Ketahui 9 Fakta Manis Gula

Posted on

Gula adalah salah satu bumbu yang paling banyak ditemui di dunia dan menjadi pangan penting diseluruh dunia. Meskipun banyak diantara kita yang mengurangi untuk konsumsi gula, namun tidak dapat disangkal bahwa gula merupakan hal yang penting di zaman modern seperti sekarang ini.

1. Gula Pernah Dianggap sebagai Bumbu, bukan Pemanis

sugar-2

Ketika gula pertama kali diperkenalkan di Inggris pada abad ke 12, gula dikelompokkan kedalam golongan rempah-rempah tropis seperti layaknya jahe,kayu manis dan juga kunyit. Bahkan pada zaman itu, gula digunakan  oleh orang kaya untuk memasak masakan gurih.

2. Gula Digunakan Sebagai Obat

sugar-3

Penggunaan gula sebagai obat diperkirakan terjadi pada abad ke 9 di Irak, dmana pada saat itu gula dikombinasikan dengan buah-buahan dan rempah untuk dibuat obat berbentuk cairan atau sirup, bubuk dan juga cairan infus.Bahkan salah satu dokter di Inggris pada abad ke 18 menyarankan untuk meniup bubuk gula ke arah mata untuk menyembuhkan sakit mata dan iritasi mata

3. Di Eropa, Gula adalah Barang Mewah

Mulanya, gula itu sangat langka dan mahal sehingga menyebabkan hanya orang-orang kayalah yang bisa membelinya pada saat itu. Itupun hanya dalam jumlah yang kecil.

4. Memakan Gula Bisa Membuat Keriput

wrinkles

Pernyataan ini adalah sebuah pengetahuan umum yang menyatakan bahwa memakan gula terlalu banyak dapat menyebabkan melonjaknya berat badan seseorang, tetapi hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa hal itu juga dapat memperngaruhi elastisitas dari kulit kamu. Nyatanya, gula berlebihan menyebabkan glycation-proses yang dimana gula dalam aliran darah kamu akan mengikat protein, membentuk molekul-molekul yang akan membuat kolagen di kulit kamu menjadi lebih rapuh dan yang pada akhirnya akan menyebabkan munculnya keriput

5. Gula Dapat Digunakan Sebagai Bahan Pengawet Makanan

Gula sudah digunakan sebagai bahan pengawet makanan selama ratusan tahun dan para ilmuwan baru memahami mengapa hal itu bisa terjadi. Itu karena konsentrasi gula yang tinggi akan menyebabkan bakteri kehilangan air melalui proses osmosis yang akan membuat bakteri tersebut tidak dapat berkembang atau membelah.

6. Hewan Anjing Memiliki Gigi Manis tetapi Kucing Tidak

Ilmuwan masih mempelajari mengapa beberapa hewan memiliki perbedaan untuk makanan manis dan yang lainnya tidak. Mereka menemukan bahwa anjing bisa menikmati makanan dengan rasa manis sementara kucing tidak. Hipotesis mereka mengatakan bahwa sensor rasa manis tidak diperlukan untuk hewan karnivora serta untuk hewan yang cenderung tidak mengunyah makanan mereka seperti lumba-lumba dan singa laut.

7. Gula Dapat Digunakan Sebagai Bahan Bakar

Gula adalah bahan utama dari “permen-roket” dan para ilmuwan masih bekerja untuk membuat bahan bakar mobil dari gula

8. Gula Dapat Menyebabkan Kecanduan

Berhenti mengkonsumsi gula secara tiba-tiba dapat menyebabkan nyeri, mual dan gejala flu.

9. Gula Ditampilkan Dalam Lagu ataupun Puisi Selama Ratusan Tahun

 

sugar-song

Pada tahun 1436, Adam de Moleyn secara khusus membuat puisi dengan tema gula. Dan yang paling terkenal adalah lagu dari The Archies yang berjudul “Sugar Sugar” dan juga Rolling Stones yang berjudul “Brown Sugar” dan yang paling dikenal sekarang adalah lagu dari Maroon 5 “sugar”

Itu dia beberapa fakta si manis yang bernama Gula.