Fakta Menarik Seputar Gigi Susu, Mommy Harus Tahu!

Posted on

Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan melihat dan mendampingi pertumbuhan serta perkembangan buah hati tercinta. Menikmati proses saat dia semakin tumbuh besar merupakan hal yang tidak akan terlupakan. Salah satunya saat si kecil mulai tumbuh gigi untuk pertama kalinya, yaitu pada saat gigi susunya muncul. Mommy juga harus tahu loh kalau ada beberapa fakta menarik seputar gigi susu. Yuk, simak ulasannya.

g5

Fakta Seputar Gigi Susu

1. Usia Pertumbuhan Gigi Susu

Bayi tumbuh gigi susu untuk pertama kalinya biasanya saat memasuki usia antara 6 hingga 12 bulan. Tapi proses tumbuhnya gigi tidak bisa disamakan ya Moms karena setiap pertumbuhan anak itu memiliki waktu yang berbeda-beda.

g6

Umumnya sih pertama kali gigi susu akan tumbuh di bagian tengah depan dan tengah bawah. Mulai dari sinilah pertumbuhan gigi susu akan berlanjut hingga beberapa tahun kedepan.

2. Jumlah Gigi Susu

g1

Selain tumbuh pada usia bayi antara 6 sampai 30 bulan, gigi susu itu terdiri atas beberapa bagian loh Moms. Gigi susu biasanya terdiri atas 8 gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham (molar), sehingga bila dijumlahkan ada 20 gigi susu. Mommy juga harus tahu nih, biasanya gigi susu tanggal pada usia 6 sampai 12 tahun.

3. Beri Flouride

flouride

Flouride adalah mineral yang membantu pencegahan kerusakan gigi yang disebabkan karena adanya pengerasan enamel. Flouride itu sendiri biasanya terdapat pada kandungan air putih. Maka untuk bayi yang mulai memasuki usia 6 bulan disarankan untuk diberi air putih. Tapi sesuai kebutuhannya ya Moms, agar dapat membantu mempertahankan kesehatan giginya.

4. Sikat dengan Air Hangat

g2

Sedikit dari para ibu yang mengetahui hal ini bahwa sebenarnya jika si kecil sikat gigi tidak selalu harus diberi pasta gigi. Untuk penggantinya, Mommy bisa menggunakan air hangat. Mommy juga memperhatikan dengan benar ya bagaimana cara yang tepat untuk menyikat gigi si kecil.

5. Karies Gigi Susu Pada Anak

candy

Karies atau yang lebih Mommy kenal sebagai gigi keropos adalah hal yang sering ditemui pada anak kecil. Karies diawali dengan plak di permukaan gigi. Plak itu sendiri adalah lapisan kuman dan sisa makanan yang bercampur dan melekat di gigi si kecil. Saran nih Moms, sebaiknya setelah si kecil makan atau menyusu botol menjelang tidur langsung dibersihkan karena gula yang terdapat pada susu dan makanan akan berubah menjadi asam yang dapat merusak gigi.

6. Cara Merawat Gigi

Untuk bayi yang baru mulai tumbuh gigi sebaiknya dipantau dan dirawat dengan baik dan benar ya Moms. Sesudah memberikan ASI, Mommy bisa menggunakan kain lembut yang diberikan air hangat untuk membersihkan mulut dan giginya.

g7

Sedangkan untuk yang sudah berusia 1 tahun ke atas, sudah bisa Mommy ajarkan untuk sikat gigi dengan sikat gigi khusus anak kecil pastinya. Pilih sikat gigi dengan bulu sikat berbahan nilon. Ajari dia untuk menyikat gigi 2 kali sehari, terutama sebelum tidur.

7. Konsultasi dengan Dokter Gigi

g4

Bukan hanya orang dewasa yang berkonsultasi ke dokter gigi, anak kecil juga disarankan loh Moms. Bahkan di masa inilah peran aktif Mommy diperlukan. Mommy harus rutin konsultasi dengan dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi si kecil. Untuk jangka waktu konsultasi bisa ditentukan, misalnya 6 bulan sekali. Cek kesehatan gigi buah hati tercinta agar nantinya dia terbiasa dan tidak takut lagi jika diajak ke dokter gigi.

Jadi bagaimana nih Moms? Sekarang sudah tahu kan ada fakta apa saja dibalik gigi susu si kecil. Semoga sedikit ulasan bisa bermanfaat untuk Mommy ya.