Nutrisi dan Larangan Untuk Wanita Hamil

Posted on

Dalam sembilan bulan kedepan, apa yang anda makan, apa yang anda minum haruslah diperhatikan dan di jaga karena akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak yang sedang dikandung.

Sekarang ini, banyak penelitian yang menemukan bahwa kondisi di dalam rahim memiliki potensi untuk mempengaruhi kondisi kesehatan anak anda nantinya. Misalnya, satu studi menemukan bahwa perempuan hamil yang suka minum alkohol selama masa kehamilan dapat meningkatkan resiko anak mereka akan kecanduan alkohol di kemudian hari. Studi lain juga menunjukkan bahwa gizi yang tidak seimbang jika di konsumsi oleh sang ibu selama kehamilan nantinya akan memiliki resiko kelebihan berat badan, diabetes dan penyakit jantung di kemudian harinya.

Nutrisi dan Larangan Untuk Wanita Hamil

Bagi banyak wanita, kehamilan pertama adalah ketika berat badan mereka naik secara drastis. Anda tidak perlu mengkonsumsi lebih banyak asupan kalori dari biasanya pada trimester pertama. Setelah 12 minggu pertama, anda dapat mengkonsumsi 300 kalori ekstra per harinya.

Berikut adalah rekomendasi dari para ahli kesehatan:

  • Jika kamu memiliki berat badan normal ketika hamil, anda harus menambah antara 25 dan 35 pon atau tidak lebih sampai 10 ons dalam 20 minggu pertama dan sekitar 1 ons per minggu selama sisa kehamilan anda.
  • Jika kamu kelebihan berat badan ketika hamil, andah hanya bisa menambahkan antara 15 dan 25 pon
  • Jika kamu mengalami obesitas, anda harus menambahkan 11 sampai 20 pon
  • Jika kamu kekurangan berat badan, anda harus menambahkan 28 sampai 40 pon

Jika kamu kelebihan berat badan, cobalah untuk menurunkan berat badan anda sebelum hamil. Wanita yang kelebihan berat badan beresiko untuk memiliki tekanan darah tinggu dan keguguran dan komplikasi saat persalinan.

wanita-hamil-2

Pertama, lakukanlah diet dengan memakan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan protein tanpa lemak. Kurangilah makanan olahan sebisa mungkin. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk wanita hamil :

  • Jangan memakan seafood dan daging mentah atau kurang matang
  • Makanlah 8 sampai 12 ons makanan laut per minggunya. Anda bisa memilih dari berbagai macam ikan dan makanan laut lainnya. Hindari ikan hiu, mackerel dan untuk 6 ons per minggu. Ikan ini mungkin mengandung kadar merkuri yang tinggi yang dapat mempengaruhi perkembangan otak janin. Makan sedikitnya 8 ons makanan laut per minggunya dapat membantu dalam perkembangan visual dan intekektual pada anak anda.
  • Mengkonsumsi vitamin dan zat besi serta asam folat sesuai kebutuhan selama masa kehamilan.
  • Hindari berbagai jenis minuman yang mengandung alkohol
  • Kurangi atau batasi dalam mengkonsumsi minuman yang mengandung kaffein.

wanita-hamil-3

Konsultasilah dengan ahli kesehatan kamu tentang diet khusus kamu lakukan. Terlebih lagi jika kamu adalah seorang vegetarian. Karena seorang vegetarian mungkin tidak dapat mengkonsumsi daging-dagingan. Jadi para vegetarian perlu mendapatkan kandungan protein yang terdapat dari makanan lain selain dari daging-dagingan tersebut.