Cara Mengatasi Keputihan Akibat Celana Jeans

Posted on

Siapa yang tidak suka celana Jeans? Yap, celana jeans nyaman dipakai sehari-hari and never outdate. Tapi tahukah kamu jika celana jeans ketat dan terlalu sering kamu pakai bisa menyebabkan Keputihan, lho! Tidak mau kan dengan segudang aktifitas sehari-hari kamu terganggu dengan rasa tidak nyaman akibat bau yang ditimbulkan dari keputihan? Jangan sampe deh temen-temen kamu menjauh….

Apa sih keputihan itu? Darimana datangnya?

Keputihan bukan datang dari langit, ketiak ataupun hidung. Organ intim wanita, yaitu Miss V sangat sensitive dengan kodisi lingkungan disekitar kita karena letaknya yang tersembunyi dan tertutup. Miss V memerlukan suasana yang kering, jika lembab akan mengundang berkembangbiaknya jamur dan bakteri pathogen di Miss V.

Keputihan adalah keluarnya lendir dari Miss V secara berlebihan pada saat masa subur, sebelum dan sesudah menstruasi. Selama tidak bau, berwarna bening dan tidak gatal keputihan tersebut normal.

Salah satu penyebab berkembang biaknya jamur dan bakteri juga disebabkan penggunaan celana jeans yang ketat dan terlalu sering dipakai.

Bagaimana solusinya agar celana jeans yang kita pakai tetap nyaman dan harum saat aktifitas sehari-hari?

cara-mengatasi-keputihan-akibat-celana-jeans

Penyebab Keputihan pada Wanita:

1. Jangan Menggunakan Sabun Mandi!

Bersihkan Miss V dengan pembersih yang tidak mengandung bahan kimia karena bisa mengganggu kestabilan pH di sekitarnya. Produk yang baik adalah yang terbuat dari bahan dasar susu atau herbal. Sekarang sudah banyak produk pembersih dijual dengan bahan dasar susu yang aman digunakan. Jangan malas membersihkan ya! J

2. Hindari Penggunaan Bedak!

Jika kamu pernah menggunakan bedak dibagian Miss V karena gatal agar gatal itu hilang, kamu salah. Karena penggunaan bedak bisa menyebabkan terkena infeksi bakteri dan debu yang terselip akibat bedak.Ingat ya pakai bedak itu di wajah bukan di Miss V. J

3. Pantyliner Justru Bahaya!

Pantyliner yang selalu dipakai dan tidak diganti justru bahaya, karena dari bahan dasar pantyliner yang tidak steril malah dapat menyebabkan jamur. Ganti pantyliner dengan selalu membawa cadangan celana dalam kering kemanapun kamu pergi  agar nyaman dan tenang. Celana dalam sendiri ya, jangan salah bawa celana dalam ibu/ayahmu ya! L

4. Keringkan Miss V

Selalu keringkan bagian Miss V agar terhindar dari jamur yang muncul akibat celana yang basah atau lembab. Gunakan handuk setelah mandi dan tissue setelah buang air. Jangan keringkan Miss V kamu menggunakan hairdryer ya, apalagi abis itu dicatok….e..oke skip.

5. Hindari  Pakaian Dalam dari Bahan yang Tidak Menyerap Keringat

Celana dalam memang banyak yang model dan warna yang lucu, ya memang tetapi bahan celana dalam tersebut tidak menyerap keringat yang membuat Miss V kamu lembab, bakteri dan jamur akan mudah muncul. Gunakan celana dalam yang menyerap keringat sehingga Miss V senantiasa dalam keadaan nyaman. Bahan yang baik adalah bahan katun. Katun ya bukan atun.

6. Ganti Pembalut 4 Jam Sekali

Jika sedang menstruasi sebaiknya pembalut diganti setiap 4 jam saja jangan menunggu penuh. Karena kotoran yang ada di dalam pembalut mudah berkembangbiak dan akan membuat Miss V menjadi gatal jika kamu tunggu penuh, emangnya mau dikilo, setelah itu bersihkan dan diganti dengan yang baru.

7. Gantilah Celana Jeans Maksimal Dua Minggu Sekali

cara-mengatasi-keputihan-akibat-celana-jeans

Gunakan celana jeans maksimal dua minggu sekali dengan rentang waktu yang cukup jauh agar kulit di sekitar bagian Miss V bisa bernapas dengan baik. Kalo susah napas, masukin aja sedotan biar bisa ambil napas sendiri. Moms, don’t be a slob! (translate google)

8. Pilih Celana Jeans yang Menyerap Keringat

Kalaupun ingin menggunakan celana jeans, gunakanlah jeans yang menyerap keringat. Meskipun harga celana jeans seperti ini lebih mahal, namun hal itu akan lebih membuat Miss V menjadi lebih nyaman.

Kalo  kamu sedang mempunyai uang berlebih, tidak ada salahnya untuk membeli celana jeans yang baru, dan setiap hari kamu bisa ganti celana jeans yang berbeda. Be better, right!

Inti dari tips semuanya adalah kamu harus membersihkan Miss V dengan benar dan menjaga kebersihan organ intim supaya keputihan tidak tiba-tiba datang. So moms, lakukan 8 langkah ini agar kamu bisa tetap menggunakan celana jeans tanpa harus menemukan masalah keputihan! Semoga bermanfaat!