Ini Dia Gejala atau Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu

Posted on

Pada dasarnya ada banyak hal yang menjadi tanda awal kehamilan 1 minggu, baik dilihat dari segi fisik, emosional maupun secara medis. Salah satu tanda kehamilan yang sudah umum adalah mual dan telat datang bulan. Namun kedua tanda tersebut belum tentu menjadi tanda awal kehamilan. Mengetahui tanda-tanda kehamilan satu minggu adalah penting, guna menjaga si calon jabang bayi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak kasus keguguran terjadi karena terlambat mengetahui kehamilan. Misalnya karena mengonsumsi makanan yang seharusnya dihindari, atau karena kekurangan nutrisi yang seharusnnya dipenuhi pada saat awal kehamilan. Jadi sebaiknya kenali tanda kehamilan sejak dini, sehingga kamu akan lebih berhati-hati menjaga kehamilan agar sehat dan berkembang dengan baik. Terlebih bagi pasangan yang baru menikah, tentu belum begitu mengerti akan tanda-tanda kehamilan. Berikut ini beberapa tanda awal kehamilan 1 minggu secara non medis.

Gejala Atau Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu

Lebih Mudah Lelah

Pada saat hamil, tubuh akan menjadi lebih mudah lelah ketika melakukan aktivitas, meski itu adalah aktivitas harian. Hal ini terjadi karena kondisi fisik saat hamil lebih lemah ketimbang pada kondisi biasa. Dan pada saat hamil satu minggu, tekanan darah menurun sehingga diperlukan istirahat yang banyak.

Kurangnya Napsu Makan

Gejala ini juga bisa terjadi pada saat hamil 1 minggu. Hal ini terjadi karena kadar hormon beta di dalam tubuh meningkat. Makanan yang menjadi favorit sekalipun bisa berubah menjadi makanan yang tidak disukai.

Lebih Sensitif Terhadap Bau

Tidak heran jika pada wanita hamil ada yang tidak menyukai bau-bau tertentu, bahkan bau masakan sekalipun. Biasanya yang menjadi pemicu adalah bau-bau yang menyengat, seperti halnya minyak wangi, pengharum ruangan, bawang putih, atau asap rokok. Namun asap rokok memang harus dihindari karena bisa berdampak buruk pada janin. Sama halnya dengan mual, ini terjadi karena hormon meningkat.

Gelisah dan Stres

Gelisah dan stres

Gelisah dan stres dapat juga menjadi tanda awal kehamilan 1 minggu. Ini terjadi karena munculnya rasa khawatir yang tinggi pada wanita hamil. Pada saat seperti ini, orang-orang terdekat memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga emosionalnya.

Sering Buang Air Kecil

Pada saat awal kehamilan, janin dalam rahim membutuhkan ruang untuk tumbuh. Sehingga menyebabkan kandung kemih tertekan oleh rahim, sehingga terjadi sering kencing atau buang air kecil. Gejala ini terjadi pada 1 minggu masa kehamilan, dan akan berhenti pada minggu ke 12 dan akan terjadi lagi pada kisaran minggu ke 28.

Perdarahan/Flek

Pada awal kehamilan akan terjadi flek atau perdarahan ringan. Perdarahan ini tentu sangat berbeda dengan perdarahan saat menstruasi. Ini terjadi karena adanya proses menempelnya janin pada dinding rahim. Jadi harus memahami akan perbedaan antara perdarahan saat haid dengan perdarahan yang menjadi tanda awal kehamilan 1 minggu, jangan sampai keliru.

Demikianlah beberapa tanda awal kehamilan 1 minggu, semoga bermanfaat.