Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 1 Bulan

Posted on

Makanan untuk ibu hamil 1 bulan yang baik haruslah selalu diperhatikan. Sebenarnya banyak sekali makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil, akan tetapi tidak semua makanan boleh dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Semua makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil akan berpengaruh terhadap bayi, jadi ibu hamil hendaklah mengatur pola makannya dengan baik dan benar. Mengkonsumsi makanan sehat bagi ibu hamil bisa dikombinasikan dengan asupan nutrisi atau vitamin yang direkomendasikan dokter atau bidan.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 1 Bulan

Bagi anda yang masih bingung menentukan makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan, berikut beberapa diantaranya:

Olahan dari Kacang Kedelai

Salah satu makanan untuk ibu hamil 1 bulan yang sehat adalah berbagai jenis olahan kacang. Makanan dari kacang bisa digunakan sebagai sumber protein yang cukup tinggi, dan protein merupakan nutrisi penting bagi kehamilan. Contoh makanan hasil dari olahan kacang kedelai adalah tempe dan tahu. Di dalam kedua makanan tersebut terkandung 10 gram protein, dalam porsi ½ cangkir. Makanan tersebut bisa diolah dan dikreasikan sesuai dengan selera anda.

Walnut

Pada umumnya, ibu hamil akan lebih memilih ikan salmon untuk memenuhi kebutuhan omega 3 bagi bayinya. Namun bagi anda yang kesulitan menemukan ikan salmon, atau bosan mengkonsumsinya, maka anda bisa menggantinya dengan walnut. Walnut adalah makanan untuk ibu hamil 1 bulan yang kaya akan omega 3 nabati. Khasiatnya tidak kalah bagus dari omega 3 yang terkandung di dalam ikan salmon maupun telur ayam kampung. Anda bisa mencampurkan walnut dengan salad saat mengkonsumsinya.

Oatmeal

Oatmeal Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 1 Bulan

Banyak sekali dokter kandungan atau bidan yang menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi sereal pada sarapan pagi. Namun bagi anda yang bosan mengkonsumsi sereal, anda bisa menggantinya dengan oatmeal. Makanan untuk ibu hamil 1 bulan yang satu ini merupakan sumber energi yang baik. Nutrisi serta mineral yang terkandung di dalamnya yaitu, karbohidrat kompleks. Sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama.

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak merupakan makanan untuk ibu hamil 1 bulan yang bisa menjadi sumber protein dan nutrisi yang lainnya. daging merah juga menjadi salam satu sumber zat besi yang sangat baik untuk ibu hamil, ini karena di dalamnya terkandung Zinc dalam jumlah yang lebih banyak.

Ubi Ungu, Ubi Jalar dan Lainnya

Kandungan karoteoid yang terkandung di dalam ubi jalar sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin. Karotenoid merupakan pigmen pada tanaman yang akan berubah menjadi mineral vitamin A ketikan masuk ke dalam tubuh. Mengkonsumsi vitamin A dalam jumlah yang terlalu banyak bisa membahayakan janin, akan tetapi karotenoid yang ada pada ubi jalar sangat aman dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan kehamilan anda.

Semoga informasi makanan untuk ibu hamil 1 bulan di atas bisa bermanfaat.