Diet Kamu Sering Gagal? Mungkin Ini Alasannya

Posted on

Ada begitu banyak alasan mengapa seseorang selalu gagal menjalankan diet untuk menurunkan badan. Mulailah untuk mencari tahu alasannya, agar kamu bisa segera memperbaiki diet untuk mencapai target berat badan yang proporsional.

Dikutip dari situs All Women Stalk, berikut daftar alasan yang membuat kamu sulit untuk mempertahankan diet. Apakah mungkin kamu mengalaminya, Mom?

Diet Kamu Sering Gagal? Mungkin Ini Alasannya
Sumber foto: www.thedailybeast.com

Serotonin rendah

Hormone serotonin rendah pada otak dapat menyebabkan depresi atau stress. Sehingga tubuh mengartikan sebagai rasa lapar dan mengidam gula untuk mencoba mempertahankan kadar serototin tetap stabil. Kamu akan melampiaskannya pada makan terutama makanan yang manis.

Jangan ikuti rasa lapar kamu, karena jika diikuti kamu tidak akan merasakan kenyang. Untuk mensiasati, kontrol asupan makanmu terutama yang menandung gula, ganti dengan gula rendah lemak. Agar kamu tidak stress, kamu bisa berolahraga di luar ruangan. Seperti, berlari di taman pada pagi hari atau bermain voli pada sore hari dengan teman. Karena, olahraga tersebut merupakan cardio yang menggerakan badan menyeluruh secara aktif dan membuang banyak kalori rasa lapar yang diakibatkan serotonin tidak akan terasa.

Komitmen

Komitmen Diet
Sumber foto: www.rd.com

Dengan adanya komitmen, maka kamu akan bersungguh-sungguh menjalankan program diet. Jika tidak, banyak godaan-godaan makanan di luar sana dan terkadang bisa membuatmu gagal diet seperti, junk food, soft drink, ice cream, donat, permen dan sebagainya. Tahanlah keinginanmu dengan menuliskan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh pada jurnal diet, apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat diet.

Selain itu, kamu bisa mencoba olahraga seperti berlari di pantai dengan cuaca hangat di pagi hari. Kenapa tidak? Berlari di tepi pantai bukan saja memperkuat tubuh, terutama bagian inti dan betis, namun juga memberikan suasana baru sehingga kamu lebih termotivasi dan bersemangat

Emosi

Mommy, apakah kamu tergoda untuk makan ketika lelah, bosan, marag, senang atau sedih? Jika sedang tidak benar-benar lapar tapi kamu ingin makan sesuatu, gantilah semua makanan tersebut dengan minum segelas air, itu akan menghilangkan rasa lapar selama 20 menit.

Lakukan pula aktifitas mengendarai sepeda kesayangan sambil mengeksplorasi lingkungan di sekitar tempat tinggalmu. Selain membuat tubuh terbakar kalori, sepeda juga sangat ramah lingkungan. Ajak kakak atau ayahmu untuk berjalan-jalan mengendari sepeda pada akhir pekan, its gonna be fun!

Sering Membandingkan Kemajuan Diet

Mommy, tahukan kamu jika pria lebih mudah untuk menurunkan berat badan dibandingkan wanita? Setiap tubuh memiliki reaksi yang berbeda-beda saat menjalani diet, begitu pula dengan hasil atau kemajuan yang diperoleh. Daripada kamu kecewa karena tidak memperoleh hasil berat badan yang ideal secepat teman kamu, lebih baik terus berusaha dan fokus pada perkembangan dietmu sendiri.

Kamu dapat melakukan kegiatan olahraga seperti hiking pada saat sunset. Menikmati moment matahari tenggelam yang romantis, bisa memicu kesungguhan kamu untuk semangat menjalani diet yang menyenangkan, dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment yang luar biasa, ya. Tapi, kalau kamu tidak ada waktu pergi ke bukit, kamu bisa mengikuti even olahraga amal. Fyi, di beberapa Negara kerap mengadakan olahraga yang bertujuan untuk amal. Seperti laro marathon, berjalan, bersepeda dan kegiatan lainnya. Berolahraga sambil beramal, bisa bersenang-senang, sehat sekaligus mendapatkan hasil diet yang maksimal. Challenge and commit yourself, Mommy!