Tanda-Tanda Bayi Stres

Posted on

Stres merupakan hal yang sering sekali terjadi pada orang dewasa, biasanya stres yang terjadi pada orang dewasa ini disebabkan karena aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Namun, ternyata siapa sangka bahwa stres bukan hanya dapat dialami oleh orang dewasa saja, tetapi ternyata stres juga dapat dialami pada bayi loh moms.

Stres yang biasanya dialami oleh bayi lebih banyak diakibatkan oleh faktor lingkungan. Seperti suasana yang terlalu ramai atau perubahan cuaca yang drastis. Selain itu, stres pada bayi juga dapat diakibatkan karena bayi merasa tak nyaman, sakit, atau bahkan kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi (pemberian susu).

Mengetahui bayi stres memang cukup sulit. Hal ini dikarenakan bayi memiliki keterbatasan, yaitu belum dapat berbicara seperti layaknya orang dewasa. Akan tetapi moms tidak perlu khawatir, karena moms dapat mengenali tanda-tanda bayi yang mengalami stres berikut adalah tanda-tanda tersebut.

Tanda-Tanda Bayi Stres

Tanda-Tanda Bayi Stres

Bayi Rewel dan Menangis

Yang paling mudah dikenali saat bayi merasa stres adalah bayi menjadi rewel dan menangis. Hal ini dikarenakan karena bayi merasa tidak nyaman. Menangis memang sering sekali dilakukan oleh bayi, namun hal tersebut bukan hanya semata-mata bayi mengalami stres. Jika bayi merasa stres ia akan menangis dengan keras dan sulit untuk ditenangkan.

Gelisah dan Murung

Saat yang paling bahagia adalah ketika bayi kita merasa senang dan ceria saat diajak bermain ya moms. Namun tidak demikian jika bayi sedang mengalami stres. Bayi yang stres akan merasa murung saat diajak bermain atau bahkan akan menangis. Selain itu pada saat tidur juga ia akan merasa gelisah, seperti si bayi akan sebentar-bentar terbangun dari tidurnya.

Melakukan Gerakan yang Tak Wajar

Tanda lain yang akan ditimbulkan oleh bayi jika ia sedang merasa stres adalah ia akan melakukan gerakan yang tak wajar. Seperti halnya bayi akan menendang-nendang kakinya dengan keras ke segala arah atau menghentakkan tangannya ke segala arah serta bayi akan melengkungkan punggung sambil menangis.

Jika hal ini terjadi sebaiknya moms menenangkan bayi dengan cara menggendongnya sambil menepuk-nepuk punggungnya secara perlahan agar si bayi dapat tenang.

Tidak Mau Lepas

Bayi yang mengalami stres selalu ingin lekat dengan ibunya. Karena si bayi tidak ingin lepas dari gendongan sang ibu. Jika moms meninggalkannya sebentar, bayi yang mengalami stres akan menangis dan tidak mau ditinggal.

Pencernaannya Terganggu

Tanda lain yang dapat dikenali pada bayi stres adalah pencernaannya terganggu. Bayi yang stres akan rentan terkena penyakit pada pencernaannya. Jika hal ini timbul maka yang perlu dilakukan oleh moms adalah memijat perut si bayi dengan menggunakan minyak telon, karena hal ini dapat memicu bayi menjadi lebih tenang dan juga nyaman.

Nah, bagaimana moms? Kini moms sudah mengenali tanda-tanda bayi yang mengalami stres. Moms tidak perlu khawatir lagi jika bayi mengalami stres, karena melalui tanda-tanda diatas moms bisa langsung menenangkan dan membuat bayi moms merasa nyaman.