Jangan Hanya Sekedar Menyusui, Ibu Muda Wajib Tahu Fakta Tersembunyi Dibaliknya.

Posted on

Untuk kamu para ibu muda pasti paham apa itu menyusui. Menyusui adalah salah satu kegiatan rutin yang akan kamu lakukan nanti ketika kamu sudah memiliki anak. Tapi dibalik semua itu, ada beberapa fakta yang pastinya belum Mommy tahu tentang menyusui. Mau tahu? Simak ya!

s1

“Kebocoran”

s5

Kebocoran yang terjadi pada ibu menyusui adalah hal yang akan sangat sering Mommy rasakan. Apalagi ketika baru saja melahirkan, kebocoran itu benar-benar akan terjadi berulang kali bahkan hingga tak terhitung berapa banyak. Kebocoran ini dikarenakan saat Mommy memasuki masa menyusui, hormon oxytocin yang dihasilkan akan lebih banyak dari biasanya. Ditambah lagi tingkat sensitifitas yang tinggi antara Mommy kepada si kecil juga berpengaruh terhadap bekerjanya hormon tersebut sehingga ASI yang dihasilkan akan sulit dikontrol hingga pada akhirnya akan merembes dan membuat cetakan yang sangat jelas terlihat di baju Mommy. Betul tidak Moms?

Tapi sekali lagi jangan khawatir ya, ini normal kok. Seiring berjalannya waktu, kebocoran ini pun akan berkurang dan menghilang.

Kejang di Perut

s6

Jadi Mommy harus tahu nih, hormon oxytocin yang berperan untuk mendorong ASI keluar banyak itu biasanya akan menyebabkan kejang perut yang nantinya akan Mommy rasakan. Itu terjadi karena rahim Mommy berusaha untuk kembali ke bentuk normalnya seperti sebelum Mommy hamil dulu untuk mencegah pendarahan di rahim. Mommy jangan takut ya kalau tiba-tiba Mommy merasakan kejang di perut yang rasanya seperti kejang perut ketika Mommy sedang menstruasi.

Beda Ukuran

r

Mommy pasti merasa salah satu dari buah dada Mommy memiliki ukuran yang lebih besar dari yang satunya lagi kan? Itu wajar Moms. Karena salah satu darinya akan lebih produktif untuk menghasilkan lebih banyak ASI dibandingkan yang satunya yang menyebabkan ukurannya akan lebih besar.

Selain itu juga mungkin disebabkan karena Mommy tidak seimbang menggunakannya untuk menyusui si kecil. Maksudnya, hanya sebelah saja yang lebih sering diberi “porsi kerja”. Itu juga berpengaruh loh Moms. Oleh karena itu, disarankan agar diseimbangkan saja ya Moms.

Perubahan Berat Badan

s8

Siapa yang bilang menyusui akan membuat Mommy menjadi gemuk? Itu tidak tepat ya Moms, malah justru sebaliknya. Menyusui akan membantu berat badan Mommy turun. Sebab, asupan nutrisi yang ada di tubuh Mommy akan ditransfer ke buah hati tercinta dimana lama-kelamaan akan terjadi penyusutan pada tubuh Mommy. Namun memang sih faktanya tidak semua ibu akan mengalami penurunan berat badan akibat menyusui. Terlepas dari itu, yang jelas menyusui dan mengurus sendiri buah hati Mommy akan membuat Mommy menjadi ibu yang luar biasa.

Suhu Kulit Berubah

s9

Suhu kulit Mommy akan mengalami perubahan ketika menyusui si kecil. Kulit Mommy akan terasa lebih hangat dibandingkan biasanya. Ini juga menjadi salah satu faktor penyebab si kecil merasa sangat nyaman ketika menyusui. Apalagi jika menyusui dalam dekapan Mommy, dia pasti akan merasa tenang sekali bukan?

Namun perubahan suhu kulit ini biasanya hanya terjadi selama minggu pertama menyusui. Untuk minggu-minggu selebihnya, suhu kulit Mommy akan kembali normal seperti sebelumnya.

Diet Pengaruhi Pasokan Asi

s10

Memang disarankan untuk Mommy melakukan diet saat menyusui. Agar asupan nutrisi yang Mommy hasilkan nanti akan terkontrol dan berkualitas. Tapi jangan sembarangan diet juga ya Moms. Sebab diet yang Mommy lakukan akan mempengaruhi pasokan ASI yang Mommy hasilkan.

Sekarang Mommy sudah tahu kan apa saja sih fakta tersembunyi dibalik menyusui? Semoga bermanfaat ya Moms.