Pertolongan Pertama Pada Bayi Tersedak

Posted on

Mommy, apakah bayi mommy pernah mengalami tersedak? Jika mommy pernah mengalami hal tersebut sebaiknya mommy jangan langsung panik, karena mommy dapat melakukan pertolongan pertama jika bayi tersedak.

Tersedak memang merupakan hal yang wajar yang tidak jarang dialami oleh bayi pada usia di bawah enam bulan. Hal tersebut karena bayi pada usia tersebut belum bisa menelan secara sempurna.

Gejala yang bisa dialami bayi jika tersedak adalah, bayi mengalami batuk-batuk hingga muntah dimana reaksi tersebut merupakan reaksi yang timbul dalam tubuh bayi sebagai usaha mengeluarkan benda asing tersebut. Jika hal tersebut terjadi pada bayi, tentu saja mommy akan bingung sekaligus panik bukan?.

Namun mommy tidak perlu panik dan bingung, karena mommy dapat melakukan hal-hal berikut ini.

Pertolongan Pertama pada Bayi yang Tersedak

Mengenali Gejala Secepatnya

Jika tiba-tiba bayi tidak menangis atau tidak mengalami batuk, mommy patut curiga karena bisa saja bayi mengalami penyumbatan pada saluran pernapasan. Bila hal ini terjadi sebaiknya mommy harus dengan segera mengatasi hal ini.

Menggunakan Metode Heimlich Sebagai Pertolongan

Metode ini merupakan metode yang dapat diterapkan pada anak yang berusia di bawah satu tahun, atau di atas satu tahun. Keberhasilan yang dihasilkan oleh metode ini sangat bergantung pada keterampilan mommy sendiri. Sebaiknya dalam menggunakan metode ini mommy memperhatikan hal berikut.

  • Gendong bayi dalam posisi tengkurap. Usahakanlah posisi kepala bui lebih rendah dari dadanya. Pada posisi ini sebaiknya mommy memperhatikan posisi tangan, jangan sampai posisi tangan menutupi saluran pernapasan si bayi
  • Menepuk punggung bayi secara pelan. Untuk mengeluarkan benda asing yang membuat si bayi tersedak mommy dapat menepuk punggung bayi secara pelan sebanyak 5 kali tepukan dengan menggunakan pangkal telapak tangan.
  • Jika si bayi tidak mengeluarkan benda asing dari saluran napasnya, sebaiknya pindahkanlah bayi di atas meja atau di lantai dengan posisi telentang.
  • Gunakanlah dua jari sebagai bantalan pada bayi di tengah tulang dadanya, kemudian tekan sebanyak 5 kali pada dada si bayi, hal tersebut harus dilakukan dengan cepat dan lancar, tidak boleh kasar.
  • Ulangilah proses di atas sampai benda tersebut keluar, biasanya ditandai dengan bayi batuk atau menangis.

Melakukan CPR (Pernapasan Buatan)

Jika mommy sudah melakukan hal-hal di atas namun belum berhasil, sebaiknya mommy melakukan CPR atau pernapasan buatan. Pernapasan buatan ini juga dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama pada bayi yang tersedak. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan :

  • Buka mulut bayi dan carilah penyebab tersedaknya, jika terlihat penyebabnya mommy dapat mengambil benda tersebut dengan jari, asalkan benda tersebut tidak di dalam tenggorokan
  • Jika penyebabnya tidak terlihat, lakukan pernapasan buatan pada bayi
  • Jika napas buatan belum masuk (dada bayi tidak turun-naik), miringkan posisi kepala dan lakukan lagi pernapasan buatan
  • Jika masih belum berhasil, tekanlah dada bayi sebanyak 30 kali
  • Kemudian cek kembali penyebab tersedaknya sudah terlihat apa belum
  • Jika tidak terlihat, lakukanlah langkah ini dari awal

Bayi yang tersedak memang akan menimbulkan kekhawatiran bagi para mommy. Maka dari itu sebaiknya mommy memperhatikan pertolongan pertama pada bayi tersedak ini. karena jika sewaktu-waktu bayi mengalami tersedak mommy dapat menerapkan langsung cara yang sudah dijelaskan di atas tadi.