Bahan Makanan yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Posted on

Mencari informasi untuk kesehatan janin tentunya menjadi hal wajib bagi kamu demi perkembangan si buah hati. Banyak hal yang harus diketahui oleh ibu hamil, mulai dari gaya hidup, perubahan fisik maupun non fisik ketika hamil. Dan pastinya asupan makanan yang sehat untuk ibu hamil. Memiliki janin yang senantiasa sehat, berkembang dengan baik tentu menjadi harapan besar bagi kamu pasangan suami istri. Ketika hamil akan ada aturan yang harus ditaati, salah satunya aturan makan. Maksudnya, ada banyak nutrisi yang wajib kamu penuhi untuk menunjang kesehatan bunda dan janin di dalam rahim.

Berikut adalah makanan yang sehat untuk ibu hamil yang bisa kamu konsumsi setiap hari.

Bahan Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Sayur-Sayuran Hijau Tua

Sayuran sangat penting bagi ibu hamil adalah sayuran berdaun hijau tua, misalnya seperti bayam dan brokoli. Kedua sayuran tersebut memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang melimpah yaitu vitamin A, C, K dan asam folat yang baik untuk ibu hamil. Asam folat sangat diperlukan ibu hamil, terutama pada saat awal kehamilan. Fungsinya untuk mencegah kelahiran prematur juga membantu dalam pembentukan jaringan.

Kandungan zat besi yang tinggi pada bayam sangat diperlukan ibu hamil untuk menghindari resiko terkena anemia. Selain kedua sayuran tersebut, daun katuk juga bermanfaat dalam pembentukan sistem imunitas. Wortel juga baik untuk ibu hamil karena kaya vitamin A yang baik untuk pembentukan tulang dan mata bayi.

Buah-buahan

Beberapa Buah-Buahan Penyubur Kandungan

Buah-buahan juga merupakan makanan yang sehat untuk ibu hamil yang memiliki peran penting untuk perkembangan janin. Karena banyak kandungan vitamin C yang terdapat pada buah. Vitamin C berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi dengan baik. Konsumsilah aneka buah yang berbeda tiap harinya untuk memenuhi kebutuhan mineral, serat dan berbagai vitamin.

Buah-buahan yang dianjurkan dikonsumsi ketika hamil adalah alpukat, pepaya, pisang, apel, jeruk, anggur, melon dan strawberry.

Daging Tanpa Lemak, Telur dan Ikan

Ketiga makanan tersebut merupakan sumber protein yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi. Selain itu juga terdapat kandungan omega 3, lemak kolin yang penting untuk janin. Kandungan tersebut membantu dalam proses pembentukan sel-sel otak. Kecerdasan bayi tentu sangat dipengaruhi oleh pemenuhan nutrisi ini.

Susu atau Olahan Susu

Susu atau Olahan Susu

Susu dan berbagai olahan susu seperti yogurt, keju memiliki kandungan zat besi, kalsium, protein, mineral dan vitamin. Kalsium yang terkandung di dalam susu baik untuk pembentukan tulang  dan tubuh janin. Dengan mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka dapat terhindar dari rasa pegal-pegal pada ibu hamil.

Makanan Sumber Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat tidak boleh dilupakan bagi ibu hamil. Karena karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Sehingga ini sangat penting untuk pertumbuhan janin. Makanan yang sehat untuk ibu hamil yang menjadi sumber karbohidrat yaitu nasi, sagu, roti, kentang dan sereal.

Demikianlah beberapa makanan yang sehat untuk ibu hamil yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Semoga bermanfaat.