Fakta 10 Jenis Buah yang Berbahaya Terhadap Kesehatan

Posted on

Buah merupakan salah satu unsur dari makanan yang populer kita sebut dengan ‘Empat Sehat Lima Sempurna’. Mulai dari yang pertama yaitu nasi, dua lauk pauk, tiga sayur-sayuran, empat buah-buahan, dan yang kelima susu. Jadi, buah menempati urutan yang keempat ya, Moms.

Banyak gizi dan serat yang terkandung di dalam buah-buahan dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Tak heran jika Mommy selalu menyediakan buah-buahan di rumah untuk memenuhi nutrisi tubuh anggota keluarga. Perlu Mommy ketahui, selain banyak manfaatnya buah juga berbahaya bagi kesehatan. Di dunia ini, semua pasti ada kelebihan dan juga ada kekurangannya ya, Moms. Sehingga, Mommy harus tahu fakta berbahaya 10 jenis buah yang akan kita ulas dibawah ini.

1. Nangka (Artocarpus Heterophyllus)

Rasa buahnya manis dengan warna kuning yang menggugah selera makan kita. Kandungan getahnya sering membuat Mommy kerepotan saat mengupasnya. Jangan khawatir Moms, lumuri telapak tangan Mommy  dengan tepung dan mengusap kedua telapak tangan untuk membersikannya. Selanjutnya, cuci tangan dengan sabun.

Fakta berbahaya buah nangka yang harus Mommy tahu yaitu buah nangka mengandung senyawa yang menghasilkan gas dan merangsang zat asam lambung. Sehingga, berbahaya bagi mereka yang menderita sakit maag.

2. Belimbing (Averrhoa Carambola)

buah-belimbing

Buah yang bentuknya menyerupai bintang ini memiliki rasa manis dan kandungan air yang banyak. Buah belimbing sering digunakan anak-anak untuk membuat cap gambar bintang dengan bantuan pewarna kain.

Fakta berbahaya buah belimbing yang harus Mommy tahu yaitu kandungan asam oxalat pada belimbing berbahaya bagi penderita penyakit ginjal. Belimbing juga berpengaruh terhadap kinerja otak dan saraf karena terdapat neurotoksin atau racun saraf. Rasanya yang manis karena mengandung kadar gula tinggi berbahaya bagi penderita penyakit diabetes.

3. Durian (Durio Zibethinus)

Durian sering disebut sebagai rajanya buah-buahan. Ada yang menyukainya  karena aromanya harum dan lezat. Ada juga yang tidak suka lantaran aromanya yang sangat kuat dan menusuk hidung dari jarak beberapa meter.

Fakta berbahaya buah durian yang harus Mommy tahu yaitu kalori yang banyak terdapat pada durian sangat berbahaya bagi yang memilliki berat badan lebih, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung. Wanita yang sedang hamil juga tidak dianjurkan untuk makan buah durian ya, Moms.

4. Rambutan (Sapindaceae)

buah-rambutan

Buah dengan bentuk bulat dan dibungkus dengan kulit yang memiliki rambut dibagian luarnya ini sangat manis. Bagian yang dimakan adalah bagian daging buahnya yang berwarna putih.

Fakta berbahaya buah rambutan yang harus Mommy tahu yaitu kandungan gula dalam buah rambutan mengandung alkoholic. Jika buah rambutan terlalu masak dan kita berlebihan dalam mengonsumsinya akan berbahaya. Bagi penderita kolesterol sebaiknya menghindari buah rambutan karena kandungan gulanya yang tinggi.

5. Jarak (Jatropha Curcas)

Tanaman jarak banyak tumbuh di sekitar rumah dan biasanya banyak dijadikan pagar. Tanamn ini tahan terhadap cuaca kering dan mudah berkembang. Pada masa penjajahan Jepang banyak dibudiadayakan tanaman jarak di Indonesia. Sehingga, banyak orang Indonesia yang dipekerjakan untuk menanam jarak. Jarak dimanfaatkan untuk pembuatan bahan bakar tank dan pesawat tempur. Tanaman ini terus dikembangkan karena bisa digunakan untuk mesin diesel dan campuran untuk pelumas.

