Nutrisi Bagi Ibu Pasca Melahirkan

Posted on

Seperti yang Mommy ketahui, pasca melahirkan memang akan membawa perubahan. Setelah melahirkan, wajah Mommy akan sedikit pucat dan tak jarang pula badan pun akan lemas. Itu semua dikarenakan ketika melahirkan, Mommy mengeluarkan banyak darah. Oleh karena itu, untuk memulihkan tubuh agar kembali bugar dibutuhkan nutrisi yang cukup.

Tapi sayangnya banyak mamah muda yang masih belum mengetahui makanan apa saja sih yang baik untuk dikonsumsi pasca melahirkan. Memang benar, diperlukan konsentrasi sendiri untuk memilih makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan. Oleh karena itu disini akan dijelaskan beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi Mommy setelah melahirkan supaya Mommy tidak bingung lagi.

nutrisi bagi ibu pasca melahirkan

Makanan Sumber Zinc

Mommy memang membutuhkan makanan yang  memiliki kandungan zinc yang banyak. Kenapa? Karena makanan tersebut kaya akan zat-zat  yang berguna untuk memperkuat kerangka protein dan kolagen di kulit.  Pasti Mommy mau kan kulitnya tetap kencang dan bagus setelah melahirkan?

zinc

Makanan yang mengandung zinc ada banyak macamnya nih Mom. Salah satunya kacang-kacangan. Misalnya kacang hijau. Kacangnya boleh saja cukup Mommy masak sebagai bubur kacang hijau ataupun sekedar direbus saja.

Selain kacang-kacangan, ada juga jenis makanan lain loh Mom. Misalnya sayurah hijau, daging merah, hati dan ikan teri.

Makanan Sumber Karbohidrat

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan jenis makanan yang cukup penting untuk Mommy makan. Sebab karbohidrat itu memang sangat dibutuhkan untuk mengganti tenaga yang hilang saat Mommy melahirkan. Makanan yang kaya akan karbohidrat juga adalah makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Misalnya umbi-umbian, seperti singkong dan ubi.

Lalu sumber karbohidrat yang paling umum sih pasti Mommy tahu dan sudah kenal, yaitu beras. Beras merupakan makanan pokok yang hampir setiap hari kita makan. Untuk jenis beras yang disarankan yaitu beras merah. Selain beras merah, ada lagi nih Mom sumber makanan lainnya. Yaitu, gandum.

Makanan Sumber Protein

Selain karbohidrat dan zinc, Mommy juga membutuhkan makanan yang kaya akan protein. Protein yang dikonsumsi juga kalau bisa seimbang ya Mom. Jadi makanan yang dimakan adalah kombinasi antara protein nabati dan protein hewani.

Untuk protein nabati, Mommy bisa pilih tahu, tempe, tauco. Sedangkan daging sapi dan daging ayam bisa menjadi pilihan untuk protein hewaninya. Bahan makanan ini mudah didapatkan kok. Jadi Mommy tidak perlu repot untuk mencarinya.

Makanan Sumber Asam Folat

sayur

Asam folat baik manfaatnya untuk tubuh. Selain untuk ibu hamil , asam folat juga bagus bagi ibu yang baru saja melahirkan. Asam folat itu sendiri adalah salah satu bentuk sintesis vitamin B9 yang sifatnya larut di dalam air, Mom.

Lalu makanan apa saja sih yang mengandung asam folat tinggi? Nah, jawabannya banyak Mom. Banyak sekali jenis makanan yang mengandung sumber asam folat. Misalnya seperti asparagus dan kacang merah. Kemudian alpukat, wortel, jagung, kembang kol, labu, sereal, okra dan tomat juga masih termasuk di dalamnya.

Itulah beberapa sumber makanan yang bisa menjadi pilihan Mommy setelah melahirkan. Jadi, jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan makanan bergizinya ya Mom. Selamat mencoba.