Cara Mudah Atasi Cacar Air dengan Ramuan Tradisional

Posted on

Varisela atau sering disebut cacar air umumnya diderita oleh anak-anak. Namun, cacar air juga bisa diderita oleh orang dewasa. Cacar air disebabkan oleh suatu virus yang bernama Varicella Zoster.

cacar-air-pada-anak

Gejala dan tanda-tanda terkena cacar air yaitu diawali dengan demam, badan lemas, dan tidak nafsu makan. Setelah demam pada anak reda, akan timbul bercak-bercak merah yang menggelembung dan gampang pecah. Bintil merah yang berisi cairan tersebut akan mengering dan mengelupas dalam waktu kurang lebih 7 sampai 14 hari. Bintil merah tersebut terasa gatal di kulit sehingga kita ingin menggaruknya.

Bagian tubuh yang terkena cacar air adalah area wajah, kulit kepala, dada, perut, lengan, serta kaki. Awalnya cacar air hanya muncul satu bintil merah yang kemudian menyebar ke hampir bagian tubuh. Cacar air mudah pecah dan akan menimbulkan bekas yang sulit hilang, Moms. Sehingga, diperlukan kehati-hatian dan perawatan khusus bagi anak Mommy yang terkena cacar air.

Perawatan

Gunakan Bedak Anti Gatal

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat anak atau orang dewasa yang terkena cacar air, yaitu:

  1. Pisahkan tempat tidur penderita dengan yang lainnya agar tidak terjadi penularan
  2. Gunakan pakaian yang bahannya halus dan lembut di kulit. Mommy juga bisa melapisi tempat tidur dengan kain atau selimut lembut agar bintil merah pada tubuh tidak mudah pecah saat bergesekan atau bersentuhan dengan kain.
  3. Gunakan bedak anti gatal pada tubuh dan hindari menggaruk pada daerah yang gatal. Selain mengurangi rasa gatal, bedak berguna untuk membuat kulit halus dan cacar air tidak mudah pecah saat bersentuhan dengan tangan atau terkena pakaian. Menggaruknya bisa menimbulkan bekas dan sulit hilang. Jika cacar air nya parah, bisa menimbulkan cekungan atau bekas pada bagian kulit.
  4. Gunakan salep kulit untuk cacar air.
  5. Selama kondisi tubuh masih demam, tidak diperbolehkan mandi.
  6. Jika demam pada tubuh sudah turun, mandilah dengan air yang telah dicampur dengan sabun cair anti bakteri.

 

Ada ramuan tradisional yang sering digunakan untuk mengobati cacar air. Yaitu dengan menggunakan jagung dan ramuan yang terdiri dari campuran kunyit, daun asam dan minyak kelapa. Berikut resep tradisional untuk mengobati cacar air yang bisa Mommy buat dengan mudah di rumah:

Ramuan dari Jagung

jagung-obati-cacar-airJagung yang memiliki nama latin Zea Mayz merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia selain nasi dan singkong. Jagung sering diolah menjadi bakwan, popcorn, jagung bakar, jagung rebus, dan aneka olahan jagung lainnya. Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata jagung dapat digunakan sebagai obat untuk cacar air, Moms.

Caranya adalah dengan menumbuk jagung yang masih muda. Kemudian, oleskan pada bagian tubuh yang mengalami bintil-bintil merah. Bintil-bintil merah tersebut akan cepat mengering dan mengelupas jika dilakukan secara rutin.

 

Ramuan Kunyit

Ramuan Kunyit

Bahan Ramuan:

  • Kunyit Secukupnya
  • Daun Asam Secukupnya
  • Minyak Kelapa

 

Cara Meramu:

  • Cuci semua bahan sampai bersih, kemudian haluskan.
  • Tambahkan minyak kelapa sedikit, lalu aduk hingga rata.

Penggunaan:

Oleskan ramuan pada bagian tubuh yang terkena cacar air. Ulangilah sampai cacar air kering dan sembuh.

Demikian tadi ramuan tradisional yang bisa Mommy buat dengan mudah di rumah untuk menyembuhkan cacar air. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Moms!