Tentunya Mommy tidak mungkin menghidangkan buah jarak untuk keluarga bukan? Tapi, ada hal penting yang harus Mommy waspadai. Tanaman ini mudah tumbuh dan mudah dijumpai di pekarangan rumah. Bisa jadi tanpa sepengetahuan dan pengawasan dari Mommy, anak-anak bisa memakan biji jarak yang sangat berbahaya. Rasanya memang seperti kacang. Hati-hati ya Moms, karena bisa menyebabkan kematian.

Kandungan di dalamnya ada racun yang bernama kursin. Sebuah penelitian pernah dilakukan pada hewan untuk menguji coba racun pada jarak. Ternyata hewan tersebut mengalami kematian. Gejalanya adalah diare, mata cekung, dehidrasi, dan kondisi tubuh menurun. Jadi, jangan coba-coba memakannya. Jika tanpa sengaja anak Mommy memakan biji jarak bersama dengan temannya saat bermain, biasanya dia akan muntah-muntah dan kondisinya melemah. Segera beri minum air kelapa untuk menetralisir racun dan segera bawa ke dokter.

6. Apel (Malus Domestrica)

buah-apel

Buah Apel yang berwarna merah merona memang sangat menggiurkan mata dan lidah kita. Apakah Mommy tahu bahaya dibalik penampilan buah apel? Buah apel mengandung kadar gula yang tinggi. Sehingga, tidak baik untuk kesehatan gigi. Selain itu, juga mengandung zat asam yang meningkatkan tingkat keasaman mulut.

Untuk melindungi gigi, gosoklah gigi sebelum memakannya. Kemudian, minum air putih setelah mengkonsumsinya untuk menetralisit zat asam pada buah apel. Ingat ya, Moms! Biji apel mengandung sianida. Tidak diketahui seberapa banyak biji apel yang dikonsumsi yang bisa menyebabkan kematian. Biasanya perut mual dan muntah-muntah. Sebaiknya, Jangan lupa untuk membuang biji apel sebelum memakannya.

7. Anggur (Vitis Vinifera)

buah-anggur

Buah anggur biasanya tumbuh dengan merambat. Ada anggur merah dan anggur hijau. Kita juga sering menjumpai anggur dalam bentuk jus dan buah yang dikeringkan. Fakta berbahaya buah anggur yang harus Mommy tahu yaitu rentan terkontaminasi dengan pestisida karena kulitnya yang tipis dan lembut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggur mengandung logam berat yang berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

8. Nanas (Ananas Comosus)

Fakta berbahaya buah nanas yang harus Mommy tahu yaitu buah nanas mudah berpotensi menggugurkan kandungan. Karena memiliki sifat antelmintik dan abortivum yang memicu kontraksi. Kadar gula yang tinggi pada nanas juga berbahaya bagi penderita diabetes. Bagi mereka yang alergi dengan nanas, biasanya akan merasa gatal pada lidah atau bibir dan bisa menyebabkan pembengkakan.

9. Srikaya (Annona Squamosa)

Srikaya memiliki daging buah berwarna putih dan rasanya manis. Memiliki biji dan bersisik seperti sirsak. Buah srikaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Bahkan akar, daun, buah, biji dan kulit kayu bisa dijadikan sebagai obat.

Fakta berbahaya buah srikaya yang harus Mommy tahu yaitu biji srikaya mengandung minyak resin dan bahan beracun yang bersifat iritan. Biji, akar, dan kulit pohon berbahaya jika dikonsumsi dengan cara direbus. Ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk meminum rebusan biji srikaya karena berbahaya bagi keselamatannya dan bayi yang dikandungnya.

10. Avokad (Persea Americana)

buah-avokad

Fakta berbahaya buah avokad yang harus Mommy tahu yaitu jangan mengonsumsi buah avokad bersamaan dengan keju dan mayones. Jika dikonsumsi secara bersamaan berat badan akan bertambah. Karena buah avokad mengandung kalori tinggi, sedangkan keju dan mayones mengandung lemak jenuh dan juga kalori tinggi. Buah avokad mengandung zat beracun persin yang berbahaya. Gejala keracunannya yaitu, muntah, diare, gangguan pencernaan, dan pernapasan. Selain itu, banyak bayi yang berusia dibawa 6 bulan yang terkena diare setelah mengonsumsi avokad.

Itulah fakta berbahaya 10 jenis buah bagi kesehatan. Sekarang, Mommy bisa lebih berhati-hati dan bijak dalam memanfaatkan buah-buahan tersebut saat mengonsumsinya. Semoga bermanfaat ya, Moms!