Ini Dia Cara Jitu Mendisiplinkan Si Kecil Untuk Bangun Pagi

Posted on

Jam tidur yang berlaku untuk anak kecil jelaslah sangat berbeda dengan orang dewasa. Anak kecil memiliki jam tidur yang lebih panjang dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki usia lebih tinggi daripada dia. Hal ini merupakan hal yang sangat wajar sebab mereka membutuhkan waktu yang lebih untuk pemulihan masa istirahat dari lelahnya aktifitas yang mereka lakukan. Selain itu, juga berfungsi sebagai salah satu penunjang pertumbuhannya.

Tapi jangan sampai kebiasaan tidur terlalu lama ini melebihi jam tidur normal anak-anak seusianya. Karena khawatir akan berlanjut hingga si kecil saat besar nanti. Ada beberapa tips yang bisa Mommy terapkan untuk membiasakan si kecil bangun di pagi hari. Mau tahu? Lihat beberapa ulasannya di bawah ini.

t3

1. Tidur Lebih Awal

t6

Tidur lebih awal untuk si kecil bisa menjadikan dia bangun lebih awal juga. Mommy bisa mencobanya dengan memulai mengusahakannya untuk tidur 30 menit lebih awal dari biasanya. Step pertama, Mommy bisa menggantikan baju yang dia gunakan dengan piyama. Kemudian mengajaknya menyikat gigi dan selanjutnya ajak si kecil untuk tidur di kasurnya.

Di moment inilah Mommy mulai mengeluarkan upaya untuk membuatnya berada dalam suasana nyaman. Entah itu dengan hanya sekedar mengobrol hal-hal ringan dengannya ataupun membacakan cerita untuknya.  Jangan sampai ketika Mommy sudah mengajaknya ke kasur, Mommy malah sibuk sendiri dan mencuekkan dia. Karena kebanyakan di masa kini ketika para ibu menemani si kecil untuk tidur, biasanya mereka lebih sibuk sendiri dengan gadgetnya. Kalau bisa jangan seperti itu ya Moms.

2. Jadwalkan Secara Teratur

t5

Untuk membiasakan agar si kecil bisa bangun pagi, Mommy harus membiasakan kepada mereka pola tidur yang baru ini. Karena jika dijadwalkan secara teratur, lama kelamaan pun mereka akan terbiasa dengan jam yang baru tersebut.

3. Tidur Cukup

t1

Harus Mommy ketahui bahwa seiringnya usia mereka bertambah waktu tidurnya pun akan mengalami perubahan. Untuk balita biasanya mereka membutuhkan waktu ± 13 jam. Batita sekitar ± 12 jam, anak umur 5-12 tahun ±10-11 jam, dan 10-18 tahun ± 8-9 jam. Jadi ketika Mommy membuat pola tidur baru untuk si kecil, Mommy harus tetap memperhitungkan kapan dia harus tidur dan memprediksikan kira-kira jam berapa dia harus bangun. Jangan sampai karena ingin membuat dia agar bisa disiplin bangun pagi, kualitas tidur mereka berubah menjadi kurang baik.

4. Biasakan Bangun Sendiri

t4

Mommy tahu kan? Untuk mendisiplinkan si kecil agar terbiasa bangun pagi pastinya terjadi beberapa perubahan yang Mommy terapkan kepada mereka. Tapi Mommy juga harus paham bahwa perubahan yang mereka lakukan tentunya harus mendapatkan penyesuaian yang setimpal juga dari Mommy.

Jadi untuk Mommy, biasakan  10 atau 15 menit sebelum si kecil bangun, Mommy harus mulai menyalakan lampu kamarnya, membuka pintu dan juga membuka jendela kamarnya terlebih dahulu agar si kecil terkena sinar matahari dan mendengar suara-suara di pagi hari seperti suara kicauan burung atau suara-suara lain yang bersumber dari luar kamarnya. Hal ini membuatnya bangun secara alami tanpa harus membuat kegaduhan yang bisa membuatnya kaget.

5. Cerialah

t2

Pagi hari merupakan waktu dimana kondisi otak masih segar. Suasana masih rileks dan belum banyak pikiran. Maka dari itu, biasakanlah untuk menyambut si kecil dengan senyuman manis Mommy. Berikan energi positif untuknya agar dia bisa memulai harinya dengan baik dan penuh semangat. Selain senyuman, Mommy juga bisa memberikan pelukan dan pujian yang baik untuknya pada saat mereka pertama kali membuka matanya.

Itulah beberapa tips yang bisa Mommy terapkan untuk buah hati tercinta. Mulai dari sekarang biasakan si kecil untuk bangun pagi ya Moms. Selain bermanfaat untuk kesehatan, tanpa disadari Mommy pun mengajarkan mereka untuk belajar disiplin sejak usia dini.