Bawang Merah, Sahabat Si Kecil saat Sakit

Posted on

Mungkin diantara Mommy ada yang kebingungan saat Si Kecil sedang sakit seperti demam dan batuk pilek yang tak kunjung sembuh. Berbagai obat pun sudah diberikan tapi sakit pun tak kunjung reda. Alhasil anak pun sering rewel dan menangis.

batuk

Ada cara cepat dan tepat untuk mengatasi batuk pilek yang sering menyerang Si Kecil. Yaitu dengan menggunakan bawang merah, Moms. Ternyata, orang tua kita dahulu sudah sering memakai ramuan sederhana dari bawang merah dan sudah terbukti efektif. Ramuan bawang merah bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk pilek, demam, perut kembung, dan masuk angin.

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada karena sering Mommy gunakan saat memasak. Jadi, saat anak Mommy sakit tinggal mengambilnya di dapur. Ini merupakan salah satu pertolongan pertama yang kita lakukan di rumah saat si kecil sakit. Terkadang sebelum tidur ia baik-baik saja. Namun, di pertengahan malam ia terbangun sambil menangis dan tubuhnya panas. Mommy sekarang tidak perlu khawatir lagi saat Si Kecil sakit.

Berikut cara membuat ramuan bawang merah untuk Si Kecil yang sedang sakit:

bawang-merah-1

1. Pertama-tama, ambil bawang merah berukuran kecil karena biasanya sudah mencukupi untuk membuat ramuan.

2. Lalu kupas kulitnya, kemudian haluskan atau bisa dengan cara diparut. Alasi parut dengan daun pisang agar parutan bawang merah tidak menempel di parut dan mudah diambil.

3. Taruhlah hasil parutan bawang merah pada cawan atau mangkuk. Kemudian tetesi dengan minyak zaitun 1-2 tetes. Jika tidak ada Mommy bisa menggunakan minyak kelapa. Namun, jika sakit Si Kecil disertai dengan batuk gunakanlah minyak habatussauda.

4. Campur atau aduk dengan rata, kemudian oleskan pada dada, perut, dan punggung Si Kecil. Mommy juga bisa mengoleskan sedikit ramuan ini pada dahi anak dan jangan sampai mengenai mata.

5. Lakukan terapi ini pada malam hari menjelang tidur agar orang-orang di sekitar tidak terganggu oleh aroma bawang merah yang menyengat.

6. Jika Si Kecil demam tinggi di siang hari oleskan saja ramuan bawang merah ini. Lapisilah tempat tidurnya dengan kain agar kasur tidak terkena ramuan bawang merah. Selain itu, agar aromanya tidak menyebar ke sprei.

7. Ramuan bawang merah ini sangat efektif untuk meredakan demam dan batuk pilek pada anak. Dalam waktu 1- 3 hari demamnya akan turun dan batuk pileknya akan segera sembuh jika Mommy rutin melakukannya.

8. Untuk mengantisipasi Si Kecil dari serangan influenza, ada baiknya Mommy oleskan ramuan bawang merah saat cuaca dingin.

Demikian tadi ramuan bawang merah untuk sahabat Si Kecil saat sakit. Ramuan ini tidak hanya untuk anak-anak. Namun, ramuan ini juga bisa diberikan pada orang dewasa. Sangat mudah kan, Moms? Semoga bermanfaat ya, Moms!