Kebiasaan Makan yang Sehat untuk Tubuh

Posted on

Bagaimana memakan makanan sehat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional?Kita semua mengetahuinya bahwa makan dengan benar akan dapat mempertahankan berat badan dan dapat menghindari dari masalah kesehatan tertentu. Tetapi, diet dapat mempengaruhi suasana hati kita nantinya. Ada sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang yang sedang menjalani diet daging olahan, makanan manis dan makanan kemasan berpotensi mengalami depresi, stress dan juga kecemasan. Diet yang tidak sehat juga dapat menimbulkan kesehatan mental seperti Alzheimer atau resiko bunuh diri pada anak muda.

Makan lebih banyak buah dan sayuran segar, makan makanan yang dimasak di rumah dan mengurangi asupan gula dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan mood dan menurunkan resiko dari masalah kesehatan mental. Jika sudah terdiagnosa menderita kesehatan mental, makanlah dengan baik karena dapat mengembalikan kontrol emosional pada diri anda.

Kebiasaan Makan yang Sehat untuk Tubuh

Tips Makan Sehat 1 : Mengatur Diri Sendiri

Mulailan mengatur diri sendiri, mulailah berpikir tentang diet sehat. Mulailah dengan langkah-langkah seperti menambahkan sedikit salad pada menu diet anda sekali sehari karena melakukan perubahan secara drastis akan terasa sulit. Perubahan kecil yang dilakukan setiap hari nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan.

Tips Makan Sehat 2 : Tidak Berlebihan adalah Kunci

Kebiasaan Makan yang Sehat untuk Tubuh

Kunci sukses diet seseorang adalah sikap tidak berlebihan. Itu artinya kita harus makan makanan sebanyak yang dibutuhkan oleh tubuh kita dan kita harus merasa puas pada saat selesai makan. Makan sebanyak yang dibutuhkan oleh tubuh bukan berarti kita bisa makan sebanyak-banyaknya. Kita semua memerlukan keseimbangan protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral untuk mempertahankan kesehatan tubuh.

Tidak makan berlebihan bukan berarti kita tidak bisa memakan makanan yang kita sukai, hanya saja kita mengurangi jumlah makanan. Misalnya kita bisa seminggu sekali memakan makanan manis pada saat malam hari asalkan itu hanya seminggu sekali bukan setiap hari. Jika anda makan 100 kalori pada cokelat. seimbangkalah dengan mengurangi 100 kalori dari makan malam. Jika masih merasa lapar, makanlah sayur-sayuran ataupun buah.

Baca Juga:  Fakta 10 Jenis Buah yang Berbahaya Terhadap Kesehatan

Tips Makan Sehat 3 : Mengurangi Gula

Mengurangi Gula

Mungkin masalah terbesat dengan diet adalah jumlah gula yang ditambahkan pada makanan. Dapat menimbulkan masalah berat badan, diabetes, dan depresi. Mengurangi jumlah permen dari contoh makanan manis yang biasa anda konsumsi merupakan sedikit solusi bertahap dalam mengurangi gula.

Tips Makan Sehat 4 : Makan Banyak Buah dan Sayuran Berwarna

Buah-buahan dan sayuran yang mengandung rendah kalori dan padat gizi, artinya mereka mengandung banyak vitamin, mineral antioksidan dan juga serat

Cobalah untuk memakan buah dan sayuran berwarna yang mengandung tinggi vitamin, mineral dan antioksidan. Anda juga bisa menambahkan buah berries kedalam sereal dan mulailah terbiasa dengan memakan buah sebagai hidangan penutup.

Tips Makan Sehat 5 : Makan Karbohidrat dan Biji-bijian

Tips Makan Sehat : Makan Karbohidrat dan Biji-bijian

Pilihlan karbohidrat dan serat yang berasal dari biji-bijian yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung koroner, kanker dan juga diabetes.

Tips Makan Sehat 6 : Tambahkan Kalsium Untuk Tulang

Tubuh kita membutuhkan kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang sehat dan menjaga mereka tetap sehat dengan seiringnya pertambahan usia. Tingkat kalsium yang disarankan adalam 1.000mg per hari, dan 1.200mg untuk usia lebih dari 50 tahun.