Ibu Hamil, Waspadai Virus Zika!

Posted on

Moms, di dunia kedokteran kini sedang marak berita tentang  virus zika.  Dan yang lebih parahnya lagi virus ini biasa menyerang ibu hamil. Virus ini cukup berbahaya loh Mom. Untuk lebih mengetahui tentang virus ini, Mommy simak ya ulasannya di bawah ini.

ibu hamil, waspadai virus zika!

Apa itu virus zika?

Virus Zika adalah salah satu virus yang ditularkan lewat nyamuk. Virus ini pertama kali ditemukan di Afrika.  Untuk gejalanya sendiri dia tidak jauh beda seperti demam berdarah, seperti mengalami demam tinggi  yang mencapai 38  derajat celcius, bintik-bintik merah di seluruh tubuh. Walaupun awalnya bintik-bintik itu terlihat samar, lama kelamaan akan muncul beberapa ruam tipis kulit yang agak melendung.

Selain itu, tubuh yang terserang virus ini akan merasa  lemas dan lesu. Kemudian sakit perut seperti diare dan sembelit, tulang dan persendian akan terasa sangat ngilu, mengalami kegelisahan yang ditandai dengan ujung jari serta jari kaki yang mudah berkeringat dingin. Dan yang paling mudah dikenali yaitu munculnya infeksi mata yang menyebabkan mata kemerahan serta kelopak mata agak bengkak seperti orang bintitan. Mirip dengan gejala demam berdarah bukan Mom?

Bahaya virus zika pada ibu hamil

Untuk Mommy yang sedang hamil diharuskan sangat waspada terhadap virus ini ya. Sebab kekhawatiran yang tinggi atas virus ini adalah terfokus kepada para ibu yang tengah hamil. Mengapa demikian? Karena ibu hamil yang terinfeksi virus zika dapat menularkan virus tersebut kepada janin yang ada dalam kandungannya.

Dampak negatif dari virus ini sangat tinggi loh Mom. Mommy harus tahu, bayi yang lahir dari ibu yang terserang virus zika memiliki tingkat resiko tinggi berupa kelahiran dalam kondisi cacat. Seram bukan?

Dampak virus zika terhadap si kecil

m

Melansir dari health.govt.nz, berdasarkan laporan dari beberapa negara terutama Brazil, terjadi peningkatan jumlah bayi yang terlahir cacat disebabkan oleh penularan virus zika yang menyerang mereka saat masih di dalam kandungan. Kecacatan ini biasa disebut dengan Mikrosefali. Lalu seperti apa ciri-cirinya?

Ciri-cirinya cukup mengejutkan Mom. Bisa terlihat dari pertumbuhan tubuh si kecil menjadi tidak sempurna seperti kerusakan otak dan kepala berukuran kecil, keterbelakangan mental, daya tangkap yang lambat serta sukarnya untuk kemampuan belajar bicara seperti pada anak-anak kondisi normal.

MICROCHEPALLUS-1-1-800x445Cara mencegah virus zika

Mengingat bahwa penyebaran virus ini melalui nyamuk, ada beberapa hal yang bisa Mommy lakukan untuk mencegahnya. Para ahli kesehatan mengimbau agar wanita yang sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan sebaiknya tidak melakukan perjalanan ke wilayah yang diketahui terserang virus berbahaya ini.

  1. Usahakan memakai pakaian panjang ketika sedang berpergian atau sekedar bersantai. Tidak usah yang ketat ya Mom, misalnya setelan kaos lengan panjang dengan legging atau celana bahan panjang bisa Mommy jadikan pilihan untuk digunakan. Mommy harus tetap ingat loh kalau Mommy sedang hamil.
  2. Gunakan lotion anti nyamuk. Lotion anti nyamuk bisa digunakan kapan saja. Tapi Mommy harus perhatikan juga lotion apa yang aman untuk digunakan ibu hamil. Kesehatan dan keamanan tetap harus nomor satu ya.
  3. Menjaga kebersihan rumah. Ini adalah hal penting yang harus Mommy perhatikan. Jangan sampai Mommy memberi celah sedikitpun untuk nyamuk berkembang biak di sekitar Mommy.

Setelah membaca informasi ini, Mommy tahu kan betapa berbahayanya virus zika. Jangan pernah Mommy anggap sepele ya. Karena akibatnya bisa fatal. Tetap jaga kebersihan diri dan lingkungan ya Mom. Semoga bermanfaat !