Pakai High Heels Membuat Kaki Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Posted on

High heels adalah sepatu favorit banyak wanita. Dengan menggunakan sepatu jenis ini, kaum hawa akan merasa lebih percaya diri. Alasan wanita menyukai sepatu ini adalah karena dengan menggunakan sepatu high heels, wanita akan terlihat lebih tinggi, kaki mereka akan terlihat lebih jenjang dan terasa lebih cantik dibanding menggunakan sepatu jenis lain.

Demi menunjang penampilan, tak jarang sebagian dari kita juga mengoleksi sepatu high heels ini. Tapi, apakah kalian tahu moms? ternyata menggunakan high heels secara terus menerus atau setiap hari akan berdampak yang tidak baik. Salah satu masalah yang timbul adalah lecet pada kaki. Penggunaan sepatu yang menempatkan tumit menjadi lebih tinggi dibanding bagian lainnya juga menyebabkan otot kaki yang bekerja menjadi tidak seimbang sehingga akan menimbulkan nyeri otot. Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang biasa terjadi pada kita saat menggunakan high heels.

Pakai High Heels Membuat Kaki Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya
Sumber foto: www.footdoctoreastbay.com

1. High Heels yang Terlalu Tinggi

High heels memang akan membuat kaki terlihat lebih jenjang, tapi jika pemakaian sepatu hak yang terlalu tinggi akan berakibat buruk pada lingkar kaki, tumit, dan lutut. Hak yang terlalu tinggi akan menitikberatkan pada bagian lingkar kaki, sehingga otot kaki akan bekerja lebih keras dan mengakibatkan pergelangan sendi hingga lutut terasa nyeri. Hal ini tentu tidak baik jika dilakukan terus menerus.

Untuk mengurangi kemungkinan tersebut terjadi, kamu bisa melepas high heels sejenak dan biarkan kaki kamu berelaksasi untuk meregangkan otot-ototnya. Kamu juga bisa memilih wedges sebagai pilihan alternative.

2. Bagian Permukaan Terlalu Sempit

Desain permukaan sepatu memang sudah mulai semakin beragam. Ada yang memiliki bentuk lancip dan tidak, juga permukaan yang lebar sampai yang kecil. Permukaan yang kecil inilah yang kurang baik jika digunakan terus menerus. Kaki akan mudah merasa pegal dan terasa sakit. Lagipula semakin kecil permukaan, semakin besar keseimbangan yang diperlukan saat berjalan, sehingga rentan untuk jatuh. Sebaiknya kamu pilih high heels yang memiliki permukaan cukup untuk menjaga keseimbangan

3. Terlalu Sempit

High heels adalah sepatu yang membutuhkan keseimbangan dan kenyamanan cukup tinggi saat digunakan. Jadi pilihlah ukuran sepatu yang sesuai dengan kaki kamu agar tidak membuat kaki lecet.

4. Ruang Jari Kaki Sempit

Ada beberapa jenis sepatu high heels yang didesain lancip pada bagian ujung jari kaki, sehingga memberikan ruang yang sempit untuk jari kaki bergerak. Sebaiknya jangan memaksakan untuk menggunakan sepatu yang demikian, karena selain terlihat jelek, jari kaki kamu akan terasa sangat sakit dan tidak nyaman digunakan untuk berjalan.

Yuk, perhatikan kembali high heels yang mommy punya. Gunakan sepatu high heels senyaman mungkin ya moms dan untuk merawat kaki dari rasa nyeri, lakukan pemijatan kecil atau pijat refleksi saat libur sehingga otot kaki kamu akan relaksasi dan segar kembali.