Cara Menurunkan Panas Anak Secara Alami

Posted on

Saat anak demam, tentu Mommy merasa sangat khawatir. Walaupun banyak sekali obat-obatan di apotek yang banyak sekali macamnya, namun tentu Mommy sebisa mungkin ingin menghindari obat-obatan berbahan kimia dan hanya menggunakannya apabila demam anak benar-benar tinggi. Cara menurunkan panas anak yang dianggap lebih aman adalah dengan menggunakan ramuan herbal alami

Banyaknya kekhawatiran Mommy menggunakan obat-obatan kimia disebabkan karena efeksampingnya. Umumnya, obat pereda demam yang tersedia di apotek adalah ibuprofen atau parasetamol. Padahal kedua obat ini bisa menyebabkan efek samping. Ibuprofen bisa mengakibatkan maag dan gangguan ginjal sendangkan parasetamol bisa dikaitkan dengan gangguan pernafasan seperti asma.

Panas atau demam pada si kecil sebenarnya adalah suatu pertanda bahwa tubuhnya sedang melawan penyakit. Misalnya saja saat si kecil baru saja diimunisasi maka suhu tubuhnya akan mengalami kenaikan. Demam ini justru menjadi bukti bahwa tubuh sang anak memiliki sistem kekebalan yang baik.

Agar tidak panik, berikut cara menurunkan panas anak secara alami.

Cara Menurunkan Panas pada Anak Secara Alami

Mandi Dengan Menggunakan Air Hangat

Langkah pertama yang bisa Mommy lakukan untuk menurunkan panas pada anak adalah dengan merendam ataupun memandikan sang buah hati menggunakan air hangat. Namun Mommy juga harus memastikan air yang digunakan tidak terlalu panas untuk ukuran anak-anak.

Ketika Mommy memandikan si kecil, kemungkinan besar ia akan  menghirup udara hangat sehingga mampu melancarkan saluran pernafasannya. Selain itu, memandikan si kecil menggunakan air hangat juga membuat badan terasa lebih rileks. Setelah selesai mandi, kenakan pakaian yang nyaman di kulit anak yang sedang demam seperti baju dengan bahan tipis.

Memberi Asupan Cairan Yang Cukup

Perlu anda ketahui ya Mom, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Ketika mengalami demam, suhu tubuh akan naik sehingga ada kemungkinan terjadinya dehirdrasi. Hal ini disebabkan karena tubuh secara alami akan meningkatkan metabolismenya sehingga tubuh kehilangan cairan dengan cepat. Untuk menghindari hal ini, beri si kecil asupan cairan yang cukup seperti air putih, susu formula ataupun ASI.

Selain menghidrasi, Mommy juga harus memaksa si kecil untuk beristirahat dan tidur karena ketika ia aktif bergerak maka tubuhnya akan semakin mengeluarkan panas sehingga demam menjadi sulit turun. Beristirahat juga akan menghindarkan si kecil dari serangan infeksi.

Gunakan Asam Jawa Untuk Mendinginkan Suhu Tubuh

Cara menurunkan panas anak selanjutnya adalah dengan menggunakan asam jawa yang sangat berkhasiat untuk mendinginkan suhu tubuh pada si kecil serta bisa mencegahnya datang. Selain diminum secara langsung, Mommy juga bisa melarutkan asam jawa sebagai campuran air di bak mandi si kecil. Air  rendaman asam jawa ini sangat ampuh untuk meredakan demam.

Kandungan Vitamin C yang tinggi pada asam jawa juga bersifat anti peradangan dan bisa mengurangi infeksi ringan. Tanaman herbal lain yang mampu melawan infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuh adalah echinacea dan goldenseal.

Menggunakan Bawang Putih Mentah

Jika memungkinkan, Mommy bisa memilih cara menurunkan panas anak dengan bawang putih mentah. Namun jika si kecil kesulitan memakannya secara mentah, Mommy bisa menambahkan kapsul bawang putih pada supnya. Tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini memiliki sifat anti virus dan anti bakteri yang sangat efektif untuk menurunkan demam.

Demikian bagaimana cara menurunkan panas anak menggunakan bahan-bahan herbal alami. Daripada memilih obat-obatan kimia yang mengandung berbagai efek samping, akan jauh lebih baik jika Mommy memilih obat berbahan herbal yang aman untuk kesehatan si kecil. Namun jika demam tak kunjung reda dan sudah melebihi 3 hari sebaiknya bawa si kecil ke dokter atau rumah sakit.