahu bagaimana cara mengupas tomat dengan mudah? Caranya yaitu dengan merendam tomat ke dalam air panas selama 5 sampai 10 menit. Setelah direndam kulit tomat akan mudah dikupas.

4. Menyegarkan Tomat Layu

Tomat jika dibiarkan terlalu lama akan mudah layu, Moms. Apalagi jika Mommy membelinya cukup banyak dan belum sempat mengolahnya. Tips mudah agar tomat tidak cepat layu adalah dengan merendamnya semalaman di dalam air dingin yang telah ditambahkan sedikit garam.

5. Mempertahankan Kesegaran Sayuran dalam Kulkas

Sayuran seringkali layu dan mengering jika disimpan terlalu lama di dalam kulkas. Hal ini disebabkan karena kelembapan yang rendah dalam kulkas menyebabkan sayuran kehilangan sebagian kandungan air di dalamnya. Untuk mengatasi masalah ini, bungkuslah sayuran yang akan disimpan ke dalam kulkas dengan kertas koran. Kemudian, letakkan pada vegetable box pada bagian dasar kulkas.

6. Memeras Jeruk Nipis atau Lemon

memeras-jeruk

Mommy atau anggota keluarga Mommy senang dengan es jeruk? Apakah Mommy pernah mengalami kesulitan saat memeras jeruk nipis? Jangan khawatir lagi, Moms! Ada cara mudah agar jeruk mudah diperas. Yaitu, dengan merendam jeruk ke dalam air hangat selama 5 sampai 10 menit.

7. Mudah saat Mengiris Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang teksturnya keras sehingga sulit atau dibutuhkan tenaga ekstra untuk memotongnya. Oleh karena itu, hindarilah merendam wortel sebelum dipotong agar wortel tidak bertambah keras saat dipotong.

8. Agar Buah Pisang Bertahan Lama

pisangPisang adalah salah satu buah yang mudah busuk jika dibiarkan terlalu lama. Oleh karena itu, potonglah sedikit ujung buah pisang dan jangan menyimpannya dengan posisi menggantung. Dengan begitu, meskipun buah pisang kulitnya sudah kecoklatan tetapi bagian dalamnya tetap segar, Moms.

9. Cara Memanfaatkan Pisang yang Terlalu Matang

Pisang yang sudah terlalu matang tidak akan enak jika dikonsumsi secara langsung karena lembek. Agar buah pisang bisa tetap dikonsumsi dan tidak dibuang sia-sia, Mommy bisa mengolahnya menjadi milk shake pisang. Caranya yaitu dengan mengupas pisang dan menyimpannya di dalam plastik lalu masukkan ke dalam freezer.  Jika pisang sudah membeku, masukkanlah ke dalam blender, tambahkan sedikit susu, dan gula secukupnya.

Selamat mencoba dan menerapkannya di rumah ya, Moms. Semoga bermanfaat!