‘Ramuan Ajaib’ Pengusir Sakit Si Kecil

Posted on

Anak Mommy sakit? Duh pastinya perasaan cemas dan was was itu langsung melanda Mommy kan? apalagi kalau si kecil jadi rewel. Tak tega rasanya melihatnya seperti itu. Pikiran Mommy pasti berfokus kepada “pakai obat ya?” dan memberi si kecil obat-obatan yang notabene nya berbahan kimia untuk mendapatkan hasil yang instan agar si kecil sehat kembali seperti sedia kala. Seperti yang kita ketahui bahwa obat-obatan berbahan kimia akan memberi dampak yang kurang baik bagi tubuh dalam jangka waktu panjang.

Padahal Moms, banyak loh alternatif obat berbahan alami yang bisa menjadi pengganti obat berbahan kimia. Mau tahu apa saja ‘ramuan ajaib’ ini? Yuk Mommy intip ulasannya dibawah ini.

alami

1. Perut Kembung

bawang

Perut kembung bukan lagi menjadi hal yang asing bagi si kecil. Kedinginan dan masuk angin adalah penyebab utama yang paling sering menjadikan perut si kecil kembung. Ramuan alami yang bisa digunakan untuk perut kembung si kecil adalah bawang merah. Caranya mudah, ambil 3 siung bawang merah dan potong-potong menjadi 3 bagian. Selanjutnya oleskan minyak kayu putih ke perut bayi secara merata lalu gosokkan dengan lembut potongan bawang merah tadi ke perut si kecil. Lakukan gerakan ini juga ke bagian punggung si kecil. Ingat, perlahan-lahan saja ya Moms!

2. Batuk

Bahan alami yang biasa digunakan untuk meredakan batuk pada bayi berusia 6 bulan ke atas ini adalah kencur. Langkah awal yang harus Mommy lakukan adalah ambil kencur secukupnya lalu dibersihkan. Setelah itu parut dan peras, ambil sarinya. Sari kencur inilah yang akan digunakan sebagai obat batuknya. Sari kencur dari perasan sebelumnya ini kemudian  diberi air dan sedikit madu. Ramuan ini bisa diberikan pada si kecil sehari dua kali, masing-masing satu sendok makan.

3. Pilek

pilek

Biasanya kalau sudah batuk ya tidak jauh dari pilek ya Moms? Jahe bisa jadi andalan Mommy untuk mengusir pilek yang membandel pada buah hati tercinta loh. Untuk caranya sama seperti di atas yaitu pembuatan ramuan herbal untuk meredakan batuk. Ramuan ini juga bisa Mommy berikan pada anak usia di atas 6 bulan.

4. Diare

sakit

Lagi-lagi bawang merah loh moms yang jadi bahan herbal untuk diare. Caranya juga tidak jauh beda seperti penggunaan bawang merah untuk perut kembung. Cukup parut beberapa siung bawang merah lalu campurkan bersama minyak kelapa. Selanjutnya usapkan pada perut si kecil sambil sesekali beri pijatan halus pada perutnya.

5. Sariawan

asam-jawa

Mommy bisa menggunakan minuman asam gula untuk obat minum si kecil. Sediakan tiga ruas asam jawa yang telah dibuang bijinya terlebih dahulu lalu campurkan gula merah secukupnya, tambahkan air panas. Saring airnya dan bisa diminum saat hangat pada si kecil. Selanjutnya beri beberapa sendok makan saja, sehari dua kali secara teratur.

6. Bisul

Sediakan 4-6 lembar daun angsana yang masih segar. Cuci sampai bersih lalu remas kasar dan balurkan di atas bisul si kecil. Tapi jangan lupa Moms, sebelum dibaluri oleh ramuan ini bisulnya harus dibersihkan terlebih dahulu ya.  Lakukan berulang dengan cara mengganti balur daun angsana ini selama tiga jam sekali.

7. Biang Keringat

Bukan hanya rempah-rempah saja, bahan ramuan dari jenis sayuran pun bisa digunakan untuk membantu menghilangkan biang keringat si kecil, tepatnya adalah mentimun. Caranya blender atau parut mentimun sampai halus. Tambahkan dengan bedak beras dingin secukupnya. Aduk hingga rata kemudian oleskan pada kulit yang terkena biang keringat.

8. Panas

kunyit

Kali ini giliran si rempah berwarna kuning yang menjadi bahan untuk obat pereda panas. Mommy siapkan kunyit sebanyak satu ruas jari lalu parut. Campurkan parutan kunyit tadi dengan segelas air panas. Diamkan hingga dingin, peras lalu ambil sarinya. selanjutnya tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan madu ke dalam sari kunyit. Minumkan pada si kecil. Ramuan ini bisa digunakan untuk balita dengan usia antara 1 hingga 5 tahun.

Sekarang sudah tahu kan Moms apa saja sih ramuan herbal yang bisa Mommy gunakan ketika si kecil sakit? Mommy bisa membuatnya kapan saja karena bahan-bahan yang digunakan juga memang mudah didapatkan dan pastinya sudah tak asing lagi didengar oleh telinga Mommy. Jangan lupa Moms, selain pemberian obat pada si kecil sertakan selalu doa untuk buah hati tercinta Mommy ini. Selamat mencoba ya Moms dan semoga si kecil lekas sembuh.