Kebiasaan Makan Buah yang Harus Dihindari

Posted on

Beberapa hari yang lalu, Annisa (nama samaran) dan teman-teman menghadiri acara yudisium di kampus. Setelah serangkaian acara yudisium selesai, dilanjut dengan acara foto-foto bersama teman-teman dan juga dosen-dosen. Tak lupa, acara makan bersama-sama dengan model prasmanan. Saat itu, banyak sekali menu yang dihidangkan. Nasi, cap cay, kuah bening yang di dalamnya terdapat suwiran ayam, daging, udang goreng tepung, kerupuk, sambal, es campur, buah-buahan, dan lain-lain.

makan-model-prasmanan

Annisa pun mengambil nasi, cap cay, kuah bening yang di dalamnya terdapat suwiran ayam, udang goreng tepung, kerupuk, dan sambal. Annisa tidak suka dengan daging, sehingga ia tidak mengambil daging. Mungkin, ada juga diantara Mommy yang memang tidak suka dengan daging sapi ataupun daging kambing. Karena, memang ada beberapa orang yang tidak menyukainya. Setelah itu, Annisa mengambil es campur. Karena sudah tidak bisa membawa, ia pun tidak mengambil buah-buahan yang biasa dijadikan sebagai makanan penutup. Teman Annisa pun banyak yang memakan buah-buahan sebagai penutup setelah makan nasi.

Mommy pasti sering menghadiri acara penikahan teman, saudara, acara di kantor dan acara keluarga yang biasa dijamu dengan makanan yang dimodel prasmanan. Banyak aneka lauk yang disuguhkan, aneka minuman, dan buah-buahan. Bahkan, Mommy bersama suami dan anak-anak terkadang kebingungan saat mengambilnya. Karena, semua enak dan lezat ya, Moms.

Pada acara-acara tersebut, pasti disajikan buah-buahan yang biasa dimakan sebagai penutup. Apakah kebiasaan itu benar ya, Moms? Berikut kebiasaan salah saat makan buah yang harus dihindari:

1. Makan Sambil Berdiri

Setelah Mommy mengambil makan saat acara tertentu, usahakan untuk mencari tempat duduk. Sehingga, Mommy bisa makan dengan nyaman. Jangan biasakan makan sambil berdiri dengan teman-teman dan mengobrol. Makan sambil berdiri juga akan menghalangi orang-orang yang sedang berjalan.

2. Buah-buahan Dimakan sebagai Makanan Penutup (Dimakan setelah Makan Nasi)

makan-buah

Kita pasti sering menjumpai di berbagai acara bahwa buah sering dimakan setelah makan nasi. Ini adalah hal yang sering terjadi dan sudah menjadi kebiasaan. Faktanya adalah setelah dimakan buah akan masuk ke perut, tinggal di perut sekitar kurang lebih 20 menit, kemudian bergerak ke usus dan dicerna oleh enzim yang terkandung dalam buah itu sendiri. Jika kita sudah makan nasi terlebih dahulu, buah tidak bisa bergerak ke usus karena berada di atas makanan dan akhirnya membusuk. Hal ini akan berdampak pada timbulnya penyakit asam lambung, sembelit, dan gangguan pencernaan.

Buah baik dikonsumsi saat perut kosong, misalnya di pagi hari. Atau, Anda bisa makan buah di awal, kemudian istirahat kurang lebih 20 menit, baru makan nasi jika Anda terpaksa makan buah saat acara tertentu.

3. Buah-buahan Dimasak

manisan-buah

Sebaiknya buah dimakan dalam kondisi segar. Bukan dimasak seperti dibuat manisan. Karena, kandungan gizi di dalamnya akan hilang. Buah dapat memberikan energi dengan cepat tanpa mengambil energi dari tubuh. Sedangkan makanan lain, dibutuhkan banyak energi untuk mencernanya dan memerlukan waktu yang lebih lama. Saat lapar, Anda dapat makan buah untuk mengganjal perut yang kosong.

4. Buah-buahan Dicampur dengan Susu

es-campur

Kita sering mejumpai buah yang dicampur dengan susu dalam bentuk jus, es campur ataupun es buah. Pada acara-acara tertentu juga sering dihidangkan buah yang dicampur dengan susu seperti es buah atau es campur. Jika dilihat dari segi kesehatan Ini salah ya, Moms. Memang menggiurkan dan membuat tenggororkan kering dan ingin menyantapnya. Apalagi, nuansa warna-warni di dalam kuah dengan campuran es batu. Hm..hm…nikmat.

Saat membuat jus, yang tepat adalah membuatnya tanpa menggunakan pemanis seperti susu atau gula. Karena, rasa manis dari buah asli sangat baik dan menyehatkan. Kalaupun Mommy dan keluarga terpaksa harus minum es campur atau es buah saat diluar dan anak terus merengek menginginkannya, tidak masalah. Asal jangan sering-sering ya, Moms!

Itu tadi kebiasaan salah dalam mengonsumsi buah. Sekarang Mommy jadi tahu bagaimana mengonsumsi buah-buahan yang benar. Biasakanlah melakukan hal-hal yang benar, dan jangan membenarkan kebiasaan yang salah. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan orang-orang di sekitar kita, karena itu merupakan bukti cinta kita untuk mereka. Semoga bermanfaat ya, Moms!