Bagaimana Menyiapkan Susu Formula untuk Anak?

Posted on

ASI merupakan sumber makanan terbaik bagi bayi dan berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya terhadap suatu penyakit. ASI selalu siap saji, kapan pun, dimana pun, gratis, dan khasiatnya sangat luar biasa. Jika Mommy dapat menyusui anak mengapa harus memberinya susu formula?

Akan berbeda kasusnya Moms jika memang Mommy tidak mampu memberikan ASI kepada anak karena sebab suatu hal. Seperti ASI tidak keluar, jumlahnya sedikit, anak sakit dan harus diletakkan di ruang khusus sehingga tidak bisa ditemui setiap saat, atau alasan yang lain. Mommy pun harus mengikhlaskan dalam kondisi darurat tersebut.

Prinsip Pemilihan Susu Formula

Tidak Menimbulkan Gangguan

Pilihlah susu yang bisa diterima oleh sistem tubuh anak. Karena, ada beberapa anak yang alergi dengan susu sapi atau menimbulkan gangguan pada sistem tubuh anak. Jadi, tidak harus yang disukai anak, mahal, paling laris, terkenal, dan banyak kandungan untuk kecerdasan anak. Bisa jadi anak yang lain cocok tapi tidak cocok dikonsumsi anak Mommy.

Kenali Macam-Macam Susu Formula

Ada macam-macam susu formula yang dijual yaitu:

  1. Susu formula standar atau susu sapi yaitu berbahan dasar susu sapi yang mengandung protein, laktosa, zat bezi dan vitamin D.
  2. Susu formula kedelai atau susu soya yaitu berbahan dasar kedelai dan tidak mengandung laktosa.
  3. Susu formula hipoalergenik yaitu untuk anak yang alergi susu dapi dan susu soya serta tidak mengandung laktosa.
  4. Susu bebas laktosa yaitu kombinasi susu kedelai dan susu sapi. Cocok untuk anak yang tidak dapat mencerna laktosa.
  5. Susu formula lanjutan yaitu diperuntukkan anak usia enam bulan ke atas.
  6. Susu formula khusus yaitu untuk anak yang memiliki masalah dengan pencernaannya dan harus dengan petunjuk dokter.

Harganya Terjangkau

Alangkah baiknya kalau Mommy membeli susu yang harganya terjangkau sehingga Mommy tidak harus merangkak untuk membeli susu yang terkenal dan harganya mahal atau sekedar ikut-ikutan dengan teman. Selain itu, juga belum tentu cocok untuk anak Mommy.

Menyiapkan Susu Formula untuk Anak

  1. Cucilah botol susu dengan air mengalir sampai bersih. Sebisa mungkin gunakanlah sabun cuci khusus untuk peralatan anak agar tidak menimbulkan gangguan pada anak.
  2. Sterilkan terlebih dahulu semua peralatan (dot, empeng, botol, tutup, dan sendok takar) ke dalam air sebelum digunakan. Kemudian, masak air hingga mendidih dan biarkan selama kurang lebih 10 menit.
  3. Keringkan botol dan dot kemudian tutup botol dengan rapat dan simpan di tempat yang bersih.
  4. Sebelum membuat susu pastikan tangan Mommy dalam keadaan bersih. Masukkan air panas (70°C) ke dalam botol sesuai takaran yang diinginkan. Untuk susu formula 90 ml, gunakan 60 ml air panas dan 30 ml air dingin. Kemudian tuangkan susu formula ke dalam botol sesuai takaran dan kocong hingga larut.
  5. Untuk mengecek suhu susu dalam botol bisa diteteskan pada pergelangan tangan. Jika terlalu panas Mommy bisa merendamnya ke dalam air dingin.
  6. Susu formula yang sudah dibuat hanya bertahan kurang lebih dua jam pada udara terbuka. Jika disimpan dalam lemari pendingin bisa bertahan 24 jam dan harus dipanaskan sebelum diminum. Yaitu, dengan merendam botol ke dalam air panas.

Berikut tadi uraian tentang bagaimana menyiapkan susu formula untuk anak. Ketahuilah prinsip pemilihan susu formula untuk anak dan bagaimana menyiapkan susu formula untuk anak. Jangan asal pilih ya, Moms. Sesuaikan dengan kantong dan sistem tubuh anak. Semoga bermanfaat ya, Moms!