Apa Pengaruh Merokok Saat Hamil ? Resiko dan Faktanya

Posted on

Jika kamu adalah seorang perokok dan sedang hamil, makan kamu mungkin akan merasa tertekan untuk berhenti merokok. Pada kenyataannya, kecemasan dan stres mungkin membuat kamu ingin merokok lebih banyak lagi. Tapi seperti yang kamu ketahui bahwa merokok selama kehamilan akan memiliki dampak serius pada kamu dan bayi kamu nantinya.

smoking-1

Bahkan jika kamu menyadari bahaya dari merokok, namun itu bukanlah kebiasaan yang mudah untuk diberhentikan. Yang terbaik adalah mencoba berhenti sebelum hamil karena wanita yang berhenti merokok selama kehamilan akan mengurangi resiko komplikasi untuk diri sendiri dan bayi mereka nanti.

Bahaya Rokok bagi Ibu Hamil

Mengapa ini berbahaya selama kehamilan ?

smoking-2

Ada lebih dari 4000 bahan kimia dalam asap rokok, termasuk lebih dari 60 bahan kimia yang menyebabkan kanker. Komponen lainnya adalah timah dan sianida, dan dua racun yang menyebabkan sebagian besar pada wanita yang merokok adalah karbon monoksida dan nikotin.

Ketika kamu menghirup asap rokok, bahan kimia akan diserap ke dalam aliran darah kamu. Nutrisi dan oksigen bayi kamu diserap dari aliran darah kamu melalui plasenta.

Setiap kali kamu menghirup asap rokok, karbon monoksida akan menggantikan beberapa oksigen yang biasanya kamu gunakan untuk bernafas. Nikotin membatasi pembuluh darah, dan akan mengurangi jumlah oksigen yang bayi kamu terima.

Bagaimana Merokok Mempengaruhi Kehamilan Kamu

pregnant woman a cigarette break

 

Merokok akan meningkatkan kesempatan kamu untuk mengalami komplikasi serius saat hamil, seperti :

  • Kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim, biasanya di tuba fallopi)
  • Pendarahan pada vagina
  • Placental Abruption (Plasenta datang dari dinding rahim sebelum lahir)
  • Plasenta Previa (Plasenta menutupi leher rahim)
  • Keguguran
  • Kematian janin

Bagaimana Merokok Mempengaruhi Bayi Kamu

smoking-3

Setiap menghirup asap rokok, akan memiliki efek langsung pada bayi kamu. Nikotin membatasi oembuluh darah dan mengurangi efektivitas plasenta kamu, merampas oksigen dan nutrisi penting bayi kamu untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Efek dari merokok pada bayi antara lain :

  • Mengurangi oksigen, menyebabkan bayi kamu kurang bergerak
  • Berat lahir yang rendah
  • Cacat lahir, seperti sumbing pada bibir
  • Resiko terhadap perkembangan paru-paru dan otak

Merokok selama kehamilan dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan anak kamu :

  • Fungsi paru-paru terganggu
  • Peningkatan terjangkit resiko asma
  • Berat badan lahir rendah, memiliki komplikasi seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi
  • Peningkatan resiko kelebihan berat badan atau obesitas di masa kanak-kanak

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Saya Merokok ?

smoking-5

Jika kamu merokok dan berencana untuk hamil, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah berhenti merokok sebelum hamil. Karena dapat meningkatkan peluang kesuburan kamu dan menurunkan resiko kehamilan seperti keguguran dan lainnya. Merokok menurunkan kesempatan untuk hamil sebesar 40% dan dapat membuat hamil itu menjadi sebuah tantangan.

Jika kamu masih merokok ketika kamu mengetahui bahwa kamu sedang hamil. itu bukanlah waktu yang terlambat untuk berhenti. Penelitian telah menunjukkan wanita yang berhenti merokok pada trimester pertamaa bisa meningkatkan kesempatan untuk melahirkan bayi dengan sehat seperti wanita yang tidak merokok. Wanita yang berhenti pada trimester kedua juga meningkatkan peluang melahirkan bayi mereka dengan sehat namun tidak sebanyak wanita yang berhenti pada trimseter pertama

Semakin lama kamu merokok selama masa kehamilan, semakin besar juga resiko komplikasi bagi kamu dan bayi. Jika kamu berhenti di paruh pertama kehamilan, bayimu mungkin akan lahir dengan berat badan yang sehat dan dapat menurunkan resiko komplikasi.