Apa yang Harus Mommy dan Suami Persiapkan saat Membawa Bayi Pulang?

Posted on

Ada beberapa hal yang harus  Mommy dan suami persiapkan saat membawa bayi pulang dari rumah sakit setelah melahirkan. Tentunya saat di rumah sakit Mommy ditemani suami, ibu, atau saudara yang lain. Sedangkan di rumah, mungkin ada anak Mommy yang harus Mommy titipkan pada saudara, adik atau kakak. Sehingga, Mommy harus mengkomunikasikannya dengan baik pada ibu, suami atau saudara untuk pembagian tugas di rumah sakit dan di rumah.

 Pembagian tugas yang jelas akan membuat Mommy tenang saat melahirkan. Terlebih lagi, jika Mommy mempunyai anak balita di rumah. Bantuan saudara sangat diperlukan untuk menjaga anak Mommy yang masih balita dan mempersiapkan keperluan di rumah untuk menyambut Mommy pulang dengan bayi baru.

Berikut hal-hal yang perlu Mommy dan suami persiapkan saat membawa bayi pulang:

1. Kendaraan yang Aman

Siapkan kendaraan yang aman bagi Mommy dan juga adik bayi. Baik kendaraan pribadi, rumah sakit, atau taxi. Mommy bisa menggendongnya dan pastikan bayi Mommy nyaman.

2. Dukungan dari Saudara

Ada beberapa bantuan yang Mommy dan suami butuhkan dari saudara untuk menyiapkan keperluan-keperluan di rumah antara lain:

a. Menyiapkan pakaian bayi, popok, selimut, tempat tidur yang sudah Mommy dan suami sediakan di rumah. Siapkan tempat tidur yang aman dan nyaman untuk Mommy dan bayi Mommy

b. Menangani anak Mommy seperti menyiapkan makanan dan mengajaknya bermain. Saat ia melihat ada anggota keluarga baru di keluarganya, ia akan merasa kasih sayang orang tuanya terbagi dengan adiknya.

c. Bantuan untuk menjamu tamu Mommy dan suami yang akan berkunjung ke rumah seperti kerabat dari orang tua, mertua, teman dan sahabat.

3. Dukungan dari Suami

mengajak-anak-bermain-bersama

Dukungan dari suami untuk Mommy sangat penting. Misalkan dengan mengambil libur atau cuti dari kerja beberapa hari hingga Mommy siap mengurus bayi. Jika cuti yang diberikannya tidak lama, Mommy bisa meminta bantuan ibu atau  ibu mertua untuk membantu Mommy merawat bayi. Terlebih lagi, jika itu adalah anak pertama. Pengalaman merawat bayi dari ibu sangat dibutuhkan.

Suami siap siaga untuk menjaga bayi Mommy. Karena, Mommy dan suami akan banyak begadang karena bayi terbangun tengah malam karena haus, buang air kecil, dan buang air besar. Suami juga harus siap berbagi pekerjaan rumah seperti membuat makanan untuk Mommy dan anak. Jika suami melakukannya dengan ikhlas, rasa cinta dan sayang, ini akan menjadi momen yang sangat romantis dan menyenangkan.

4. Menjamu Pengunjung dengan Baik

Mommy dan suami pasti memerlukan waktu istirahat yang cukup karena sering terbangun karena bayi yang menangis dan kedatangan para tamu. Memang sudah seharusnya menjamu para tamu dengan baik dan menemui mereka. Karena, kedatangan mereka adalah suatu kebahagiaan bagi pasangan yang memiliki bayi baru. Mommy dan suami bisa meminta bantuan saudara untuk memberikan jamuan. Jika istri sedang tidur karena kelelahan, suami hendaknya menemui para tamu yang datang. Sebagai tamu yang akan berkunjung, hendaklah mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk berkunjung. Agar tidak mengganggu jam istirahat tuan rumah.

5. Menyiapkan Anak-anak untuk Menerima Adik Bayi

Menyiapkan anak Mommy untuk bisa menerima adik bayi sangat penting. Karena, bisa jadi anak Mommy akan bersikap manja dan meminta perhatian lebih dari Mommy. Bahkan, ia terkadang tetap menangis meskipun sudah bersama ayahnya. Sehingga, Mommy sering kerepotan saat harus merawat adik bayi dan anak Mommy yang lain menangis. Sediakanlah makanan kesukaan anak Mommy, permainan yang ia sukai, dan mintalah anak saudara Mommy untuk bermain dengan anak Mommy.

6. Kenalkan Arti Keluarga saat Mommy Hamil pada Anak

kenalkan-arti-keluarga-pada-anak

Kenalkan pada anak bahwa keluarga itu terdiri dari ayah, ibu, adik dan kakak. Ajaklah ia bermain dengan teman-temannya yang memiliki saudara. Membaca buku dan menonton video tentang indah dan senangnya memiliki saudara. Ajaklah anak berinteraksi dengan bayi Mommy di kandungan.

7. Ajak Anak Mommy Bermain dengan Adik Bayi

kenalkan-arti-keluarga-pada-anak

Anak Mommy tiba-tiba berubah manja, minta digendong, ingin minum susu, dan lain-lain. Ini wajar, Moms. Karena, anak Mommy merasa cemburu dengan kehadiran adik baru. Berikan perhatian ekstra pada anak Mommy. Katakan padanya kalau Mommy menyayangi dia dan adiknya. Saat adik bayi tertidur, Mommy bisa menghabiskan waktu dengan anak Mommy dengan menyuapinya saat makan atau memangkunya dan bercerita. Ajak Anak Mommy untuk bermain bersama adik bayinya seperti mengajaknya memandikan adik bayi. Hal ini akan menumbuhkan kecintaan anak Mommy kepada adik barunya.

Itu tadi hal-hal yang harus Mommy dan suami persiapakan saat membawa bayi pulang. Semoga bermanfaat ya, Moms!