Pola Makanan Sesuai Golongan Darah

Posted on

Dr James dan Dr Peter J. D’Adamo pernah melakukan suatu penelitian pada pasiennya untuk mengetahui hubungan antara golongan darah dengan pola makan. Yaitu dengan memberikan perlakuan berbagai jenis pola makan dan dicatat bagaimana reaksinya.

pola-makan

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara golongan darah dengan pola makan. “Jika darah merupakan sumber utama penyalur makanan pada tubuh, kemungkinan besar darah juga dapat mengidentifikasi perbedaan makanan” demikian asumsi yang dikeluarkan oleh Dr James dan Dr Peter J. D’Adamo.

Makanan untuk Golongan Darah O

Seseorang yang memiliki golongan darah “O” keadaannya akan bertambah baik jika diberikan makanan yang berprotein tinggi. Mereka akan semakin segar dan energik setelah melakukan olahraga aerobik, lari, beladiri, dan joging.

golongan-darah-o

Berikut daftar sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi: Bit, bawang, lobak, bayam, rebung, selada air, selada keriting, pakis muda, cabai, terung, kol, kentang, seledri, jamur, wortel, tomat, dan kacang panjang.

Berikut daftar buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi: Lemon, stroberi, belimbing, melon, semangka, apel, jambu, mangga, anggur, pisang, pepaya, dan nanas.

Makanan untuk Golongan Darah A

Seseorang yang memiliki golongan darah “A” akan bereaksi positif jika mendapatkan asupan protein nabati. Olahraga yang cocok dengan mereka yang mempunyai golongan darah “A” adalah yoga.

Berikut daftar sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi: Wortel, bayam, kecambah, rebung, jagung, selada, kacang panjang, mentimun, bawang prei, bawang bombay, kembang kol, dan pakis muda.

Berikut daftar buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi: Nanas, apel, melon, belimbing, kurma, kiwi, kesemek, stroberi, avokad, lemon, semangka, anggur, pir, labu kuning, jambu biji, dan delima.

Makanan untuk Golongan Darah B

Mereka yang bergolongan darah “B” perlu mengkombinasikan makanan yang mengandung protein tinggi dengan sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan. Olahraga yang cocok bagi mereka adalah olahraga yang tidak monoton, membuat badan segar, dan dapat meningkatkan rasa percaya diri seperti hiking, tenis, sepeda santai, berenang, dan aerobik.

golongan-darah-b

Berikut daftar sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi: Brokoli, kubis, wortel, mentimun, bawang merah, bawang putih, labu, ubi, bayam rebung, selada, seledri, sawi, kentang, talas, kembang kol, dan asparagus.

Berikut daftar buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi: Nanas, pepaya, pir, kismis, melon, jeruk, jambu biji, mangga, kiwi, semangka, apel, ceri, sukun, dan stroberi.

Makanan untuk Golongan Darah AB

Mereka yang memiliki golongan darah “AB” adalah mereka yang menyukai perubahan dengan cepat dan mereka mudah beradaptasi. Selain itu mereka cenderung menyukai makanan yang bervariasi. Olahraga yang cocok untuk mereka yang memiliki golongan darah “AB” yaitu olahraga yang menuntun konsentrasi tinggi, menenangkan, seperti yoga, bersepeda, dan tenis.

Berikut daftar sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi: Kecambah, wortel, kembang kol, rebung, buncis, bayam, seledri, mentimun, ubi, labu, brokoli, kentang, tomat, selada, waluh, dan pakis muda.

Berikut daftar buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi: Pir, ceri, kurma, sukun, stroberi, pepaya, nanas, semangka, melon, jeruk, lemon, kiwi, dan anggur.

Berikut tadi uraian tentang pola makan berdasarkan golongan darah. Mommy dan keluarga bisa menerapkan pola makan ini dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu, buah dan sayur apa yang cocok atau sesuai untuk dikonsumsi berdasarkan golongan darah. Semoga bermanfaat ya, Moms!