Panduan Cara Diet Sehat Saat Menyusui

Posted on

Tidak hanya dalam masa kehamilan saja bunda harus melakukan program diet, namun bunda juga harus mengikuti program diet saat menyusui selama bunda masih memberikan asupan ASI buat buah hati Bunda. Diet pasca melahirkan atau menyusui sebenarnya tetap bisa dilakukan namun harus tetap mementingkan kondisi bayinya. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu bunda perhatikan selama ingin melakukan diet saat menyusui, yaitu :

Turuti Saran Dokter

Setiap Dokter pasti menganjurkan Ibu hamil untuk menjalankan diet selama masa kehamilan maupun pasca persalinan dengan asupan nutrisi yang kaya dengan vitamin, kalori, protein dan mineral untuk masa pertumbuhan dan kesehatan bayi. Perbandingannya yaitu menu diet dengan 1 gram protein per 1 pound berat badan si Bunda. Makanan yang mempunyai banyak kandungan kalsium seperti yogurt, susu, dan keju juga harus dimasukkan dalam daftar menu diet saat menyusui.

Anda perlu makan banyak variasi sayur-sayuran, buah-buahan yang segar dan jenis butir-butiran seperti cereal, jagung, dan nasi untuk melengkapi daftar menu diet saat menyusui. Penelitian di Indonesia mengemukakan bahwa ibu dengan seorang bayi biasanya akan kekurangan asam folat dan juga zat besi. Oleh sebab itu, Dokter biasanya akan menambahkan resep tersebut waktu masa kehamilan dan pasca persalinan.

Panduan Cara Diet Sehat Saat Menyusui

Daftar menu diet Ibu menyusui yang perlu Anda tambah lainnya yaitu makanan yang banyak mengandung omega-3 karena omega-3 mengandung DHA yang sangat dibutuhkan oleh bayi untuk masa pertumbuhan otak nya. Kandungan omega 3 biasanya terdapat di dalam kacang-kacangan dan ikan.

Usahakan jangan terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A hanya karena banyak orang yang menyaranka, hal ini karena sebenarnya Anda bisa memperoleh asupan tambahan vitamin A dari buah kemiri, sayuran mentah, produk daging, hasil olahan susu dan juga sayuran hijau.

Minum Air Putih

Banyak-banyaklah minum air putih yaitu untuk mencegah dehidrasi karena dalam produksi ASI anda juga memerlukan tambahan asupan air. Anda harus menambahkan jumlah cairan Anda menjadi sekitar 1.8 liter air per harinya. Selain dari air putih tersebut, kandungan air ini juga bisa Anda peroleh dari konsumsi susu, buah-buahan, sup, jus, sayuran, dan lain sebagainya.

Makan yang Banyak

Anda juga perlu asupan makan untuk 2 orang adalah bayi anda dan juga anda.  Oleh sebab itu, anda perlu menambahkan asupan kalori sampai 2500 per hari. Anda tidak harus mengkonsumsinya sekalian, namun anda bisa membaginya menjadi 5 kali yaitu makan, makan siang, makan saat tea time, pagi, makan sekitar jam 10 pagi dan kemudian makan malam. Produksi ASI juga dipengaruhi oleh banyaknya asupan makanan yang Anda makan atau konsumsi.

Sudah tahu kan sekarang bagaimana cara diet saat menyusui. Nah, ibu-ibu yang sedang menyusui juga bisa mencoba cara di atas. Silahkan dicoba dan semoga berhasil.

Demikian Panduan Cara Diet Sehat Saat Menyusui. Jangan lupa Like Facebook Page, Follow Twitter, Add Google+ dan kunjungi Kaskus Celoteh Wanita untuk terus mendapatkan informasi wanita seputar fashion, kecantikan, kesehatan, diet dan lain-lain yang dikemas secara menarik.