Cara Mudah Mengatasi Kutil pada Kulit

Posted on

Banyak problem kulit yang sering mengganggu aktivitas kita. Problem kulit tersebut seperti jerawat, jamur, kapalan, panu, kadas, kutil atau caplak, luka bakar, penuaan dini, dan lain-lain. Problem kulit muncul di beberapa bagian tubuh seperti wajah, kaki, perut, leher, dan tangan. Problem kulit pun menjadi momok yang menakutkan bagi kaum wanita.

problem-pada-kulit

Berbagai problem kulit menyebabkan kita menjadi tidak percaya diri karena kulit tampak tidak bersih dan sehat. Namun jangan khawatir, Moms. Setiap masalah pasti ada solusinya. Termasuk problem kulit seperti kutil atau caplak yang sering muncul di bagian tangan, kaki, dan punggung.

Kutil/ Caplak

            Kutil atau caplak merupakan sejenis tumor jinak pada kulit yang berasal dari penebalan lapisan kulit luar yang berlebihan. Istilah medisnya disebut dengan Papilloma. Bentuk kutil pun bermacam-macam, Moms. Ada yang besar dan ada yang kecil-kecil. Saat dipegang memang tidak sakit. Namun jika tergores sesuatu ia akan berdarah. Kutil atau caplak sangat bandel, Moms. Ia mudah tumbuh dan menyebar pada kulit.

kutil-atau-caplak

Ada 2 jenis kutil yang sering kita jumpai yaitu:

  • Veruca Vulgaris

Kutil ini sering terjadi pada jari-jari dan telapak tangan atau kaki. Kutil ini berupa tonjolan, padat, dan sedikit keras. Saat kutil yang muncul mulai membesar, maka akan sering muncul kutil yang lain dengan ukuran kecil-kecil.

  • Veruca Plana

Kutil ini sering terjadi pada kepala, pipi, hidung, leher, dan punggung. Kutil ini berwarna seperti kulit (kecoklatan atau kehitam-hitaman) dan bersifat lunak.

Cara Mengatasi Kutil atau Caplak

kapur-sirih

Ada cara yang bisa Mommy gunakan untuk mengatasi kutil atau caplak pada kulit. Bahannya sangat mudah, Moms. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sediakan kapur sirih, sabun colek, cutton bud, dan wadah.
  2. Campurkan kapur sirih dan sabun colek dengan perbandingan 1 : 1 pada wadah yang sudah disediakan.
  3. Aduklah campuran tersebut hingga rata atau bisa ditambahkan sedikit air. Namun, jangan sampai terlalu cair.
  4. Ambil dengan menggunakan cutton bud dan oleskan secukupnya pada kutil.
  5. Tunggu hingga kering. Biasanya dengan 1 kali oles, kutil akan tanggal dengan sendirinya. Jika kutil belum tanggal lakukan 2 hingga 3 kali. Biasanya ini untuk kutil yang berukuran besar.
  6. Setelah tanggal, oleskan cairan antiseptik untuk menghindari infeksi. Beberapa hari kemudian kulit akan kemballi normal. Namun, Mommy harus waspada. Saat kutil sudah hilang, biasanya akan muncul pada bagian yang lain. Sehingga, Mommy harus sabar dan rutin untuk mengolesinya dengan campuran kapur sirih dan sabun colek. Kutil pun akan hilang dan tidak akan muncul lagi.

Itu tadi cara mudah untuk mengatasi kutil atau caplak pada kulit. Sangat mudah kan, Moms? Sekarang Mommy tidak perlu khawatir bagaimana cara mengatasi kutil yang membandel. Mommy pun semakin percaya diri, kulit tampak sehat dan bersih. Semoga bermanfaat ya, Moms!