Menu Sarapan Bakwan Jagung Manis

Posted on

Mommy pasti tidak asing dengan jagung, kan? Jagung adalah makanan berenergi tinggi yang sehat dan lezat. Mommy bisa membelinya dalam keadaan segar atau masih terbungkus dalam daun. Jagung bisa dimasak dengan direbus, dibuat menjadi popcorn, dan dibuat bakwan. Kenali jagung segar yang terbaik ya, Moms. Yaitu, memiliki ciri butiran-butirannya montok dan dipenuhi sari manis yang mirip susu.

jagung-manis-1

Jagung manis merupakan salah satu jenis jagung. Tanaman ini tumbuh di tempat yang panas. Tahukah Moms kalau jumlah baris pada sebuah jagung jumlahnya pasti selalu genap? Mommy bisa mencoba menghitung untuk membuktikannya. Bakwan jagung manis adalah makanan yang sangat populer dan cocok untuk disajikan saat sarapan.

Mommy bisa simak resep membuat bakwan jagung manis dan mempraktekkannya di rumah. Mommy bisa membuatnya dengan buah hati tercinta. Memasak bersama anak bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kreativitasnya, Moms.

Bahan-bahan yang Mommy Butuhkan:

  • 30 gram tepung
  • 1 sendok teh baking powder
  • Sedikit garam
  • 1 butir telur ayam atau telur bebek
  • 1 sendok makan susu segar
  • 3 buah jagung manis atau 200 gram jagung manis kalengan
  • 2 lembar daun bawang (dipotong-potong)
  • Minyak untuk menggoreng
  • Tomat dan kemangi untuk menghias
  • Daun jeruk

Cara Membuat:

bakwan

  1. Mula-mula ayaklah tepung agar dihasilkan tepung yang halus. Masukkan baking powder, dan sedikit garam ke dalam mangkuk.
  2. Pisahkan putih telur dan kuning telur dengan cara menuangkan kuning telur secara bergantian dari pecahan kulit telur yang satu ke yang lainnya, lalu tempatkan pada mangkuk yang terpisah. Mommy juga bisa menggunakan telur bebek untuk menghasilkan adonan yang mengembang dan gurih.
  3. Tambahkan susu pada kuning telur lalu kocok. Tuangkan kocokan kuning telur ke dalam tepung dan aduk adonannya.
  4. Kocok putih telur hingga membentuk busa dan bagian atasnya sedikit kaku. Hati-hatilah dalam mengocokknya. Karena, terlalu lama saat mengocok bisa menjadikannya lembek dan rata.
  5. Gunakanlah spatula untuk mencampur putih telur dan campuran adonan tepung. Aduklah perlahan mulai dari pinggir mangkuk lalu ke bagian tengahnya.
  6. Selanjutnya, masukkan jagung manis dan potongan daun bawang ke dalam adonan. Aduk semua dan lakukan dengan perlahan. Jika Mommy menggunakan telur bebek tambahkanlah irisan daun jeruk untuk menghilangkan bau amisnya.
  7. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak untuk menggoreng. Masukkan adonan kira-kira 1 sendok dan goreng selama 1-2 menit hingga warnanya berubah menjadi keemasan.
  8. Bakwan jagung manis siap disajikan. Tambahkan tomat dan kemangi sebagai hiasan.

Itu tadi resep untuk membuat bakwan jagung manis yang bisa dijadikan sebagai menu sarapan keluarga. Selain itu, Mommy juga bisa membuatnya di waktu senggang bersama anak Mommy. Semoga bermanfaat ya, Moms!