Mandul Gara-Gara Kucing?

Posted on

Apakah Mommy mempunyai hewan peliharaan seperti kucing di rumah? Atau mungkin tetangga Mommy yang memelihara kucing yang sering berkeliaran sampai ke rumah Mommy? Kita sering mendengar dikalangan masyarakat bahwa memelihara kucing bisa menyebabkan wanita mengalami kemandulan.

kucingKucing memang hewan lucu dan menggemaskan. Tak jarang kita melihat seseorang begitu akrab dengan kucing peliharaannya. Ia sering menggendongnya, mengajaknya bermain, bahkan kucing tersebut kerap kali ikut tidur bersama di tempat tidur. Kucing juga sering berkeliaran di dalam rumah.

Lalu, apakah benar gara-gara kucing bisa menyebabkan kemandulan? Seseorang pernah dinyatakan menderita toksoplasmosis dalam suatu pemeriksaan di laboratorium. Apakah ini berhubungan dengan hewan kucing yang kita pelihara di rumah?

Toksoplasmosis

toxoplasmosis

Toksoplasmosis adalah suatu penyakit yang terjadi akibat terinfeksi oleh parasit yang bernama Toksoplasma gondii. Parasit ini ditularkan oleh kucing. Karena, ia berkembang biak di dalam usus kucing, kemudian telur-telurnya keluar bersama dengan kotoran kucing. Bayangkan, seekor kucing bisa mengeluarkan berjuta-juta telur toksoplasma dalam sehari selama kurung waktu 2 minggu.

Jika daya tahan tubuh seseorang cukup baik, kemungkinan parasit ini tidak akan berkembang. Namun, akan cepat berkembang di dalam tubuh bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Selain itu, parasit ini bisa masuk ke dalam tubuh binatang seperti sapi. Jika parasit ini terselip pada serat daging dan kita memakannya maka, akan menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Berikut gejala-gejala yang ditimbulkan:

  • Mirip dengan sakit flu dan berlangsung lama
  • Badan terasa tidak enak
  • Pegal-pegal
  • Kurang nafsu makan
  • Mudah lelah

Mengapa Kucing dapat Menyebabkan Kemandulan?

sterility

Parasit pada kucing yang bernama Toksoplasma gondii ini sangat berbahaya karena dapat menghancurkan sel berinti, termasuk sel yang seharusnya dibuahi oleh benih laki-laki. Jadi, lebih tepatnya adalah dapat mengganggu kesuburan. Jika seorang wanita terjangkit toksoplasmosis dalam kurun waktu reproduksi, bisa saja ia tidak mendapatkan keturunan. Sehingga, sering disangka mandul.

Pembuahan bisa saja terjadi. Namun, janin pada kehamilan trimester pertama belum mampu bertahan dari serangan infeksi. Jika terjadi pada trimester terakhir, dampak yang ditimbulkan akan tampak setelah bayi lahir. Setelah usia empat bulan kepala bayi menjadi besar meskipun saat dilahirkan tubuhnya sempurna.

Tips Pencegahan Penularan Toksoplasma Gondii

Ada beberapa langkah yang bisa Mommy dan keluarga lakukan untuk mencegah penularan parasit Toksoplasma gondii antara lain:

  1. Jangan biarkan kucing berkeliaran atau berlama-lama di dalam rumah

Meskipun kita tidak memeliharanya namun, kucing tetangga sering berkeliaran di sekitar kita. Selain itu, jangan terlalu sering berinteraksi dengan kucing seperti menggendongnya.

  1. Awasi anak-anak saat bermain dengan media tanah.

anak-bermain-tanah

Tanah yang lembab bisa menjadi media perkembangan telur parasit hingga berbulan-bulan. Kucing sering membuang kotoran di sekitar rumah. Sehingga, binatang piaraan seperti kambing dan sapi bisa terjangkit virus ini. Anak yang bermain di tanah bisa terinfeksi jika tanah tersebut tercemar oleh kotoran kucing. Awasilah anak-anak Mommy saat bermain di luar rumah.

  1. Mencuci Tangan

Cucilah tangan dengan sabun hingga bersih setelah Mommy atau suami berkebun, sebelum, dan sesudah makan. Pastikan anak-anak juga melakukan hal ini setelah ia bermain di tanah.

  1. Mencuci Daging

Sebelum Mommy memasak daging, cucilah terlebih dahulu dengan air mengalir dan pastikan daging tersebut benar-benar bersih. Setelah itu, cuci tangan dengan sabun hingga bersih.

Menjaga kebersihan lingkungan dan kebiasaan hidup sehat itu sangat penting, Moms. Apalagi jika Mommy memiliki hewan peliharaan seperti kucing yang bisa menularkan parasit yang berbahaya bagi kesuburan. Tidak hanya penting bagi Mommy saja tapi juga sangat penting bagi keluarga. Semoga bermanfaat ya, Moms!