Cara Mudah Atasi Diare pada Anak

Posted on

Apakah Mommy tahu Diare sering terjadi pada bayi dan anak? Diare bisa menyebabkan tubuh seseorang kekurangan cairan atau dehidrasi. Sehingga, harus segera ditangani. Kalau tidak, akan berakibat fatal. Mommy tahu tidak apa sih penyebab utama diare pada bayi dan anak?

Cara Mudah Atasi Diare pada Anak

Menuru Pujiastuti dalam bukunya “Waspadai Penyakit Pada Anak” diare adalah penyakit yang ditandai dengan terjadinya perubahan bentuk dan kosentrasi pup yang melembek sampai dengan cair dengan frekuensi lebih dari lima kali sehari. Diare disebabkan oleh infeksi (bakteri maupun virus) dan alergi makanan (khususnya susu atau laktosa). Selain itu Mom, juga disebabkan karena kebiasaan buruk buang air besar di tempat terbuka yang mencemari tanah dan air, serta tidak mencuci tangan dengan sabun. Tapi, Mommy tak perlu khawatir. Berikut ulasan penanganan pertama diare pada anak.

Garam Oralit

Tubuh butuh banyak cairan untuk menggantikan cairan yang hilang melalui buang air besa dan muntah saat diare. Oralit dapat mencegah dan mengatasi dehidrasi pada tubuh. Saat anak Mommy diare, berikan cairan oralit dengan sendok, sesendok tiap1-2 menit. Selanjutnya diberikan perlahan-lahan, 1 sendok setiap 2-3 menit. Jika anak Mommy sudah besar, bisa langsung meminumnya dari gelas.

Mommy bisa dapatkan Oralit di apotek terdekat. Atau, Mommy juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Yaitu, dengan mencampur 1 sendok teh gula dan ¼ sendok teh garam ke dalam air hangat sebanyak 200 cc.

Makanan dan Minuman

Pemberian ASI pada bayi yang terkena diare sangat penting, Mom. Jadi, jangan hentikan pemberian ASI pada bayi Mommy. Karena, kebanyakan pemberian ASI malah dihentikan. Padahal bayi Mommy sedang butuh ASI untuk mengganti cairan tubuhnya. Anak yang sudah tidak minum ASI, berikan makanan dan minuman seperti biasa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Tapi ingat Mom, larutan yang kandungan gulanya sangat tinggi tidak boleh diberikan. Misalnya, teh yang sangat manis, soft drink, dan minuman yang manis lainnya.

Pencegahan Diare

Oke, Mom. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah diare, antara lain:

  1. Minum air yang sudah direbus
  2. Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan sesudah BAB/BAK
  3. Tidak BAB/BAK di sembarang tempat
  4. Tutup makanan dan minuman dengan benar agar tidak dihinggapi lalat
  5. Membuang sampah pada tempatnya

Mencuci Tangan dengan Sabun

Daun Jambu Biji

Tahukah, Mom? Daun jambu biji bisa digunakan untuk mengobati diare. Berikut resep yang bisa Mommy terapkan di rumah.

Bahan:

  • Segenggam daun jambu biji
  • 2 gelas air
  • 3 potong kecil gula batu
  • Sepucuk sdt garam

Cara membuat:

  • Cuci bersih daun jambu biji dengan air mengalir
  • Rebus daun jambu biji, air, dan gula, tambahkan garam
  • Didihkan rebusan daun jambu biji, matikan api
  • Hangatkan, lalu saring dan minum 3 kali sehari sampai diare mampet

Itulah beberapa cara yang bisa Mommy lakukan untuk mengatasi diare pada bayi dan anak. Jika anak tidak mau makan, kondisinya semkain lemah dan disertai dengan muntah-muntah, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Semoga bermanfaat ya, Mom!