Beberapa Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil

Posted on

Pada saat hamil, kamu harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Kamu harus mengetahui apa saja yang menjadi pantangan makanan ibu hamil muda. Hal ini dikarenakan dapat memberi dampak pada janin yang ada di dalam rahim. Membicarakan tentang pantangan ibu hamil, banyak sekali mitos yang berkembang tentang hal ini. Namun jadilah ibu hamil yang cerdas agar tidak terkecoh dengan mitos yang berkembang. Artinya tidak percaya begitu saja akan mitos. Jadi perlu mencari informasi yang valid. Jika salah pemahaman akan mitos malah justru bisa menjadi bomerang.

Beberapa Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil

Di jaman yang semakin praktis ini, kamu bisa mencari informasi apa pun sambil bersantai dengan browsing di internet. Dengan rajin mencari informasi, kamu akan semakin paham bagaimana menjaga kehamilan kamu dengan baik dan tepat. Berikut adalah beberapa pantangan makanan ibu hamil muda yang harus dihindari.

Daging Berlemak

Daging berlemak harus dihindari ibu hamil, ini karena bisa menimbulkan kolesterol. Hal itu dapat menyebabkan terjadinya komplikasi pada saat persalinan. Bagi kamu yang gemar mengonsumsi olahan makanan mentah atau setengah matang terutama daging dan telur. Sebaiknya kamu tahan dulu untuk tidak mengkonsumsinya pada saat hamil, karena kurang steril.

Pada telur setengah matang dan daging mentah terdapat bakteri salmonella dan bakteri listeria yang dapat memicu terjadinya keguguran. Selain itu terdapat juga kandungan bakteri colli yang bisa merusak pencernaan dan usus.

Kopi

Kopi pantangan bagi ibu hamil

Kandungan kafein pada kopi sangat berbahaya, karena mampu meningkatkan detak jantung bayi di dalam rahim. Jika itu terjadi, bayi beresiko mengalami gangguan fungsi jantung. Kafein juga membahayakan janin karena mampu menembus lapisan pelindung janin.

Pare dan Daun Pepaya

Makanan yang memiliki rasa pahit ini merupakan pantangan makanan ibu hamil muda yang harus dihindari. Jenis makanan ini  bersifat dingin yang dapat menyebabkan meninggalnya janin di dalam rahim. Selain itu bisa menyebabkan rahim menyusut, sehingga rentan akan keguguran.

Makanan yang Mengandung Merkuri

Merkuri tidak hanya terdapat pada kosmetik, tapi juga terdapat pada makanan, terutama ikan. Ikan memang kaya akan kandungan omega-3 yang penting bagi ibu hamil, tapi kamu harus berhati-hati dalam memilihnya. Saat ini banyak beredar ikan yang menggunakan merkuri untuk membuat tampilan ikan lebih menarik dan lebih awet.

Ikan yang terdapat zat merkuri biasanya warna kulit dan sisiknya lebih mengkilap. Makanan jenis ini sebaiknya dihindari, karena bisa jadi mengandung merkuri. Beberapa ikan yang dikhawatirkan mengandung merkuri yaitu ikan tengiri (bahan dasar pembuatan somay dan empek-empek), ikan todak dan ikan yang ditangkap di daerah limbah.

Demikianlah pantangan makanan ibu hamil muda yang seharusnya dihindari, ini karena dapat membahayakan kesehatan janin. Lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu dan semoga bisa bermanfaat. Jaga selalu kehamilan  agar bisa selalu sehat hingga proses persalinan.