Sakit Punggung Ketika Hamil, Penyebab dan Tips Meredakan Sakitnya

Posted on

Jika kehamilan mulai memberikan rasa sakit dibelakang, kamu tidak sendirian. Nyeri pada punggung selama kehamilan adalah keluhan umum. Mungkin mempengaruhi lebih dari setengah perempuan pada tahap tertentu selama kehamilan.

back-pain-1

Sementara rasa sakit dapat sedikit mengganggu untuk benar-benar sulit, dalam kebanyakan kasus itu hanya fakta kehidupan selama kehamilan.

Sangat jarang, nyeri punggung selama kehamilan dapat menjadi tanda sesuatu yang lebih butuh perhatian.

Apa Penyebab Sakit Punggung Selama Kehamilan ?

back-pain-3

Sakit punggung dapat disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda selama kehamilan. Paling sering, nyeri punggung dimulai sekitar pertengahan kehamilan, ketika perut kamu mulai menunjukkan dan mendorong keluar dari daerah panggul.

Penyebab sakit punggung selama kehamilan, meliputi :

  • Relaksin – hormon ini dilepaskan selama masa kehamilan untuk memungkinkan ligamen di panggul kamu ¬†menjadi lunak dan sendi menjadi lebih fleksibel. Perubahan ini menempatkan tekanan ekstra pada punggung dan pinggul
  • Postur – punggung bawah secara alami mulai kurva ke dalam, selama bayi kamu tumbuh dan pusat gravity mengubah untuk mengakomodasi berat badan ini. Kamu mungkin tidak akan melihat bagaimana postur tubuh kamu dan gerakan akan mengubah dari waktu ke waktu, tetapi ini dapat menyebabkan kembali strain dan rasa sakit.
  • Posisi Bayi – saraf dapat “mencubit” atau terkompresi, tergantung pada bagaimana bayi diposisikan dan ini menyebabkan sakit punggung yang ringan sampai sakit parah
  • Berat badan bertambah – bayi kamu pasti akan berkembang selama masa kehamilan, penambahan berat badan memberikan tekanan pada saraf dan pembuluh darah tulang belakang kamu. Dan membawa berat badan yang ekstra ini dapat menyebabkan otot terasa tegang.
  • Berat bayi menyebabkan punggung bawah kamu menjadi pusat gravitasi bergerak maju. Hal ini membuat otot punggung pendek, ketat dan menimbulkan rasa sakit.
  • Kamu mungkin mengalami kelemahan di bagian lain dari panggul kamu seperti pemisahan lengkungan symphis kemaluan. Perubahan ini untuk panggul kamu juga dapat memperngaruhi punggung dan menimbulkan rasa sakit.
Baca Juga:  Kebiasaan Makan Buah yang Harus Dihindari

Haruskah Saya Khawatir Tentang Sakit Punggung Selama Kehamilan ?

back-pain-4

Kamu harus selalu berbicara kepada dokter jika kamu mengalami rasa sakit selama kehamilan. Ini dapat membantu untuk memiliki kepastian mengenai apa yang kamu rasakan dan apakah itu termasuk bagian normal dari kehamilan atau tidak.

Tapi ada kalanya sakit punggung menjadi tanda-tanda hal yang tidak benar. Gejala ini pasti harus diperhatikan secepatnya :

  • Nyeri dengan pendarahan pada vagina : sensasi yang merasa seperti pengetatan rahim atau kontraksi, dengan nyeri punggung yang datang dan pergi, serta pendarahan atau cairan pada vagina. Ini dapat menunjukkan persalinan secara prematur atau masalah plasenta
  • Sakit tiba-tiba : sakit parah yang datang dengan cepat tanpa sebab yang jelas harus segera dilakukan pemeriksaan. JIka kamu pernah mengalami trauma, seperti kecelakaan mobil atau jatuh, rasa sakit dapat menunjukkan cedera yang serius dan perlu pemeriksaan lebih lanjut.
  • Demam dan sakit punggung : Jika tidak diobati, kandung kemih atau ginjal dapat menjadi infeksi dan dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti persalinan prematur. Nyeri punggung, nyeri ketika buang air kecil dan darah dalam urin, serta demam adalah tanda yang harus diperhatikan.
  • Hilang Rasa : Jika kamu kehilangan rasa di satu atau kedua kaku kamu, atau jika kamu merasa lemah dan tidak kuat, kamu harus segera menghubungi dokter segera.

Bagaimana Mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan ?

back-pain-2

  • Mandi air hangat. “Heat pack” dan meletakkannya di daerah yang sakit juga dapat membantu. Beberapa orang menemukan bahwa kompres dingin lebih menyenangkan.
  • Berbaring ke samping dengan bantalan di antara lutut kamu.
  • Sebuah pijatan kehamilan, akupuntur, mungkin dapat membantu kamu untuk merilekskan tubuh dan menghilangkan sakit punggung
  • Kamu dapat mempebaiku postur tubuh kamu dengan berdiri tegak, dengan bahu belakang dan menyelipkan panggul bawah. Hindari sepatu hak tinggi.
  • Duduklah dengan tulang belakang lurus, jangan membungkuk di sofa
  • Perhatikan bagaimana kamu bergerak. Jongkok atau berlutut untuk menurunkan badan atau mengambul benda-benda besar, daripada membungkuk dengan kaki lurus.
  • Pastikan kamu untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya