Hindari 6 Kebiasaan yang Mempercepat Penuaan Dini

Posted on

Hal yang menakutkan bagi para wanita yaitu ketika terjadi penuaan. Setiap manusia pasti mengalami proses ini dan kita tidak bisa menghindarinya. Tanda-tanda penuaan akan muncul seiring dengan bertambahnya usia kita. Produk kecantikan pun mulai perhatian dengan masalah penuaan dengan mengeluarkan produk-produk untuk mengatasi penuaan seperti keriput dan produk pengencang kulit.

penuaan

Penuaan bukanlah suatu penyakit, Moms. Melainkan bagian dari tahap lanjut dari proses kehidupan yang ditandai dengan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini juga diikuti dengan penuruan kemampuan organ, fungsi dan sistem tubuh. Hal ini bersifat alamiah dan semua orang pasti mengalaminya, Moms.

Fase Penuaan

Ada tiga fase penuaan:

  1. Fase I (Usia 25-35 Tahun)

Pada fase I produksi hormon berkurang, terjadi kerusakan pada beberapa sel. Pada fase ini tidak mengganggu kesehatan dan tubuh pun masih terlihat bugar.

  1. Fase II (Usia 35-45 Tahun)

Pada fase II produksi hormon menurun hingga 25 %, mata mengalami rabun dekat, dan stamina tubuh berkurang.

  1. Fase II (Usia 45 ke Atas)

Pada fase III wanita akan mengalami masa yang disebut menopause. Sedangkan kaum pria akan mengalami andropause. Pada fase ini ditandai dengan kulit kering, tubuh mudah capek, berbagai penyakit muncul seperti diabetes, osteoporosis, hipertensi dan penyakit jantung koroner. Sehingga, menjaga pola makan sehat sangat penting untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut.

Mommy pernah mendengar istilah ‘Penuaan Dini’? Penuaan dini adalah proses penuaan pada kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Tanda-tanda penuaan muncul pada usia 30 tahun atau bahkan lebih cepat dari seharusnya. Lalu, apa yang bisa kita lakukan dalam menghadapi masalah penuaan dini, Moms? Hindarilah kebiasaan-kebiasaan yang mempercepat penuaan dini, sebagai berikut:

Baca Juga:  Tips Cantik untuk Si Pinggul Besar

1. Stres Berlebihan

stres-berlebihanStres yang dialami seseorang tidak memandang status, usia, dan tempat. Stres bisa datang kapan saja. Stres terjadi ketika kita tidak bisa menghadapi masalah atau keadaan. Stres yang berlebihan akan memengaruhi kesehatan dan mempercepat penuaan. Namun, setiap  orang punya cara tersendiri untuk mengatasinya seperti berlibur bersama keluarga atau jalan-jalan. Mommy bisa melakukan langkah efektif berikut, tarik napas dalam-dalam dan beri aura positif pada diri Mommy melalui hati dan transfer dari otak. Cintailah aktivitas yang  sedang Mommy lakukan. Jika tubuh sudah lelah, beristirahatlah sebentar agar tubuh rileks dan fit kembali untuk melanjutkan aktivitas.

2. Kurang Bergerak/Olahraga

olahraga-pagi

Sediakan waktu satu jam untuk aktivitas olahraga. Misalnya, sehabis subuh Mommy bersama suami dan anak-anak jalan-jalan untuk menghirup udara segar di pagi hari atau jalan-jalan mengililingi kompleks rumah. Usahakan untuk menyediakan waktu minimal lima menit untuk olahraga di pagi hari. Itu sudah cukup, Moms.

3. Mengonsumsi Makanan Berlemak

Hindarilah mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan. Karena, lemak berpengaruh terhadap proses penuaan. Boleh mengkonsumisnya asalkan dalam porsi yang wajar dan jangan jadikan kebiasaan.

4. Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok bisa mempercepat terjadinya penuaan. Sehingga, muncul kerutan-kerutan halus tanpa kita disadari. Kondisikan rumah aman dan nyaman untuk keluarga dan hindari kebiasaan merokok. Karena, tidak baik untuk kesehatan.

5. Menghirup Udara Polusi

Polusi merupakan udara kotor yang tidak baik untuk kulit. Udara yang tidak sehat bisa memengaruhi kesehatan kulit kita dan mempercepat proses penuaan. Sehingga, Mommy dan keluarga harus memakai masker saat keluar rumah dengan sepeda motor. Meski sebagian orang merasa hal ini merepotkan, ini demi menjaga kesehatan.

Baca Juga:  Manfaat Es Batu Untuk Kecantikan

6. Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari

sering-terkena-matahari

Meskipun sinar matahri berguna untuk tubuh yaitu membantu dalam pembentukan vitamin D untuk tulang, sinar matahari pada siang hari (UVB) akan memicu terjadinya kanker kulit. Sehingga, akan muncul noda hitam, kerutan dan bintik merah-merah pada kulit. Terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Mommy bisa menggunakan body lotion khusus untuk kulit.

Itu tadi 6 kebiasaan yang mempercepat penuaan dini. Bisa jadi, selama ini kita tidak menyadarinya kalau kita melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Semoga bermanfaat ya, Moms!