Mau Mengajukan KTA? Perhatikan Hal Ini Lebih Dulu

Posted on

Moms, ada yang tau apa itu KTA? KTA atau kredit tanpa agunan merupakan produk pinjaman yang yang dapat memberikan fasilitas secara kredit tanpa membebankan nasabahnya. Biasanya KTA ini hanya memberikan pinjaman uang tunai tanpa adanya jaminan.

Berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh KTA, membuat produk pinjaman ini menjadi pilihan banyak keluarga loh moms. Karena KTA ini dapat memerikan dana secara cepat jika anda membutuhkannya.

Mau Mengajukan KTA? Perhatikan Hal Ini Lebih Dulu

Apakah KTA Merupakan Cara Sekaligus Solusi Terbaik?

KTA memang dapat memberikan pinjaman dana dengan cepat kepada nasabah. Namun, KTA belum tentu menjadi cara terbaik yang dapat dilakukan, karena KTA ini sifatnya terbatas.

Sebagai contoh KTA hanya dapat meminjamkan uang tunai tidak lebih dari 300 juta dan pinjaman dana tersebut juga dilihat dari profesi dan juga penghasilan yang dimiliki oleh nasabah. Selain itu suku bunga yang dimiliki oleh KTA juga relatif lebih tinggi dan bisa mencapai hingga 2,5%.

Jika moms memiliki kebutuhan yang mendesak yang sifatnya bukan konsumtif, seperti halnya membayar uang pangkal sekolah atau moms harus menempatkan deposit rawat inap rumah sakit sebaiknya moms jangan menggunakan KTA. Lebih baik moms melakukan gadai deposito atau gadai emas yang memiliki suku bunga lebih rendah jika dibandingkan dengan menggunakan KTA.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan KTA?

Mengajukan KTA itu tidak sembarangan loh moms. Tetapi terdapat prosedur-prosedur yang harus diperhatikan sebelum mengajukan KTA kepada pihak bank. Apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan KTA? Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh moms sebelum mengajukan KTA.

Lihat KTA Sesuai Kebutuhan

Hal yang harus diperhatikan oleh moms sebelum mengajukan KTA adalah lihatlah terlebih dahulu kepada diri sendiri, apakah saya membutuhkan pinjaman dana atau tidak.

Gunakanlah KTA dari segi manfaatnya, misalnya saja saat moms harus membayar uang pangkal tetapi moms belum mempersiapkannya, maka KTA ini akan memiliki manfaat. Lain halnya jika moms menggunakan KTA hanya untuk kesenangan semata, seperti liburan, sebaiknya jangan dilakukan.

Memahami Cara Penghitungan Bunga

Biasanya, KPR memiliki perhitungan dengan cara efektif bulanan dan pinjaman dana tunai dengan menggunakan flat. Bunga pinjaman 1% perbulan pada flat setara dengan 20% per tahun, bukan sebesar 12% seperti kebanyakan orang yang salah menghitungnya. Oleh karena itu perhatikanlah perhitungan bunga secara baik-baik.

Memahami Fitur KTA dari Suatu Bank

Jika moms memang ingin menggunakan KTA sebaiknya moms memilih fitur KTA yang dirasa paling fleksibel. Tidak semua pinjaman dana tunai memiliki struktur yang sama pada setiap bank. Maka dari itu pilihlah KTA dari bank tertentu yang menurut moms cocok dengan kebutuhan moms.

Bagi para moms yang saat ini sudah memiliki KTA, sebaiknya gunakanlah KTA dengan cara yang bijak. Moms bisa menyisihkan 10% dari penghasilan ke rekening dana darurat. Dengan cara yang bijak itulah moms sudah dapat berinvestasi dengan baik.