Manfaat Air Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Apakah anda tahu, bahwa sekitar 60 persen berat tubuh kita adalah air ? Tubuh kita menggandung air pada hampir semua sel, orga dan juga jaringan untuk membantu mengatur suhu dan juga mempertahankan fungsi tubuh yang lainnya. Tubuh kita akan kehilangan air melalui keringat dan juga pencernaan. Maka itu, penting untuk rehydrate tubuh kita dengan meminum air dan memakan makanan yang mengandung air agar kita tidak mengalami dehidrasi. Asupan air yang kita konsumsi harus disesuaikan oleh berbagai faktor, misalnya cuaca tempat tinggal, kegiatan fisik dan juga apakah kita memiliki masalah kesehatan lainnya.

water-drop

Air Melindungi Jaringan Tubuh

Fungsi air bukan hanya untuk memuaskan kita dari rasa dahaga ataupun mengatur suhu tubuh kita namun juga dapat melindungi jaringan tubuh kita. Terkadang kita pasti mengalami ketika mata, hidunga dan mulut kita terasa kering. Air yang kita konsumsi dapat menjaga tubuh kita dari dehidrasi, membantu mempertahankan kelembaban pada daerah tubuh sensitif, serta dalam darah, tulang dan juga otak. Air juga membantu melindungi sumsum tulang belakang, dan bertugas sebagai pelumas pada sendi-sendi tubuh kita.

Air Membantu Menghilangkan “Sampah” Tubuh

Mengkonsumsi air yang cukup akan membantu kita dalam membuah “sampah” melalui keringat, buang air kecil ataupun buang air besar. Ginjal dan hati menggunakan air untuk membantu menekan sampah seperti halnya pada usus. Air juga dapat membantu melembutkan kotoran kita pada saat sembelit. Namun perlu diketahui, bahwa belum ada bukti yang kuat bahwa dengan meminum air yang banyak sekali dapat menyembuhkan sembelit.

Air Membantu Pencernaan

Perncernaan dimulai dari air liur, yang pada dasarnya adalah air. Pencernaan bergantung kepada enzin yang ditemukan pada air liur untuk membantu melarutkan makanan dan nutrisi lainnya. Air juga diperlukan untuk melarutkan serat yang masuk kedalam tubuh. Dengan bantuan air, serat akan mudah larut dan akan bermanfaat bagi usus anda karena kotoran akan menjadi lunak dan mudah untuk dikeluarkan.

Air Mencegah Kita Dari Dehidrasi

cegah-dehidrasi

Tubuh kita akan mengalami kehilangan cairan saat kita melakukan olahraga berat, suhu udara yang terlalu panas, atau ketita kita muntah ataupun sedang mengalami diare. Jika kita kehilangan cairan tubuh karena hal tersebut, sangatlah penting untuk meningkatkan asupan cairan pada tubuh kita sehingga dapat mengembalikan kadar cairan tubuh kita. Para dokter pun mungkin akan menyarankan untuk meminum air lebih banyak karena dapat membantu mengobati kondisi kesehatan kita lainnya seperti infeksi kandung kemih.

Berapa Banyak Air yang Diperlukan

Tidak adanya aturan yang jelas dan tegas untuk kadar air yang dikonsumsi, banyak sekali individu yang memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari mereka hanya dengan meminum air ketika mereka sedang haus atau dahaga saja. Bahkan kebanyakan orang yang berada dalam kondisi fisik yang baik dengan mengkonsumsi cairan dengan minum air dan minuman lainnya ketika mereka sedang haus dan juga cairan yang terdapat pada makanan mereka. Jika kita tidak yakin dengan kondisi tubuh kita, apakah kita mengalami kekurangan cairan atau tidak, kita dapat melihatnya dari warna urin. Jika warna urin kita terlihat gelap seperti sedikit kocokelatan, itu artinya tubuh kita mengalami dehidrasi. Namun jika warna urin kita berwarna bening seperti air, itu artinya tubuh kita dalam keadaan normal. Cairan yang berada pada tubuh kita telah tercukupi