Makanan Enak yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Posted on

Mengkomsumsi makanan dengan kalori yang lebih rendah dapat menurunkan berat badan. Ada beberapa makanan yang dapat membantu pembakaran lemak, makanan ini disebut termogenik. Makanan termogenik dapat membantu membakar kalori lebih banyak.

Seperti apa makanan yang bersifat termogenik itu? Makanan pembakar lemak punya tiga karakteristik, yaitu : yang mengandung protein, lemak dan tinggi serat.  Penulis buku Weight Loss : The Alternative Medicine Guide, Ellen Kahmi menjelaskan bahwa “Makanan-makanan itu menambah pembakaran lemak karena dibutuhkan energi besar untuk memprosesnya saat dicerna” ujarnya.

Kamu pasti membayangkan makanan pembakar lemak pasti mempunyai rasa yang hambar atau pahit, dan hanya sayuran atau buah yang membuat kamu bosan mengkonsumsinya. Siapa bilang? Kita akan membocorkan, inilah 6 makanan enak ini paling efektif menurunkan berat badan, simak yuk!

Makanan Enak yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Daging Tanpa Lemak

Mengkonsumsi daging saat diet pasti membuat kamu takut berat badan akan naik secara drastis, tidak akan terjadi jika kamu mengkonsumsi daging tanpa lemak, karena membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama. Daging kaya akan protein sehingga dibutuhkan banyak energy untuk memprosesnya. Jika tubuh perlu memecah protein yang dikandung dalam daging, berarti dibutuhkan lebih banyak kalori untuk membakarnya.

Teh Hijau

Menurunkan Berat Badan Teh Hijau

Bahwa minum empat cangkir teh hijau setiap hari akan membuat berat badan berkurang hingga 6 kilogram dalam waktu 8 minggu, dilansir dari The American Journal of Clinical Nutrition. Yang membuat teh hijau sangat efektif adalah kandungan EGCG, antioksidan pembakar lemak.

Minum teh hijau secara rutin, pada pagi dan malam hari sebelum tidur, jangan ditambah gula dan minum dalam keadaan hangat. Teh hijau akan bekerja menyerap lemak dan membuangnya pada pagi hari saat buang air. Selain itu manfaat plusnya badan akan terasa sehat dan bugar.

Baca Juga:  9 Gaya Hidup Orang Jepang Membuat Sehat dan Panjang Umur

Alpukat

Takut mengkonsumsi alpukat karena lemak dan kalorinya tinggi dan membuat berat badan naik? Itu mitos, girls! Faktanya, alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tinggi akan serat maka proses pencernaan akan mudah dapat membakar lemak lebih banyak.

Makan alpukat dengan tambahan susu dan gula akan merubah kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat menjadi lemak jenuh. Nah, tambahan itulah yang membuat berat badan naik. Makan alpukat lebih baik jika hanya di kerok menggunakan sendok atau tidak di blender, tambahkan madu sebagai pemanis, bila tidak suka bisa dengan gula tapi jangan terlalu banyak

Almond Mentah

Menurunkan Berat Badan Almond Mentah
Sumber foto: authoritynutrition.com

Kacang-kacangan merupakan protein baik yang dibutuhkan tubuh. Ganti kacang yang biasa kamu makan dengan kacang almond, karena kacang almond mengandung lebih banyak protein, lemak baik dan serat. Mengkonsumsi segenggam kacang almond setiap harinya memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu membakar lemak tiga kali lebih cepat.

Cabai Merah

Cabai merah dan cabai rawit dikenal sebagai perasa pedas pada masakan, sudah banyak yang tahu bahwa vitamin C yang terkandung pada cabai baik untuk tubuh. Selain rasanya yang pedas, cabai dapat meningkatkan kemampuan membakar lemak di dalam tubuh karena senyawa kimia dalam cabai dapat meningkatkan metabolisme.

Kopi

Siapa sih yang tidak suka kopi? Minuman hitam satu ini sangat banyak digemari pada pagi hari ataupun saat sedang santai. Fyi, kafein yang terkandung dalam kopi mampu membuat metabolism bekerja lebih cepat. Hal ini disebabkan karena kafein dapat melakukan proses pemecahan lemak atau liposis. Minum satu atau dua cangkir kopi tanpa gula setiap hari, bila tidak suka tambahkan sedikit gula sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Baca Juga:  Cara Menaikkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Untuk menurunkan berat badan tidak ada yang praktis dan ajaib, semua butuh usaha dan proses. Sebenarnya jika kita bersungguh-sungguh maka akan mudah menurunkan berat badan. Selain makanan enak yang efektif tersebut, pola hidup yang sehat dan berolahraga lah menjadi penentu kamu akan berhasil menurunkan berat badan atau tidak.