Kenali Perkembangan Anak pada Enam Minggu Pertama

Posted on

Bayi yang baru lahir akan belajar untuk mengenal bagaimana lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Orang tualah yang berperan dalam memenuhi semua kebutuhan bayinya. Bayi memiliki cara dan teknik tertentu untuk mengungkapkan perasaan dan apa yang diinginkannya.

baby

Pada enam minggu pertama, Mommy akan menemukan banyak hal mengenai perkembangan anak Mommy. Ini adalah saat yang tepat untuk menciptakan sebuah ikatan batin antara Mommy dan bayi Mommy. Karena, di awal usianya menjadi dasar penanaman hubungan antara Mommy dan bayi Mommy.

Oleh karena itu, Mommy harus memberikan perhatian lebih pada bayi Mommy. Interaksi bayi dengan orang lain akan diawali dari interaksi dengan ibunya. Sehingga, penting sekali untuk mengetahui bagaimana perkembangan bayi pada usia enam minggu pertama.

Minggu Pertama

Pada minggu pertama anggota tubuh bayi mulai bergerak menyesuaikan gerakan otot dan syarafnya meskipun gerakannya masih kaku. Gerakannya akan semakin lincah dan luwes. Bayi mulai melakukan aktivitas primer seperti menghisap dan mengulum tangan.

menghisap-jari

Kebiasaan menghisap jari menunjukkan bayi Mommy sehat dan normal karena mempunyai refleks yang baik. Kebiasaan ini akan dilakukan sampai kurang lebih usia 3 bulan. Tidak usah khawatir, Moms. Jangan memaksanya untuk tidak menghisap jari. Kebiasaan ini akan berhenti dengan sendirinya.

Seringkali orang tua memberinya sarung tangan atau empeng agar bayi tidak menghisap jari. Namun, ini adalah hal yang salah. Sarung tangan yang dihisap akan basah dan lembab sehingga menjadi sarang kuman dan kotoran. Sesekali lepaskanlah sarung tangannya.

Minggu Kedua

Pada minggu kedua bayi mulai memberikan reaksi dan respon seperti menyusu, diam, memegang, dan berkedip. Terkadang, bayi Mommy akan memandang tajam Mommy dengan waktu yang cukup lama. Manfaatkan ini untuk memberikan respon pada bayi Mommy.

Yaitu, dengan memandangnya dan memberikan senyuman atau memberikan isyarat anggukan kepala atau kata-kata. Hal ini untuk memancing bayi Mommy agar menunjukkan reaksinya.

Minggu Ketiga

Pada minggu ketiga bayi Mommy mulai bisa mengangkat kepalanya sedikit saat tidur dalam keadaan tengkurap. Bayi Mommy juga mulai memutar kepalanya dari satu sisi ke sisi yang lain. Gerakannya mulai luwes dan tidak kaku lagi. Ia mulai menguasai gerakan otot dan syarafnya dengan baik.

Minggu Keempat

minggu-ketiga

Pada minggu keempat bayi mampu mengangkat kepalanya saat posisi tengkurap. Matanya mulai bergerak mengikuti gerakan yang kita arahkan padanya. Bayi Mommy juga mulai mengoceh untuk mengungkapkan perasaannya.

Manfaatkanlah pertumbuhan bayi pada minggu keempat ini untuk berbicara dan berceloteh dengannya. Komunikasilah secara face to face dan lakukan interaksi ini sesering mungkin. Bayi Mommy pun akan mulai mengenali suara Mommy.

Minggu Kelima

Terkadang orang tua bingung ketika melihat bayinya tersenyum padahal tidak ada apa-apa. Saat masih bayi ia belum bisa melihat dengan jelas dan hanya bayangan saja. Tersenyum merupakan reaksi bayi menggerakkan otot-otot wajahnya dan ini hal yang wajar.

Pada minggu kelima bayi tersenyum karena mulai bisa mengekspresikan kegembiraannya. Kemampuannya untuk tersenyum bisa dirangsang oleh orang tua dengan pelukan, bermain dan menggodanya. Ia mampu memusatkan mata pada suatu objek, menyukai warna-warna, pola-pola dan bentuk-bentuk benda.

Minggu Keenam

Pada minggu keenam bayi lebih peka dengan berbagai  hal di sekitarnya. Sebagian besar pada usia ini bisa mengenali orang tuanya. Dia dapat mengoceh dan menggerakkan tangan dan kaki dengan luwes. Ia akan memberikan reaksi diam, mengeluarkan suara, dan mengeraskan atau mengecilkan suaranya.

interaksi-ibu-dengan-bayi

Mommy bisa megajaknya berkomunikasi dengan memanggil namanya dan mendendangkan lagu untuk menarik perhatiannya. Ia akan memberikan respon dengan berceloteh atau menggerakkan tangannya. Manfaatkanlah untuk berinteraksi dengan bayi Mommy agar ia semakin dekat dengan Mommy.

Demikian tadi perkembangan anak pada usia enam minggu pertama. Mengenali perkembangan anak akan membimbing Mommy dalam memberikan perhatian padanya. Hal ini akan cepat membantu perkembangan bayi Mommy dan menciptakan ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak.

Semoga Bermanfaat, Moms!