Resep Menu Makanan Untuk Ibu Hamil

Posted on

Hamil merupakan kebahagiaan yang luar biasa bagi pasangan suami istri. Terlebih bagi wanita, karena itu artinya ia akan segera menjadi seorang ibu, impian yang dimiliki setiap wanita di dunia. Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika hamil, yaitu kesehatan dan perkembangan bayi tetap terjaga. Salah satu cara menjaga kesehatan bayi yaitu dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Karena gizi dan nutrisi memiliki peran penting untuk pertumbuhan janin. Ada beberapa jenis makanan yang wajib anda masukkan dalam daftar menu makanan untuk ibu hamil.

Untuk memenuhi gizi dan nutrisi setiap harinya anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, vitamin C, protein, mineral, kalsium dan kalori. Mengonsumsi asam folat bagi ibu hamil sangatlah penting, karena asam folat berperan dalam bermanfaat dalam pencegahan cacat lahir otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Peran vitamin C pada ibu hamil sangat penting, karena untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C bermanfaat untuk penyerapan zat besi agar dapat terserap dengan baik.

Sedangkan pada zat besi diperlukan untuk membentuk sel darah merah bagi ibu hamil dan janin, terutama pada saat awal kehamilan. Pada usia kehamilan 7 sampai 8 bulan, ibu hamil membutuhkan kalsium yang cukup setiap harinya sekitar 1000mg per hari. Pada usia tersebut tengah terjadi proses pembentukan tulang, rangka dan tubuh janin. Sedangkan protein bermanfaat untuk membantu perteumbuhan sel-sel tubuh janin.

Resep Menu Makanan untuk Ibu Hamil

Di bawah ini ada menu makanan untuk ibu hamil yang bisa anda coba untuk pemenuhan nutrisi dan gizi tiap harinya.

Menu Sarapan

Pada saat sarapan anda dapat mengonsumsi sereal dari gandum, sebutir telur rebus, telur dadar, susu ibu hamil, susu kedelai, puding roti, roti gandum. Selain itu bisa juga dengan berbagai jenis buah yang memiliki kandungan asam folat dan vitamin C. Misalnya seperti alpukat, pisang, apel, pepaya, jeruk dan strawberry.  Bisa dengan cukup dipotong-potong atau dibuat jus segar. Berbagai makanan tadi bisa untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian anda.

Menu Makan Siang dan Makan Malam

Konsumsi makanan bergizi

Berbagai jenis sayuran yang dibutuhkan ketika hamil, seperti brokoli, kol, wortel, kembang kol, dan bayam bisa dijadikan sebagai menu makanan untuk ibu hamil untuk makan siang atau makan malam. Anda dapat menyajikannya dalam bentuk sop. Selain itu ditambahkan juga dengan berbagai jenis makanan sumber protein, seperti ikan, telur dan daging. Hindari mengonsumsi jenis makanan ini dalam keadaan setengah matang apalagi mentah. Karena terdapat bakteri yang sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Kombinasikan dengan baik berbagai jenis makanan yang disebutkan di atas. Perhatikan juga berapa jumlah yang cukup pada tiap nutrisi untuk pemenuhan kebutuhan setiap harinya, agar terhindar dari konsumsi berlebih atau kekurangan. Semoga informasi menu makanan untuk ibu hamil di atas bisa  memberi manfaat untuk anda.