Manfaat Permainan Edukatif Bagi Si Kecil

Posted on

Bermain adalah salah satu bagian dari dunia anak-anak. Lewat bermain, anak-anak bisa terhibur dan merasa senang. Namun bukan hanya itu saja, ternyata dengan bermain anak-anak bisa saja sambil belajar loh Moms. Permainan itu sendiri di masa kini sudah sangat bervariasi. Mommy pasti tahu kan kalau sekarang banyak sekali jenis permainan. Mulai dari yang sederhana hingga rumit. Entah permainan via elektronik maupun permainan tradisional biasanya. Nah dari berbagai ragam permainan, ada salah satu jenis yang sangat banyak mendatangkan manfaat yaitu jenis mainan edukatif.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan mainan edukatif? Disebut mainan edukatif karena dapat merangsang daya pikir anak.  Mommy mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk diintip ulasannya dibawah ini.

Cute cheerful children playing with toys. The focus is on the blonde boy. [url=http://www.istockphoto.com/search/lightbox/9786682][img]http://dl.dropbox.com/u/40117171/children5.jpg[/img][/url] [url=http://www.istockphoto.com/search/lightbox/9786738][img]http://dl.dropbox.com/u/40117171/group.jpg[/img][/url]

  1. Melatih Kemampuan Motorik

    a

Stimulasi untuk motorik halus diperoleh saat anak menyentuh mainannya, meraba, memegang dengan kelima jarinya, dan sebagainya. Sedangkan untuk motorik kasarnya bisa didapatkan ketika si kecil melempar, menggerakkan mainannya, mengangkatnya, dan lain sebagainya. Dengan adanya beberapa gerakan ini, kemampuan saraf motorik si kecil akan bekerja dengan baik.

  1. Merangsang Kreativitas

    shutterstock_69066298-e1361509224810

Ketika anak mommy sibuk bermain, dia juga akan sibuk dengan pikirannya. Hingga tanpa dia sadari, dia akan terfokus pada mainan yang sedang dia pegang. Dan disinilah konsentrasi juga kreativitas si kecil dilatih.

  1. Melatih Bahasa dan Wawasan

    Cara-Asyik-Belajar-Abjad

Kenapa mainan bisa menambah wawasan? Jadi seperti ini Moms, ketika si kecil bermain pikirannya akan meluas kemana-mana. Akan banyak timbul pertanyaan di dalam kepalanya. Kenapa bisa seperti ini? Bagaimana caranya? Harus diapakan?. Maka dari itu, permainan edukatif sangat baik bila dibarengi dengan penuturan cerita. Ada baiknya Mommy berada disamping mereka ketika mereka bermain. Jadi ketika pikiran mereka penuh dengan pertanyaan, penjelasan dari Mommy bisa menjadi jawaban untuk mereka. Selain itu fungsi hadirnya Mommy akan menambah rasa aman dan semangat si kecil saat dia sedang bermain.

  1. Mengenalkan Warna dan Bentuk

    b3ad3bcd4b428da

Selain beberapa point di atas, saat bermain si kecil akan mengenal variasi dari bentuk dan warna. Dia akan tahu benda yang berbentuk kotak, segitiga, bulat maupun bentuk lainnya. Si kecil juga akan tahu yang mana warna merah, mana warna biru, hijau, ungu, putih dan warna lainnya.

  1. Melatih Ketelitian dan Ketekunan

Dengan permainan edukatif yang mereka lakukan, si kecil tidak hanya menikmati tapi juga dituntut untuk teliti dan tekun ketika mengerjakannya. Selain itu, rasa tanggung jawab juga akan muncul dengan sendirinya saat dia menginginkan permainan yang sedang dia kerjakan itu harus selesai dengan baik.

36pcs-set-Unisex-Mini-Puzzle-Age-1-6-Kid-Educational-font-b-Toy-b-font-font

Banyak sekali jenis mainan edukatif yang bisa diberikan kepada si kecil. Tapi Mommy juga harus tetap memahami jenis mainan apa saja yang aman untuk buah hati mommy. Jangan sampai lengahnya pengawasan dan minimnya pemahaman yang Mommy miliki akan membawa dampak buruk bagi si kecil.

 

Baca Juga:  Penyakit 'Musiman' Si Kecil